BLANTERVIO103

Anotasi tulisan, angka dan simbol pada layout ArcGIS

Anotasi tulisan, angka dan simbol pada layout ArcGIS
7/31/2019


Cara menulis teks, angka dan simbol yang ukurannya lebih besar/kecil dan ditempatkan di atas/bawah huruf lainnya pada layout ArcGIS

Anotasi tulisan, angka dan simbol pada layout ArcGIS
Pernah tidak teman-teman ingin membuat tanda pangkat, meter kubik, meter persegi, atau ingin mengubah format untuk sebagian teks seperti ketebalan, huruf miring, garis bawah  waktu lagi mengerjakan legenda di layout Arcgis/Arcmap? Apa yang biasa dilakukan? Apakah dengan membuat dua atau lebih teks box lalu di geser-geser sedikit dan di gabung...? hahaha... kalau iya berarti kita sama, tapi itu dulu.

Sekarang Lapak GIS akan berbagi tutorial terkait masalah diatas yaitu anotasi tulisan, angka dan simbol pada layout ArcGIS/Arcmap. Sebelumnya mimin sudah pernah berbagi hal yang hampir sama dengan topik ini yaitu Variasi Pelabelan Shapefile di ArcGis! tapi sedikit berbeda syntax yang digunakan ketika kita bermain di layout.

Ketika bermain teks di layout, kita tidak bisa seenak jidat mengubah format teks seperti di MS. Office Word, contoh ketika kita ingin membuat bilangan pangkat, tulisan sebagian tebal, atau tulisan sebagian digaris bawahi kita hanya tingal klik tombol-tombol yang disediakan. Tapi tidak semudah itu ferguso kalau di Arcgis/Arcmap. Silahkan teman-teman coba kalau tidak percaya, buatlah sebuah kalimat/paragraf yang di tengah-tengah teks ingin kita tebal/miringkan hurufnya, ayoo... 😁.

Ditutorial ini mimin akan lakukan tutorialnya berupa video, kenapa? karena supaya bisa terlihat dengan jelas setiap perubahan syntax yang digunakan...? Tenang, jangan panik duluan... gara-gara ada kata syntax, sinni, sittu lah jadi minder duluan, hahaha! Lapak GIS sudah menyiapkan file word yang didalamnya sudah berisi perintah syntax yang tinggal di copy-paste ke dalam 'properties text' nantinya.

Anotasi tulisan, angka dan simbol pada layout ArcGIS

Dengan adanya syntax/format tag ini memungkinkan kita membuat teks format campuran di mana, misalnya, satu kata dalam sebuah kalimat digarisbawahi/ditebalkan atau huruf berpangkat.  Didalam file word yang berisi perintah syntax ini, kita akan praktekkan satu per satu, mulai dari hal paling dasar sampai yang sedikit rumit, yaitu:
  1. Nama dan ukuran font
  2. Warna font
  3. Huruf tebal/miring/garis bawah
  4. Semua huruf besar
  5. Tulisan/huruf ber spasi
  6. Jarak antar baris/paragraf
  7. Tulisan/huruf dengan syntax sebagian.

File Word berisi Perintah Syntax 
Via Google Drive Single Link [ MB]

Untuk tutorial atau cara membuat meter kubik/persegi, tanda pangkat atau ingin mengubah format untuk sebagian teks seperti ketebalan, garis bawah atau huruf miring, bisa teman lihat video dibawah ini supayah lebih jelas, karena jika ditulisa di artikel ini akan sangat panjang dan membosankan. Bantu channel youtube kami ya di Lapak GIS Channel.


Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang anotasi tulisan, angka dan simbol pada layout ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774