BLANTERVIO103

Mengisi Lubang pada Data Raster - ArcGIS

Mengisi Lubang pada Data Raster - ArcGIS
3/05/2023

Cara Mengisi dan Memperbaiki Lubang Data Raster di ArcGIS

Mengisi Lubang pada Data Raster - ArcGIS
Bagaimana memperbaiki data raster seperti DEM yang memiliki lubang? Pertanyaan tersebut sering muncul ketika kita bekerja dengan data raster, tidak hanya data DEM tapi data lain yang selagi memiliki sel juga termasuk. Namun untuk lebih mudah memahami tutorial ini, mimin akan contohkan dengan memakai data DEM dan tidak menutup kemungkinan cara ini juga berlaku pada data raster yang lain.

Apa itu Lubang pada data DEM? yaitu mengacu pada nilai yang hilang atau tidak terdefinisi dalam data elevasi. Sebuah lubang pada data DEM/Raster dapat terjadi karena beberapa alasan, seperti kesalahan akuisisi data, kesalahan pemrosesan data, atau adanya fitur fisik seperti ngarai yang dalam, overhang, dan tebing curam yang mencegah pengumpulan data.

Untuk mengatasi masalah ini, pendekatan umum adalah mengisi lubang di DEM/Raster dengan menginterpolasi nilai yang hilang berdasarkan nilai elevasi di sekitarnya. Ada beberapa metode dan alat yang tersedia untuk mengisi lubang di DEM/Raster yang akan mimin jelaskan yaitu Elevation Void Fill function dan Metode Statistik menggunakan Raster Calculator.

 

Mengisi dan Memperbaiki Data Raster dengan Elevation Void Fill

Elevation Void Fill adalah salah satu fungsi yang ada di ArcGIS yang digunakan untuk mengisi nilai-nilai kosong atau lubang pada data elevasi digital (DEM) atau digital terrain model (DTM). Elevation Void Fill dapat digunakan untuk mengisi lubang pada data DEM/Raster dengan nilai ketinggian yang dihitung berdasarkan nilai ketinggian di sekitarnya yang artinya fungsi ini menggunakan interpolasi spasial yang dilakukan dengan mempertimbangkan nilai ketinggian pada piksel tetangga yang valid.

Fungsi Elevation Void Fill sangat berguna dalam pengolahan data DEM atau DTM karena dapat meningkatkan akurasi dan konsistensi data, serta menghilangkan lubang-lubang yang dapat mengganggu analisis topografi atau pemodelan hidrologi. Fungsi ini tidak hanya berlaku pada data DEM tapi bisa digunakan untuk data raster lainnya seperti data klimatologi seperti suhu, cuaca, tekanan dll yang penting dalam format raster.

  1. Tambahkan data raster ke Arcgis
  2. Pilih menu Windows > Image Analysis > Pada bagian tab Processing pilih "Add Function" > Klik Kanan Identity Function > Insert Function > Elevation Void Fill Fuction
  3. Jendela Raster Function Properties akan terbuka, pada bagian "Max Void Width" isi dengan "fill all" > OK
  4. Hasilnya Sel raster yang berlubang akan terisi secara otomatis
Mengisi Lubang pada Data Raster - ArcGIS


 

Mengisi dan Memperbaiki Data Raster dengan Statistik (Raster Calculator)

Cara lainnya adalah kita dapat menggunakan Statistik (Raster Calculator), dengan menuliskan sintak berikut:

Con(IsNull("raster"), FocalStatistics("raster", NbrRectangle(10,10, "CELL"), "MEAN"), "raster")

Kita dapat mengubah nilai NbrRectangle dan MEAN untuk menemukan hasil yang tepat. Cara ini memang cukup menyulitkan, namun akan terpakai ketika cara yang pertama tidak berhasil.

VIDEO TUTORIAL 

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Mengisi atau Memperbaiki Lubang data Raster di ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774