BLANTERVIO103

Shapefile TSS (Total Suspended Solids)

Shapefile TSS (Total Suspended Solids)
11/01/2022

SHP TSS (Total Suspended Solids) - Analisis Kualitas Air

Shapefile TSS (Total Suspended Solids)

Shapefile TSS - Salah satu penyebab kerusakan ekosistem adalah logam berat salah satunya logam berat Pb yang dapat menyebabkan keracunan, kematian, dan kerusakan jaringan hidup. Total Suspended Solids (TSS) adalah zat atau bahan tersuspensi dengan ukuran maksimal 2 m yang terdiri dari lumpur, pasir halus, dan partikulat lain seperti komponen biotik atau abiotik.

Komponen tersebut berasal dari daratan, laut, dan atmosfer yang terbawa ke badan air melalui berbagai faktor seperti angin, curah hujan, gelombang, arus, dan pasang surut yang dapat mempengaruhi konsentrasi TSS di perairan alami. Perairan dengan nilai TSS yang tinggi akan mempengaruhi kecerahan sehingga penetrasi cahaya ke dalam air terhambat dan mengakibatkan terganggunya fotosintesis serta kelangsungan hidup biota laut dan dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan pendangkalan atau sedimentasi.

Konsentrasi TSS juga dapat dipengaruhi oleh curah hujan dimana air hujan merupakan media transportasi polutan dari permukaan seperti bakteri dan mikroorganisme lainnya. Tingginya tingkat dari curah hujan akan menyebabkan tingkat konsentrasi TSS lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat curah hujan yang rendah.

Teknologi penginderaan jauh (remote sensing) merupakan salah satu sumber informasi dalam pengumpulan data secara efektif dan efisien dimana penginderaan jauh mencakup wilayah studi yang luas, akurasi yang relatif tinggi, dan proses yang membutuhkan waktu dan biaya yang lebih sedikit serta lebih singkat dibandingkan survei lapangan.

Terdapat beberapa produk dari citra satelit yang memberikan informasi tentang suatu citra perairan diantaranya beberapa jenis citra satelit yaitu citra Landsat, SPOT, Quick Bird, Worldview-2, dan Sentinel. Citra satelit yang digunakan untuk mengetahui sebaran dan tingkat konsentrasi TSS pada studi ini adalah Sentinel-2 dengan resolusi spasial 10 meter.

Pengolahan citra Sentinel 2 dalam analisis total padatan tersuspensi TSS dibagi menjadi beberapa proses yaitu pengambilan data, Resampling (Koreksi Geometris), masking (Memisahkan darat dan laut), perhitungan TSS berdasarkan algoritma dibawah. Analisis citra untuk menentukan TSS menggunakan algoritma yang dikembangkan dengan model berikut:

𝐢𝑆𝑃𝑀 = 2950 X B7^1.357

CSPM tersuspensi pada materi tertentu, sedangkan nilai eksponennya adalah 2950 yang merupakan koefisien dan B7 adalah kanal Band 7 pada citra Sentinel-2. Band 7 digunakan karena nilai MAPE (mean absolute prosentase error) sebesar 16,58%, RMSE (Root Mean Square Error) sebesar 16,50% mg/l, dan F (skor tes) lebih baik dibandingkan dengan nilai band lainnya.

Shapefile TSS (Total Suspended Solids)

Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.
 

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Shapefile TSS (Total Suspended Solids). Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774