BLANTERVIO102

Konsep GIS! Bukan Cuma Software Pembuat Peta

Konsep GIS! Bukan Cuma Software Pembuat Peta
8/22/2018




Awal sekali mungkin teman-teman bertanya-tanya, apa itu GIS? fungsinya buat apa? dan banyak lagi lainnya, yang tentu sangat membingungkan jika tidak dipelajari. Nah saya akan coba jelaskan tahap demi tahap supaya teman-teman nantinya paham akan konsep dari GIS itu sendiri! Kita masuk ke tahap pengenalan dulu...

GIS singkatan dari Geographic Information System atau jika di-indonesiakan menjadi Sistem Informasi Geografis (SIG). Memahami pengertian GIS sangat penting agar teman-teman nanti mengerti dan paham GIS serta hubungannya dengan disiplin berbagai ilmu itu seperti apa. Menurut Dictionary of GIS Terminology, GIS didefinisikan sebagai kerangka untuk memperoleh dan mengorganisir data spasial (data yang memiliki nilai posisi geografis) dan informasi terkait sehingga dapat ditampilkan dan dianalisis. Berdasarkan defenisi tersebut saya akan terjemahkan ke bahasa yang lebih mudah di pahami seperti apa Konsepnya, yaitu suatu cara, metode, alat bantu untuk mendapatkan dan mengelola data yang berbentuk spasial sehingga nantinya bisa ditampilkan (berupa peta) dan dianalisis.

Konsep GIS! Bukan Cuma Software Pembuat Peta
Konsep GIS

GIS sudah bertransformasi dari yang dulunya berbasis manual hinga sekarang menjadi berbasis komputer. Hal ini tidak dapat dipungkiri karena kemajuan komputasi telah berkontribusi sangat besar dalam perkembangan GIS. Sekarang ini, hampir semua operasional GIS dilakukan dengan teknologi berbasis komputer.

Konsep GIS! Bukan Cuma Software Pembuat Peta
Ilustrasi 1

Terdapat banyak kesalahan pemahaman terhadap GIS di antaranya anggapan bahwa GIS adalah software pembuat peta atau mapping. Pandangan tersebut tentu keliru dan salah kaprah karena meskipun software GIS dapat menghasilkan peta, GIS jauh lebih luas dari hanya sekadar untuk pembuatan peta. Maka dari itu kita benar-benat tahu Konsep dari GIS itu seperti apa.
GIS Bukan Software Pembuat Peta, Banyak yang beranggapan seperti itu...!!!
GIS tidak berdiri sendiri sebagai suatu disiplin. GIS sangat berhubungan dengan disiplin atau sistem lain seperti pengindraan jauh, surveying, photogrammetry, pemetaan digital, CAD, database, dan sebagainya. Penguasaan disiplin-disiplin lain sangat menunjang pemahaman dan penguasaan GIS. Seperti contoh dalam disiplin ilmu saya Teknik Lingkungan GIS bisa di aplikasikan dalam sistem distribusi air minum, pemilihan lokasi baru untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA), pemilihan jalur alternatif pengangkutan sampah, penetapan tata kelola ruang, dan masih banyak lagi karena itu hanya sebagian kecil saja dari penerapan GIS. Jadi di ingat bahwa GIS itu bukan hanya sekedar membuat peta, jauh sebelum itu banyak proses yang harus dilalui sehingga di peroleh hasil yang dapat di tampilkan dan dianalisis.

Share This Article :
Lapak GIS

LapakGIS com adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) atau Sistem Informasi Geografis (SIG), Remote Sensing, dan Pengindraan Jauh. Khususnya website ini akan membahas tentang tutorial, tips-tips bermanfaat, download data spasial baik itu berbentuk shapefile maupun raster.

TAMBAHKAN KOMENTAR