BLANTERVIO103

Data Shapefile MRT, LRT dan BRT Jakarta

Data Shapefile MRT, LRT dan BRT Jakarta
10/04/2021

SHP MRT (Mass Rapid Transit), LRT (Light Rail Transit) dan BRT (Bus Rapid Transit) Jakarta

Data Shapefile MRT, LRT dan BRT Jakarta

Shapefile (SHP) data MRT, LRT dan BRT Jakarta merupakan salah satu program Rencana Induk Transportasi Jakarta dengan tujuan memindahkan banyak orang dengan ruang jangkau dalam kota atau lintas kota yang berdekatan. Satu persatu nanti akan kita perjelas dari moda trasportasi tersebut. Kita mulai dari MRT dan LRT yaitu merupakan salah satu moda transportasi publik menggunakan kereta yang bergerak di atas rel untuk mengangkut orang banyak, tidak menggunakan lokomotif dan memanfaatkan listrik sebagai tenaga penggeraknya. Meskipun sama-sama bergerak diatas rel, keduanya memiliki beberapa perbedaan, diantaranya.

  1. Berdasarkan Sumber daya listrik. MRT menggunakan listrik dari atas kereta sedangkan LRT menggunakan listrik aliran bawah.
  2. Berdasarkan Jumlah Rel. MRT menggunakan sepasang rel sedangkan LRT menggunakan tiga rel dalam pengoperasiannya.
  3. Berdasarkan ukuran kereta dan daya angkutnya. MRT memiliki kapasitas yang besar dibanding LRT. Namun meskipun kapasitas LRT kecil, keunggulan LRT terletak pada kemampuannya mengangkut sejumlah penumpang, yang dihitung berdasarkan frekuensi perjalanannya dalam sehari.

Moda trasportasi berikutnya Bus Rapid Transit (BRT) atau bisa kita sebut busway adalah sistem transit massal berbasis bus yang memberikan mobilitas cepat, nyaman dan berbiaya rendah dalam pelayanannya sebagai angkutan dalam perkotaan. Fitur utama BRT sehingga nyaman digunakan sebagai moda trasportasi massal adalah.

  1. Jalur khusus bus, jalur khusus (atau di jalur ekslusif) right-of-way.
  2. Jalur komperhensif
  3. Melayani market tertentu dengan frekuensi tinggi servis setiap hari
  4. Prioritas bus / Jalur bus
  5. Kendaraan yang punya karateristik tram
  6. Lantai Boarding
  7. Halte.

Secara umum itulah sedikit penjelasan terkait ketiga moda transportasi massal yang ada di DKI Jakarta. Sepertinya yang sudah mimin jelaskan diatas terdapat banyak data dalam file shapefile ini diantaranya (Lebih jelasnya bisa melihat gambar preview data).

  1. Titik Lokasi Terminal (48 titik)
  2. Titik Lokasi Halte (1.167 titik)
  3. Jalur MRT (6 Jalur)
  4. Jalur LRT (7 Jalur)
  5. Jalur KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line (7 Jalur)
  6. Jalur BRT (13 Koridor)
  7. Jalur BRT Rencana (9 Koridor)

PREVIEW DATA

Data Shapefile MRT, LRT dan BRT Jakarta


Sama seperti sebelumnya yang sudah admin jelaskan Lapak GIS hanya akan mengkategorikan data itu premium berdasarkan sumber. Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas untuk keperluan analisis lanjut, project, riset dan keperluan lainnya, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing.

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Shapefile MRT, LRT dan BRT Jakarta. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774