BLANTERVIO103

Pengaturan Label dengan Toolbar Labeling - ArcGIS

Pengaturan Label dengan Toolbar Labeling - ArcGIS
4/09/2022

Pengaturan Label dengan Toolbar Labeling - ArcGIS

Selain menggunakan tab Label pada properti layer, label dapat juga diatur dengan menggunakan toolbar Labeling. Toolbar ini dapat diaktifkan dengan klik kanan di area kosong toolbar lalu cari toolbar labelling. Toolbar labeling memiliki bagian-bagian sebagai berikut.

Bagian dari toolbar Labeling

Gambar 1. Bagian dari toolbar Labeling

Keterangan:

(1) Menu labeling
(2) Label manager
(3) Label priority ranking
(4) Label weight ranking
(5) Lock labels
(6) Pause labeling
(7) View unplaced label
(8) Placement quality


1. Menu Labeling

Menu labeling memiliki beberapa sub-menu, yaitu abbreviation dict, key. numbering, maplex label engine dan options. Pembahasan mengenai maplex label engine akan kita bahas terpisah pada artikel berikutnya.


2. Label Manager

Label manager diaktifkan dengan Klik pada tombol label manager seperti tampak pada Gambar 1. Label manager sangat bermanfaat untuk melakukan pengaturan label dari keseluruhan layer yang terdapat di dalam TOC. Melalui Label manager teman-teman dapat melihat label pada layer mana yang aktif disertai keterangan kelas-kelas label yang terdapat pada layer yang bersangkutan. Contoh tampilan label manager dapat dilihat pada gambar berikut.

Label manager

Gambar 2. Label manager

Label manager memiliki pengaturan yang serupa dengan tab Label normal (klik kanan layer → Properties → labels. Namun pengaturan lebih lanjut seperti kelas label tidak tersedia pada label manager.


3. Label priority ranking

Prioritas ranking label digunakan untuk mengatur prioritas label pada layer satu dengan label pada layer lainnya (label vs label). Klik pada tombol label priority ranking yang terdapat pada toolbar /abeling. Selanjutnya teman-teman dapat mengurutkan layer satu dengan lainnya, dimana layer dengan prioritas label lebih tinggi berada pada bagian atas dan sebaliknya .

Contoh tampilan label priority ranking

Gambar 3. Contoh tampilan label priority ranking

Catatan: Label priority ranking hanya mengatur prioritas antar label dari layer yang berbeda. Fungsi ini serupa dengan salah satu bagian dari conflict detection.


4. Label weight ranking

Bobot ranking label digunakan untuk mengatur prioritas label dengan fitur (label Vs fitur). Klik pada tombol label weight ranking yang terdapat pada toolbar labeling. Selanjutnya teman-teman dapat menentukan prioritas pada label dan fitur pada setiap layer, apakah low, medium atau high (Gambar 4).

Label weight ranking

Gambar 4. Label weight ranking

Catatan: Label weight ranking hanya mengatur prioritas antar label dengan fitur. Fungsi ini serupa dengan salah satu bagian dari conflicet detection.


5. Lock label

Label pada ArcMap bersifat dinamis sesuai dengan extent/zoom/pan dari data view. Jika teman-teman melakukan perubahan pada data view, maka ArcMap akan melakukan penggambaran ulang label. Untuk kepentingan tertentu, teman-teman dapat mengunci pengaturan label saat mendapatkan pelabelan yang diinginkan sehingga perubahan pada data view tidak mengubah. label.

Klik pada lock labels untuk mengunci label pada kondisi saat itu. Zoom in/out atau pan tidak akan mengubah label, baik itu posisi maupun ukuran teks.


6. Pause labeling

Pause labelling digunakan untuk menghentikan sementara penggambaran label. Jika tombol pause labelling aktif, maka semua label tidak akan digambarkan di dalam data frame. Pause labelling sama dengan mematikan label pada semua layer di tab labels atau di Label Manager. Pengaturan ini sering digunakan untuk

  • Mengurangi gangguan terhadap pekerjaan GIS tertentu. Label yang selalu aktif terkadang dapat mengganggu pekerjaan atau analisis GIS, misalnya saat digitasi atau pengecekan topology.
  • Mengurangi sumber daya komputer. Label dapat menguras sumber daya komputer terlebih untuk label yang jumlahnya sangat banyak. Mematikan sementara label dapat menyisakan kapasitas komputasi-untuk analisis atau tugas GIS lainnya.


7. View unplaced label

Tool ini dapat diaktifkan untuk melihat label mana saja yang tidak tampil. ArcMap kemungkinan tidak menampilkan semua label karena label tersebut kalah prioritas/bobot dari fitur/label lain. Ketika view unplaced label aktif, maka label yang tidak ditampilkan akan dipaksa tampil dengan warna merah seperti pada gambar berikut.

View unplaced label

Gambar 5. Saat view unplaced label aktif, label bertanda panah dipaksa ditampilkan dengan warna merah


8. Placement guality

Tool ini hanya aktif jika teman-teman menggunakan Maplex Label Engine, bukan engine standar. Pada placement guality terdapat pilihan FAST-dan BEST. Kedua pilihan tersebut berkaitan dengan sumber daya komputer dan kualitas tampilan. Jika komputer yang digunakan cukup mumpuni maka pilihan BEST. Namun jika teman-teman tidak ingin komputer terbebani oleh pelabelan atau ingin memprioritaskan analisis, maka pilihan FAST adalah yang terbaik.


VIDEO TUTORIAL

Baca Juga:
1. Placement Properties Label Pada ArcGIS
2. Pengaturan label dengan Text Simbol ArcGIS

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Pengaturan Label dengan Toolbar Labeling pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774