BLANTERVIO103

Cara Membuat Dimension Line (Garis Dimensi) pada ArcGIS

Cara Membuat Dimension Line (Garis Dimensi) pada ArcGIS
6/05/2021

Cara Membuat Dimension Line (Garis Dimensi) pada ArcGIS


Membuat Dimension Line pada ArcGIS yaitu memberikan dimensi atau ukuran pada suatu objek. Tutorial ini berguna untuk teman-teman yang ingin melihat hasil pengukuran di tampilan layout, karena jika hanya menggunaakan tools measure tampilannya hanya interaktif sehingga tidak bisa masuk ke layout atau tidak terlihat pada mode layouting.

Fitur ini Dimension Line biasanya sering dipakai pada AutoCAD dalam hal pembuatan siteplan contohnya. Namun dari ArcGIS sendiri dari generasi ke generasi fitur yang ada pada autocad sudah mulai diakomodasi untuk keperluan tertentu.

Banyak tipe Dimension Line yang tersedia, di antaranya:

  1. Aligned
  2. Simple aligned
  3. Linear
  4. Rotated linear
  5. Continue dimension
  6. Baseline dimension
  7. Dimension Edge
  8. Perpendicular dimensions
  9. Free linear
  10. Free Aligned
Cara Membuat Dimension Line (Garis Dimensi) pada ArcGIS


Penggunaannya dalam GIS salah satunya adalah pengukuran bidang tanah, jalan, bangunan dll. Tentu untuk kebutuhan yang lebih luas bisa di sesuaikan dengan pekerjaannya. Berikut tahapan pembuatan garis dimensi secara umum dan secara lengkap bisa dilihat pada video tutorial.

  1. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kita wajib bekerja dalam lingkup Geodatabase. Jadi pertama kita buar file geodatabase terlebih dahulu.
  2. Setelah file geodatabase > buat feature class. Silahkan isi nama feature classnya sesuai selera > Pada tipe fitur pilih "dimension features" > lanjut Next 
  3. Pilih koordinat sistem yaitu dalam format UTM
  4. XY tolerance biarkan defautl saja.
  5. Untuk reference scale pilih 1:1000 artinya tampllan optimalnya nanti adalah pada skala tersebut > maps units pilih meters
  6. Untuk stylenya silahkan pilih default, namun jika ingin dicustom bisa pilih "i would like to create my own style".
  7. Selanjutnya pilih next sampai finish. setelahnya feature class yang sudah dibuat akan di tambahkan otomatis ke layer arcmap kita.
  8. Langkah selanjutnya, masuk ke dalam mode sesi editing fitur, maka kita sudah bisa menggunakan Dimension Line pada objek yang ingin kita ukur.

VIDEO TUTORIAL

Baca Juga:

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Membuat Dimension Line (Garis Dimensi) pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774