BLANTERVIO103

Cara Mencari Fitur dengan Cepat pada ArcGIS

Cara Mencari Fitur dengan Cepat pada ArcGIS
10/07/2019


Cara cepat menemukan sebuah FITUR pada layer tanpa membuka atribut tabelnya.

Cara Mencari Fitur dengan Cepat pada ArcGIS
Jika teman-teman lagi membuka sebuah layer peta misalnya administrasi dan ingin mencari nama daerah yang dinginkan, bagaimana cara teman-teman menemukannya? Apakah dengan buka atribut tabelnya terlebih dahulu lalu select by attibut lalu memilih fieldnya baru mengetikkan nama daerahnya...! Cara seperti ini tidak salah, namun bagi mimin ini sangat lama dan panjang sekali. Di Arcgis/Arcmap ada sebuah tool yang sebenarnya sering kita lihat namun kita sering abai terhadapnya, apa itu? ya, benar...  tool "FIND", bisa teman-teman lihat di toolbar dengan icon gambar Teropong.

Pencarian fitur dilakukan untuk mencari suatu fitur tertentu yang memiliki informasi atribut sesuai dengan yang dicari. Sebagai contoh, teman-teman mungkin perlu mencari dimana kota Ambon berada pada project yang sedang dibuat. Untuk melakukan pencarian fitur pada ArcMap dapat dilakukan seperti pada langkah langkah berikut.
  1. Klik pada tool Find (icon teropong) yang terletak pada toolbar Tool
  2. Isikan sebuah kata kunci, misalnya kata ambon pada kotak pencarian
  3. Tentukan layernya adalah Kota
  4. Klik Find
  5. Hasil pencarian akan muncul di bagian bawah
  6. Klik-kanan pada hasil pencarian > Zoom To
  7. Data frame akan zoom/pan ke kota Ambon
Cara Mencari Fitur dengan Cepat pada ArcGIS

Terhadap hasil pencarian, pengguna dapat melakukan beberapa tindakan lanjutan seperti flash, zoom to, pan to, dan sebagainya.

Pada saat kita melakukan zoom to maka fitur tersebut akan langsung pergi ke tempat yang dituju. Bermanfaat sekali bukan, kadang mimin juga sering mengabaikan fitur ini karena kebiasaan membuat atribut tabel terlebih dahulu sehingga berpikirnya mencari fitur hanya melalu attibut tabel.

Dengan adanya fitur ini kita bisa lebih cepat dalam menemukan sebuah fitur yang ingin kita cari tanpa harus repot-repot membuka atribut tabel terlebih dahulu pada Arcgis/Arcmap. Untuk tutorial-tutorial berikutnya mimin akan share artikel yang lebih bermanfaat, silahkan subscribe pada kotak disisi sidebar web ini untuk mendapatkan update terbaru dari Lapak GIS.

Baca Juga:
1. Cara Konversi Format CAD ke SHP dan dioverlay dengan Basemap
2. Membuat Kemiringan Lereng (Slope) berdasarkan Garis Kontur Lengkap Arcgis

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cari Fitur dengan cepat tanpa membuka atribut tabel pada Arcgis/Arcmap. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774