BLANTERVIO103

Kode Zona Area DEM Nasional (DEMNAS) - Provinsi Riau

Kode Zona Area DEM Nasional (DEMNAS) - Provinsi Riau
3/14/2019

Kode zona atau wilayah untuk mendapatkan DEM Nasional dengan Area of Interest Se-Provinsi Riau

DEMNAS adalah Digital Elevation Model Indonesia yang artinya DEM yang hanya dikhususkan untuk wilayah indonesia. Berbeda dari 10 Sumber untuk Download DEM Gratis (Digital Elevation Model) DEMNAS sendiri memiliki resolusi spasial 0.27-arcsecond, dengan menggunakan datum vertikal EGM2008, dan itu lebih akurat di banding dari yang dipublish oleh USGS. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi situsnya disini.

Kode Zona atau Wilayah untuk mendapatkan DEM Nasional dengan Area of Interest Provinsi Riau
Kode Zona Area DEM Nasional (DEMNAS) - Provinsi Riau

Namun, Data DEMNAS yang dirilis dipotong sesuai dengan Nomor Lembar Peta (NLP) skala 1:50k atau 1:25k, untuk setiap Pulau atau Kepulauan, sehingga sebagian dari kita termasuk admin lapakgis sendiri kerepotan dalam menentukan area kegiatan atau studi kita. Sebagai contoh kita akan melakukan sampling di suatu lokasi, namun kita tidak tahu dipotongan/zona mana lokasi sampling kita pada data DEMNAS. karena pada situsnya sendiri tidak disediakan fasiltas input koordinat seperti google maps.

Biasanya dari admin lapakgis.com akan melakukan beberapa percobaan untuk menentukan Kode Zona Area DEM Nasional (DEMNAS). Pertama dengan cara memasukkan area of interest kita ke dalam program pengolahan spasial, disini admin menggunakan arcgis. Kedua input data demnas yang dikira-kira mendekati dengan area of interest kita (metode pendekatannya bisa berdasarkan kabupatennya) sehingga kita bisa mengetahui Kode Zona Area DEM Nasional (DEMNAS).

Bisa dikatakan cara di atas sedikit jadul atau sangat awam, sehingga admin sendiri berinisiatif membuat gambar Kode Zona Area DEM Nasional (DEMNAS) Se-Provinsi Riau. Admin hanya menyediakan untuk Riau dulu. Jika teman-teman ingin request di lokasi lain, silakan hubungi admin melalui contact di menu navigasi. Berikut gambar Kode Zona Area DEMNAS yang sudah admin buat.

Kode Zona Area DEM Nasional (DEMNAS) - Provinsi Riau
Untuk Mendapatkan Resolusi HD nya bisa dapatkan DISINI

Sebenarnya untuk menggabungkan data DEMNAS dalam potongan NLP menjadi sebuah data seamless dengan area yang lebih luas, dapat digunakan Geospatial Data Abstraction Library (GDAL). Namun nanti akan di bahas lebih lanjut di artikel berikutnya. Untuk sementara kita bisa memakai panduan gambar manual diatas. 
Silakan Komen, request, Saran untuk lapakgis.com di kolom komentar atau melalui halaman contact. Terima Kasih.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774