BLANTERVIO103

DEM Nasional (DEMNAS) Provinsi D.I Yogyakarta Terbaru

DEM Nasional (DEMNAS) Provinsi D.I Yogyakarta Terbaru
6/02/2021

DEMNAS Provinsi (Perwilayahyang sudah digabung (mosaic) dan diproyeksi

DEM Nasional (DEMNAS) Provinsi D.I Yogyakarta Terbaru

Berhubungan Project Data RBI (Rupa Bumi Indonesia) sudah hampir selesai mimin kerjakan maka dari itu sudah saatnya beralih ke next project yaitu Proyek backup data Digital Elevation Model atau DEM Nasional (DEMNAS) Provinsi yang sudah digabung (mosaic) dan proyeksi ulang serta di lakukan compressing sehingga sizenya lebih kecil.

Secara umum data DEMNAS sudah tersedia pada situs resminya, namun dari banyak pengalaman, masih terlihat susah atau banyak kendala dalam hal mendapatkannya seperti:

  1. Harus login / registrasi
  2. Masih dalam bentuk tile (pecahan) per NLP
  3. Server yang lambat sehingga sering terjadi gagal download
  4. Untuk Tile hanya bisa di download sekali sehari artinya tidak bisa di download berulang sehingga jika terjadi gagal server maka terpaksa nunggu esok hari. Ribet banget dah.
  5. Data RAW DEMNAS belum diproyeksi sehingga kita perlu melakukan Re-Projection sebelum diolah lebih lanjut.

Dari beberapa kendala diataslah mimin berniat untuk membuat project jangka panjang untuk melakukan bundel data DEMNAS Provinsi atau Perwilayah Provinsi yang ada di indonesia. Tentu kelebihannya selain sudah di mosaic (tidak dalam bentuk Tile lagi) juga sudah di memiliki proyeksi koordinat. 

Data DEM Nasional perwilayah Provinsi yang sudah digabung (mosaic) dan diproyeksi ini akan mimin backup pada server Google Drive sehingga teman-teman tidak perlu cemas jika terjadi corrupt atau gagal pada saat download.

Proses penggabungan data DEMNAS ini mimin lakukan pada Software ArcGIS dengan bantuan tools "Mosaic to new raster" dengan parameter utama yaitu tipe pixel 32-bit floating point, 1 band dan proyeksi WGS84. Jika teman-teman hanya membutuhkan Data DEMNAS untuk beberapa kabupaten kota saja, maka bisa melakukan pemotongan data DEM mengikuti tutorial 2 cara memotong data Raster pada ArcGIS.


Spesifikasi Data DEMNAS Provinsi D.I Yogyakarta. Setiap Tile data DEMNAS memiliki spek yang berbeda seperti tahun perekaman data, Sensor, Skala data. Untuk D.I Yogyakarta sendiri memiliki metadata sebagai berikut:

  1. Ukuran sel / Resolusi 8,1 meter
  2. Jumlah Tile 17 NLP 50K (menyesuaikan luasan wilayah administrasi provinsi)
  3. Tahun Perekaman 2011
  4. Sensor yang digunakan adalah TerraSAR-X

Secara umum Provinsi D.I Yogyakarta sendiri memiliki kondisi alam dengan struktur yang kompleks dengan wilayah pegunungan berada dibagian tengah dan selatan serta dataran rendah di wilayah utara. Berikut preview data DEMNAS Provinsi D.I Yogyakarta

DEM Nasional (DEMNAS) Provinsi D.I Yogyakarta Terbaru





 DEMNAS Provinsi Banten Terbaru
Via Google Drive [506 MB]

NOTE (WAJIB DIBACA):

Free... But Not Free! Bingungkan? Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan password data shapefile (SHP) di website ini, cukup dengan melakukan point di bawah ini.
  1. Bantu Like Fanspage dan Follow Instagram kami;
  2. Bantu beri ulasan jasa kami di Google Bisnis;
  3. Bantu dukung channel tutorial kami di Youtube.
Jika point diatas sudah dilakukan, silahkan kirim bukti screenshootnya ke kontak kami melalui Contact Form/Whatsapp. Kami akan berikan passwordnya GRATIS alias free, tidak hanya password di artikel ini saja tapi seluruh password SHP gratis di website Lapak GIS (Bundel password SHP gratis).

Terlalu ribet ya untuk mendapatkan data di Lapak GIS? alasannya supaya semakin banyak orang yang tahu akan keberadaan webiste ini dan bagi admin meluangkan waktu untuk share artikel juga tidak memerlukan waktu yang banyak dibanding harus membuat sebuah artikel, menyiapkan data dan segala macamnya...hehehe. Jadi keep spirit ya, tidak ada yang didapat secara instan.

Baca Juga:

  1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
  2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang DEM Nasional (DEMNAS) Provinsi D.I Yogyakarta Terbaru. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774