BLANTERVIO103

DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia

DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia
11/16/2019


Dapatkan DEM SRTM 90 m Versi 4 dan DEM ASTER 30 m Versi 3 - Single Link Gratis Seluruh Indonesia.

DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia
Sesuai janji mimin pada minggu lalu Lapak GIS akan berbagi data DEM SRTM 90m dan ASTER 30m. Mengingat dari survei yang mimin lakukan di akun instagram sepertinya banyak yang berminat, walaupun sebenarnya bisa di unduh sendiri di situs resminya, tapi itu harus di pilih satu bersatu. Pada yang mimin bagikan ini cukup 1 link saja bisa dapatkan untuk seluruh wilayah yang ada di Indonesia.

Pada artikel ini mimin akan jelaskan secara singkat dan padat terkait 2 data raster tersebut. Tentu secara spesifikasi detailnya bisa langsung dilihat ke situs resminya, karena mimin hanya menjelaskan yang inti-intinya saja. Yoshh, mari kita mulai...

DEM SRTM 90 m V.4

Tahu kepanjangan dari SRTM, yaitu Shuttle Radar Topography Mission. Pada awalnya data elevasi digital SRTM diproduksi oleh NASA, yang merupakan terobosan besar dalam pemetaan digital dunia sehingga memberikan kemajuan besar dalam aksesibilitas data elevasi berkualitas tinggi untuk sebagian besar daerah tropis dan area lain di negara berkembang.

SRTM 90m DEM memiliki resolusi 90m (3 arc second) di khatulistiwa, dan disediakan dalam ubin mosaik 5 deg x 5 deg agar mudah diunduh dan digunakan. Semua diproduksi dari dataset tanpa batas untuk memungkinkan mosaicing mudah.

Data yang saat ini didistribusikan oleh NASA / USGS (produk jadi) berisi lubang “tidak ada data” di mana air atau bayangan tebal mencegah kuantifikasi ketinggian. Ini umumnya lubang kecil, yang membuat data kurang berguna, terutama di bidang pemodelan hidrologi.

Sehingga menurut mimin data DEM ini sebaiknya digunakan untuk hillshade, penampakan 3d permukaan bumi. Untuk mimin memang sering menggunakan ini sebagai hillshade saja karena size datanya yang kecil dan jumlah ubin yang sedikit. Berikut preview data untuk Data DEM SRTM 90 m V.4

DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia

DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia


DEM ASTER 30 m Versi 3

Perlu untuk di ketahui versi pertama ASTER GDEM dirilis pada Juni 2009 dan dibuat menggunakan gambar pasangan stereo yang dikumpulkan oleh instrumen ASTER di atas Terra. GDEM V3 yang saat ini ditingkatkan dengan menambahkan pasangan stereo tambahan sehingga meningkatkan jangkauan dan mengurangi terjadinya artefak. Algoritma produksi yang disempurnakan memberikan resolusi spasial yang lebih baik dan peningkatan akurasi horisontal dan vertikal. ASTER GDEM V3 mempertahankan format GeoTIFF dan struktur gridding dan tile yang sama dengan V1 dan V2, dengan resolusi 30 meter dan ubin 1 x 1 derajat.

Versi 3 ini menunjukkan peningkatan signifikan dari yang rilis sebelumnya. Namun, teman-teman disarankan bahwa data tersebut berisi anomali dan artefak yang akan menghambat efektivitas untuk digunakan dalam aplikasi tertentu. Sehingga dari pihak NASA, METI ataupun J-spaceystems tidak akan bertanggung jawab atas segala kerusakan yang diakibatkan dari penggunaan data. 

Pada data DEM ini yang menjadi kekurangan di DEM SRTM sudah tertutupi oleh ASTER DEM karena bisa mengidentifikasi semua badan air baik lautan, sungai, atau danau. Setiap ubin GDEM memiliki ubin Badan Air yang sesuai.

Sehingga pada hasil unduhannya nanti dalam 1 ubin itu terdapat 4 produk, yang mewakili fungsinya masing-masing. Jika berdasarkan penilaian mimin data ini sangat lengkap karena juga menggambarkan lautan dengan sangat baik. Silahkan nanti dilihat dalam video previewnya.

DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia
karena banyaknya ubin pada DEM ASTER ini, maka mimin buat gambar
diatas sebagai panduan untuk mencari ubin yang cocok untuk daerah teman2
(N09E092 - N09E140 s/d S12E092 - S12E140)

Sumber Data DEM

  1. FU stereo - Photogrammetric techiques
  2. Citra satelit stereo - Stereo-pairs technique
  3. Data pengukuran lapangan : GPS, Theodolith, EDM, Total
  4. Station, Echosounder - Interpolation technique
  5. Peta topografi - Interpolation technique
  6. Radar - Radar technique
  7. Lidar - Laser scanner technique

Bentuk Data DEM

  1. Titik (titik tinggi)
  2. Garis (kontur)
  3. Penyiaman (LIDAR)

Turunan Data DEM (Hal yang bisa didapat dari Olahan data DEM)

  1. Pengukuran Jarak, posisi (surface length, Surface Point, Surface volume)
  2. Volume
  3. Cut/fill
  4. Penentuan Jarak dan Arah (Geodesy Graphic Tools)
  5. Titik Tertinggi dari suatu lokasi (Find Highest Point)
  6. Titik Terendah dari suatu lokasi (Find Lowest Point)
  7. Line of Sight (LOS)
  8. Profil
  9. Peta Kelas Elevasi
  10. Peta Kontur dengan berbagai CI
  11. Model tiga dimensional (pandangan perspektif medan atau pandangan mata burung/bird's eye view)
  12. Peta tematik dalam bentuk tiga dimensional
  13. Peta lereng (Slope)
  14. Peta aspek (Aspect)
  15. Efek bayangan (hill shading)
  16. 3-D “real time” atau “Fly by Animation”

DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia

DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia

DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia

DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia

VIDEO PREVIEW DATA

DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia


DEM SRTM 90m Versi 4 - KLIK DISINI [479 MB]
DEM ASTER 30m Versi 3 - KLIK DISINI [4,7 GB]
Seluruh Indonesia Via Google Drive

NOTE (WAJIB DIBACA):
Free... But Not Free! Bingungkan? Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan password data di website ini, cukup dengan melakukan point di bawah ini.

1. Like Fanspage kami klik disini atau Follow Instagram kami dengan klik disini;
2. Bantu beri ulasan jasa kami di Google Bisnis, klik disini;
3. Bantu dukung channel Youtube kami, klik disini.

Jika point diatas sudah dilakukan, silahkan kirim bukti screenshootnya ke kontak kami DISINI. Kami akan berikan passwordnya GRATIS alias free, tidak hanya password di artikel ini saja tapi seluruh password SHP gratis di website Lapak GIS (Bundel password SHP gratis).

Terlalu ribet ya untuk mendapatkan data shp di Lapak GIS? alasannya supaya semakin banyak orang yang tahu akan keberadaan webiste ini dan bagi admin meluangkan waktu untuk share artikel juga tidak memerlukan waktu yang banyak dibanding harus membuat sebuah artikel, menyiapkan data dan segala macamnya...hehehe. Jadi keep spirit ya, tidak ada yang didapat secara instan.

Video Petunjuk Menuju Link File Lapak GIS

Baca Juga:
1. Kumpulan data SHP terlengkap di indonesia
2. Cara Ekspor Peta ke format PDF yang Support Layer

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang DEM SRTM 90 m Versi 4 dan DEM ASTER 30 m Versi 3 - Single Link Google Drive. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774