BLANTERVIO103

Cara Membagi Polyline dengan Jarak Tertentu pada ArcGIS

Cara Membagi Polyline dengan Jarak Tertentu pada ArcGIS
10/03/2021

Cara membagi (split) atau memotong garis polyline dengan jarak tertentu dengan jumlah banyak sekaligus pada ArcGIS

Cara Membagi Polyline dengan Jarak Tertentu pada ArcGIS

Pada tutorial ini kita akan sharing terkait tips kerja dalam analisa GIS yaitu cara membagi atau split sebuah polyline menjadi beberapa polyline dengan jarak konstan yang nilainya ditentukan oleh pengguna. Pengguna cukup memasukkan nilai interval atau jarak yang diinginkan, maka polyline terpilih akan otomatis terbagi dalam jarak yang dimasukkan tersebut.

Jika panjang yang dimasukkan tidak dibagi secara merata ke dalam panjang garis, jarak yang tersisa tidak dialokasikan di antara fitur-fitur baru. Contohnya, teman-teman memilih garis yang panjangnya 100 meter. Lalu kita memasukkan nilai 20 meter, maka garis akan dibagi menjadi lima garis yang panjangnya masing-masing 20 meter (100 / 20 = 5). Namun, jika kita membagi garis yang sama dengan 30 meter, maka fitur yang dihasilkan tidak memiliki panjang yang sama karena 30 tidak terbagi rata menjadi 100 (100 / 30 = 3 dengan sisa). Tiga fitur pertama panjangnya 30 meter (3 x 30 = 90) dan panjang fitur terakhir adalah sisa 10 meter (100 - 90 = 10).

Sebagai contoh dari penggunaan Add-in ini adalah misal kita diminta untuk menentukan elevasi sebuah rencana jalan. Dari panjang rencana jalan sekitar 10 km tersebut, kita diminta untuk mendapatkan informasi ketinggian di jalan tersebut dengan interval 100 m dari origin (start awal) ke akhir/ujung jalan. Untuk itu kita perlu untuk membagi jalan tersebut (single polyline) ke dalam potongan-potongan polyline setiap 100 meter. Untuk membagi / split sebuah polyline dengan jarak yang ditentukan tersebut, maka kita bisa menggunakan add-in untuk ArcGIS yang bernama Divide Line By Length.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti penjelasan berikut ini beserta video tutorial yang sudah mimin buat.

  1. Silahkan teman-teman terlebih dahulu instal Add-in Divide by Line.
  2. Setelah sukses terinstal, tambahkan menu toolbar Divide by Line. Caranya pergi ke Menu bar Customize > Pilih Customize Mode. Jendela Customize akan tampil lalu pindah ke tab Command, lakukan pencarian dengan kata kunci "Divide by Line". Hasil pencarian akan terlihat di bawah kanan. Drag tool tersebut ke dalam toolbar, lebih baik jika di dalam menu Editor (lihat gambar).
  3. Sebagai contoh, tentukan sebuah polyline yang akan di split/di bagi dalam jarak interval tertentu. Start Editing, seleksi polyline tersebut, klik menu Divide By Line, isi nilai interval yang diinginkan, lalu ENTER.
  4. Polyline terpilih akan terbagi ke dalam beberapa polyline dengan panjang polyline sesuai dengan nilai interval yang diisikan diatas.
Cara Membagi Polyline dengan Jarak Tertentu pada ArcGIS

Jika teman-teman ingin mengetahui panjang setiap polyline hasil split tersebut, maka bisa dengan menambahkan kolom baru dan memprosesnya menggunakan Calculate Geometry untuk mendapatkan nilai panjang tiap polyline hasil splitting. Terkait dengan cara penggunaan lebih lengkap bisa melihat video tutorial dibawah ini.

VIDEO TUTORIAL

 

Download Add-in Divide by Line

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara memotong atau membagi (Split) garis polyline dengan jarak tertentu pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774