BLANTERVIO103

Cara Edit North Arrow (Panah Utara) pada ArcGIS

Cara Edit North Arrow (Panah Utara) pada ArcGIS
9/26/2018

Cara Edit North Arrow (Panah Utara) ArcGIS

Sebelumnya kita sudah membahas Cara Mudah Digitasi Polygon yang saling berbatasan, sehingga kita tidak susah lagi menggunakan fitur clip. Teman ArcGIS yang berasal dari pengguna ArcView akan merasa kesulitan memodifikasi north arrow atau simbol panah utara pada ArcMap(ArcGIS). Salah satu cara edit/modifikasi simbol panah utara yang paling sering dilakukan adalah mengganti karakter huruf “N” dengan “U”. 

Cara Edit North Arrow (Panah Utara) pada ArcGIS
Cara Edit North Arrow (Panah Utara) pada ArcGIS
Ilustrasi

ArcGIS memakai font sebagai simbol panah utaranya sehingga untuk bisa mendapatkan karakter U kita harus mengedit font yang digunakan untuk simbol panah utara tersebut. Jika anda memiliki software untuk edit font (true type font), maka anda bisa langsung mengedit file ESRI_40.TTF (cari dengan kata kunci ESRI North Regular) yang letaknya berada pada folder C:\Windows\Fonts. Kalau teman-teman gak mau capek-capek tinggal copy aja alamat C:\Windows\Fonts ke tab browser explorernya. But Jika teman-teman tidak memiliki software untuk melakukan editing font, silakan gunakan file ESRI_40 yang sudah admin siapkan (tinggal sedot) dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
  1. Buka folder C:\WINDOWS\Fonts

  2. Pindahkan file ESRI_40.TTF atau ESRI North (TrueType) ke tempat aman sebagai backup, jadi jika terjadi kesalahan nantinya bisa kembali di perbaiki.
  3. Dapatkan ESRI_40.TTF yang sudah disiapkan DISINI.
  4. Langkah 4. Tempatkan (Copy dan Paste) file ESRI_40.TTF hasil download teman tersebut ke directory C:WINDOWS/Fonts

Taraaaaaaa…. Segala project ArcGIS yang menggunakan north arrow/simbol panah utara akan secara otomatis berubah menyesuaikan dengan north arrow yang baru. Sekian untuk sharing kali ini dari lapakgis.com semoga bisa membantu. Thanks.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774