BLANTERVIO103

Shapefile Arah dan Kecepatan Arus Laut

Shapefile Arah dan Kecepatan Arus Laut
2/17/2022

Shapefile Arah dan Kecepatan Arus Laut
Shapefile Arah dan Kecepatan Arus Laut - Arus merupakan salah satu faktor hidro-oseanografi yang berperan dalam menentukan kondisi suatu perairan. Dalam pergerakannya arus memiliki arah dan kecepatan, sehingga arus membentuk suatu pola pergerakan dalam suatu wilayah perairan. Pola dan pergerakan arus ini penting untuk diketahui sebagai informasi tambahan dan kajian lebih lanjut dalam menunjang aktivitas tertentu.

Arus merupakan pergerakan massa air secara horizontal yang dapat disebabkan oleh tiupan angin di permukaan laut, perbedaan densitas maupun adanya pengaruh pasang surut laut. Akibat dari adanya pengaruh angin, perbedaan densitas dan pasang surut maka akan terbentuk suatu pola sirkulasi arus yang khusus. Arus memiliki peranan penting dalam menentukan kondisi suatu perairan. Pola dan karateristik arus yang meliputi kecepatan dan arah serta pola pergerakan arus laut menyebabkan kondisi suatu perairan menjadi dinamis. 

Pengukuran nilai kecepatan arus dapat dilakukan pada variasi kedalaman yang berbeda, misalnya pada kedalaman 0,325 meter (0,1d) atau pada kedalaman 1,95 meter (0,6d). Hal ini dilakukan untuk mengetahui nilai kecepatan arus pada kedalaman permukaan dan kedalaman rata-rata.


Data Arah dan Kecepatan Arus Laut Format SHP

Shapefile ini merupakan data Arah dan Kecepatan Arus Laut rata-rata dengan resolusi spasial 0,083° × 0,083 dan kedalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan. Pada SHP ini juga terdapat data berupa kecepatan arus laut ke arah timur (uo dalam satuan m/s) dan Kecepatan arus laut ke utara (vo dalam satuan m/s) sehingga dari data tersebut didapatkan nilai rata kecepatan arus pada kedalaman tertentu dan pola arah alirannya.

Berikut contoh preview data Shapefile Arah dan Kecepatan Arus Laut Laut Banda sepanjang tahun 2021.

Shapefile Arah dan Kecepatan Arus Laut

Shapefile Arah dan Kecepatan Arus Laut

Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Shapefile Arah dan Kecepatan Arus Laut Terbaru. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774