BLANTERVIO103

SHP Peta Hidrogeologi Seluruh Indonesia Format Shapefile

SHP Peta Hidrogeologi Seluruh Indonesia Format Shapefile
6/16/2019


Peta Hidrogeologi Seluruh Indonesia Format Shapefile SHP Sumber Data Kementrian ESDM 2018

Peta Hidrogeologi merupakan peta yang menggambarkan penyebaran dan pergerakan air tanah dalam tanah dan batuan di kerak Bumi (umumnya dalam akuifer). Maka dari itu Peta Hidrogeologi Format Shapefile SHP ini memiliki informasi spasial yang terkait dengan lapisan akuifer.
SHP Peta Hidrogeologi Seluruh Indonesia Format Shapefile
Sebelum melangkah lebih lanjut tentang artikel kali ini, mimin infokan Lapak GIS berkomitmen hanya akan mengkategorikan data itu berbayar berdasarkan lisensinya. Jika data itu dipublish untuk umum oleh sumbernya maka dikategorikan gratis, tapi jika hanya sebatas ditampilkan berupa map online atau bukan dalam format shapefile maka kita akan kategorikan Premium. Lapak GIS juga mempunyai daftar Peta lainnya dalam Format SHP Shapefile.

Peta Hidrogeologi Format Shapefile SHP

Informasi Spasial yang terdapat dalam Data SHP Peta Hidrogeologi Seluruh Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Litologi akuifer
  2. Umur akuifer
  3. Kelulusan lapisan
  4. Jenis akuifer
  5. Prod, Keterusan, dan Debit
  6. Dilengkapi juga dengan metadata dan deskripsi data file shp.
  7. Informasi lainnya.
Peta Hidrogeologi Seluruh Indonesia Format Shapefile SHP

Terdapatnya Air Tanah dan Produktivitas Akuifer

Pada data ini terdapat informasi mengenai keterdapatan air tanah dan produktivitas akuifer. Jumlah air yang dapat mengalir melalui suatu bidang vertikal setebal akuifer dan volume air yang dapat dikeluarkan dalam setiap satuan waktu.

Akuifer dengan Aliran Melalui Ruang Antar butir
  1. Akuifer produktif tinggi dengan penyebaran luas (Akuifer dengan keterusan sedang sampai tinggi; muka air tanah atau tinggi pisometri air tanah dekat atay diatas muka tanah; debit sumur umumnya lebih dari 10 l/dt)
  2. Akuifer produktif dengan penyebaran luas (Akuifer dengan keterusan sedang; muka air tanah atau tinggi pisometri air tanah umumnya dekat atau di atas muka tanah; debit sumur umumnya lebih dari 5 – 10 l/td.)
  3. Akuifer produktif sedang dengan penyebaran luas (Akuifer dengan keterusan sedang; muka air tanah beragam; debit sumur umumnya kurang dari 5 l/dt.)
  4. Setempat akuifer dengan produktif sedang (Akuifer tidak menerus, tipis dan rendah keterusannya; muka air tanah umumnya dangkal; debit sumur umumnya kurang dari 5 l/dt.)
Akuifer dengan Aliran Melalui Celahan dan Ruang Antar butir
  1. Akuifer produktif tinggi dengan penyebaran luas
    Akuifer dengan keterusan dan kisaran kedalaman muka air tanah sangat beragam; debit air sumur umumnya lebih dari 5 l/dt.
  2. Akuifer produktif sedang dengan penyebaran luas
    Akuifer dengan keterusan sangat beragam; kedalaman muka air tanah umumnya dalam; debit air sumur umumnya kurang dari 5 l/dt.
  3. Setempat, akuifer produktif
    Akuifer dengan keterusan sangat beragam; umumnya air tanah tidak dimanfaatkan karena dalamnya muka air tanah; setempat mata air dapat diturap.
Akuifer dengan Aliran Melalui Ruang (Celahana), Rekahan dan Saluran Pelarutan
  1. Akuifer produktif sedang - tinggi
    Aliran air tanah terbatas pada zona celahan, rekahan dan saluran pelarutan; muka air tanah umumnya dalam; debit sumur dan mata air beragam dalam kisaran yang sangat besar.
  2. Setempat, akuifer produktif
    Aliran air tanah terbatas pada celahan, rekahan atau saluran pelarutan, muka air tanah umumnya dalam; debit mata air umumnya kecil. 
Akuifer (Bercelah atau Sarang) Produktif Kecil dengan Airtanah Langka
  1. Daerah airtanah langka
    Wilayah yang tidak dapat dieksploitasi atau tidak ada air tanah yang layak
  2. Akuifer produktif kecil,setempat berarti
    Umumnya keterusan sangat rendah; setempat air tanah dangkal dalam jumlah terbatas dapat di peroleh di lembah-lembah atau pada zona pelapukan.

Komposisi Litologi Batuan Penyusun Akuifer dan Kelulusannya

Menginformasikan jenis litologi penyusun akuifer dan angka Kelulusan yang menunjukkan kemampuan batuan meluluskan air di dalam rongga-rongga batuan.
  1. Endapan Lepas
  2. Batuan Padu
  3. Batuan Volkanik
  4. Batu Gamping
  5. Batuan Malihan dan Beku
Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Peta Hidrogeologi Seluruh Indonesia Format Shapefile SHP. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774