BLANTERVIO103

10 Sumber untuk Download DEM Gratis (Digital Elevation Model)

10 Sumber untuk Download DEM Gratis (Digital Elevation Model)
3/04/2019
Setelah sebelumnya admin membahas tentang Cara Membuat Efek 3D pada Peta di Arcgis. Kali ini kita akan membahas sumber-sumber untuk Download DEM dari mana saja? Kita hidup di Dunia 3D dan kita para kartografer, dalam sebagian besar keadaan membutuhkan Elevasi Digital atau Model Permukaan yang akurat dan andal. Beberapa orang mungkin memiliki drone sendiri, sehingga dapat memproduksi DEM mereka sendiri, sementara sebagian besar tentu perlu tahu cara memperoleh data tersebut dari berbagai sumber yang dapat dipercaya.

Lapakgis.com mencari dan menilai beberapa sumber DEM yang paling populer dan kredibel, tersedia gratis di web, yang kami perlihatkan pada kesempatan berikut.

1. ASTER

10 Sumber untuk Download DEM Gratis (Digital Elevation Model)

Kata ASTER sebenarnya adalah singkatan dan singkatan dari Advanced Spaceborne Thermal Emission dan Reflection Radiometer. ASTER adalah upaya kerja sama antara NASA, Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI), dan Sistem Antariksa Jepang (J-spaceystems). ASTER adalah Digital Elevation Model (DEM) dan digunakan untuk membuat peta rinci suhu, reflektansi, dan ketinggian permukaan tanah, seperti yang Anda lihat di situs web resmi mereka  .

Anda dapat membaca semua detail tentang teknologi terapan di belakang ASTER atau bagaimana mereka menciptakan DEM yang indah ini di halaman web terperinci mereka https://asterweb.jpl.nasa.gov/gdem.asp .

Pada bulan April 2016 semua produk data ASTER tersedia tanpa biaya untuk semua pengguna, sehingga setiap adegan dan semua produk turunan dapat dipesan oleh siapa pun. Ada beberapa cara untuk mendapatkan data ASTER yang terdaftar di halaman web koresponden https://asterweb.jpl.nasa.gov/data.asp dan anda dapat memilih yang paling cocok! 
Lapakgis.com akan merekomendasikan: 
  • NASA Reverb https://reverb.echo.nasa.gov/reverb/
  • Earth Explorer https://earthexplorer.usgs.gov/
  • Global Data Explorer https://gdex.cr.usgs.gov/ gdex /
Download
Download DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia
Via Google Drive yang sudah dibackup Lapak GIS

2. ALOS PALSAR

ALOS adalah singkatan dari Advanced Land Observing Satellite, satelit yang juga dikenal sebagai DAICHI, dan merupakan Digital Surface Model (DSM) dengan resolusi horizontal 30 meter pada jangkauan global. PALSAR adalah salah satu dari tiga instrumen di satelit. Anda dapat mengunjungi situs web resmi mereka di http://www.eorc.jaxa.jp/ALOS/en/index.htm  untuk membaca semua informasi dan rincian teknis tentang proyek tersebut.

Kumpulan data tersedia secara gratis untuk Anda unduh, yang dengannya Anda dapat menghasilkan DEM yang halus dan kredibel.

Ada berbagai cara untuk mendapatkan data dari ALOS PALSAR. Salah satu caranya adalah membuka situs web mereka dan mendaftar sebagai pengguna baru di http://www.eorc.jaxa.jp/ALOS/en/aw3d30/registration.htm . Anda dapat mengikuti keseluruhan prosedur dengan mengonfirmasi alamat email Anda dan masuk dengan kata sandi Anda. Setelah mendaftar, Anda dapat mencari bidang yang Anda minati dan mengunduh data di http://www.eorc.jaxa.jp/ALOS/en/aw3d30/.

Satu cara lain yang lebih mudah untuk mendapatkan data ALOS PALSAR, yang lapakgis.com uji dan rekomendasikan adalah dengan mengunjungi Vertex, portal data Fasilitas Satelit Alaska untuk citra Bumi dari penginderaan jauh di https://vertex.daac.asf.alaska.edu.

10 Sumber untuk Download DEM Gratis (Digital Elevation Model)

Anda harus mengikuti prosedur keseluruhan untuk mendaftar dan membuat kredensial baru Anda dan setelah itu, Anda dapat memilih bidang yang Anda minati pada peta yang disediakan.

3. SRTM

SRTM adalah singkatan dari Shuttle Radar Topography Mission. Ini adalah salah satu DEM gratis paling terkenal di web dan Anda mungkin menemukannya hampir di mana-mana. Ini memiliki jangkauan global dengan resolusi horisontal 30 meter. Anda dapat membaca detail teknis di halaman web ini yang disediakan oleh NASA https://www2.jpl.nasa.gov/srtm/ .

Cara termudah untuk mendapatkan SRTM adalah melalui Earth Explorer https://earthexplorer.usgs.gov/. Cukup pilih bidang yang Anda minati, navigasikan melalui semua format dataset yang tersedia dan pilih SRTM dari kategori Digital Elevation.

10 Sumber untuk Download DEM Gratis (Digital Elevation Model)

Download DEM SRTM 90m Versi 4 Seluruh Indonesia
Via Google Drive yang sudah dibackup Lapak GIS

4. LiDAR


LiDAR adalah singkatan dari Light Detection and Ranging. LiDAR mengukur jarak ke target dengan menerangi dengan sinar laser berdenyut dan kemudian mengukur jarak yang dipantulkan dengan sensor. Anda dapat menemukan semua informasi terkait dan rincian teknis di http://www.lidar-uk.com/index.php & http://www.lidar-uk.com/how-lidar-works/.

Untuk mendapatkan data LiDAR tidaklah mudah. Meskipun ada situs web tertentu untuk mengambil data LiDAR, tidak ada cakupan gratis untuk seluruh Globe. Beberapa sumber web menyediakan data gratis untuk sejumlah tempat terbatas, sementara beberapa negara menyediakan data LiDAR melalui halaman web mereka sendiri.

Anda dapat melihat data LiDAR yang tersedia secara gratis di Globe di situs Open Topography di http://opentopo.sdsc.edu/datasets. Earth Explorer juga menyediakan data LiDAR di https://earthexplorer.usgs.gov/ tetapi dalam jumlah yang terbatas.

4 Sumber diatas adalah tempat terpopuler sampai saat ini dalam mendapatkan DEM Gratis (Digital Elevation Model). Jadi untuk list dibawah ini merupakan optional jika anda tidak menemukan data yang anda cari selain situs diatas

5. GTOPO30
6. 3DEP
7. OpenDEM
8. GMTED2010
9. NOAA GLOBE
10. EU-DEM


Untuk wilayah Indonesia kita memiliki DEM gratis dengan tingkat presisi yang lebih tinggi yaitu DEMNAS. 

DEM Nasional (DEMNAS)

DEM Nasional dibangun dari beberapa sumber data meliputi data IFSAR (resolusi 5m), TERRASAR-X (resolusi 5m) dan ALOS PALSAR (resolusi 11.25m), dengan menambahkan data Masspoint hasil stereo-plotting. Resolusi spasial DEMNAS adalah 0.27-arcsecond atau 8 meter, dengan menggunakan datum vertikal EGM2008.


10 Sumber untuk Download DEM Gratis (Digital Elevation Model)

Anda dapat membaca semua detail tentang teknologi terapan di belakang DEMNAS atau bagaimana menciptakan DEM yang AKURAT ini di halaman web terperinci mereka http://tides.big.go.id/DEMNAS/.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774