BLANTERVIO103

Cara Konversi Format CAD ke SHP dan dioverlay dengan Basemap

Cara Konversi Format CAD ke SHP dan dioverlay dengan Basemap
10/05/2019


Cara merubah format AutoCAD ke SHP lalu dioverlaykan dengan Basemap Citra Satelit

Cara Konversi Format CAD ke SHP dan dioverlay dengan Basemap
Apa kabar teman-teman Lapak GIS...? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya. sesuai tekad mimin pada minggu lalu bahwa untuk berikutnya Lapak GIS akan fokus ke tutorial yang berkaitan dengan GIS bahkan juga referensi yang bermanfaat. Jadi untuh sharing data shp nya kita pending dulu ya, sudah sangat lama sekali Lapak GIS tidak mengeluarkan kateogri tutorial atau referensi. Terakhir tutorial tentang Anotasi tulisan, angka dan simbol pada layout ArcGIS.

Maka pada kesempatan ini kita akan membahas Cara Konversi Format AutoCAD ke Format Shapefile (SHP) lalu kita dioverlaykan dengan Basemap (Citra satelit). Intinya dari tutorial file Autocad yang teman-teman punya bisa di buka di software Arcgis/QGIS dan dicocokan lokasinya dengan peta satelit (google earth, bing, esri, dll).

Dalam tutorial ini hal-hal yang harus mimin tekankan adalah teman-teman harus paham prinsip yang ada dalam daftar dibawah ini:
1. Prinsip konversi satuan (milimeter ke meter, atau sebalik) - dimensi pada Autocad
2. Paham sistem koordinat UTM - pada ArcGis, jika belum paham bisa kunjungi artikel ini, Klik disini.

Secara garis besar dua itulah yang harus benar-benar teman pahami, jika tidak akan sangat susah ketika ada permasalahan diluar contoh yang Lapak GIS bagikan. Didalam prosesnya nanti teman-teman tidak perlu mahir betul dalam operasi autocadnya, kalau sudah mahir itu adalah nilai plus, karena perintah utama yang akan dipakai hanya scale dan move.

Perintah scale dan move ini kaitanya dengan 2 prinsip diatas, dimana untuk scale kita akan lalukan pengsklaan ulang jika nantinya gambar, denah, atau isi file autocadnya nanti dalam satuan milimeter (mm) maka mau tidak mau kita harus konversi dulu ke satuan meter (m), kenapa meter? karena satuan yang di support dan sesuai dengan sistem pemeteaan kartografi adalah meter (dalam hal ini UTM), kenapa tidak bisa sistem koordinat geografis (yang derajat menit detik), karena nantinya tidak akan ketemu/sinkron ketika dioverlaykan ke citra satelit.

Dari penjelasan diatas itulah prinsip dari tutorial Cara merubah format AutoCAD ke SHP dan di overlay dengan citra satelit. Barikur daftar urutan untuk tutorialnya, nanti teman-teman juga bisa lihat videonya di Channel Lapak GIS supaya tidak gagal paham.

PADA AUTOCAD

  1. Buka file AutoCAD
  2. Silahkan teman-teman cek, apakah dimensi yang digunakan sudah dalam satuan meter
  3. Jika belum silahkan ubah dulu dengan ketikkan perintah "units" lalu pilih meter pada insertion scale. Jika sudah dalam satuan meter dari awal, abaikan saja langkah ini. Biasanya para drafter autocad sering menggunakan satuan milimeter dalam gambarnya, contoh jika kalau dalam meter itu 1 maka biasanya mereka membuat dalam 1000 milimeter. Nah, yang 1000 milimeter inilah yang nantinya kita scale ke 1 meter.
  4. Selanjutnya kita lakukan scale sesuai satuan yang didukung kartografi yaitu Meter <> UTM (supaya sinkron).
  5. Ketik "SC' atau scale pada gambar, lalu pilih / select object yang akan di scale
  6. Lalu  enter dan pilih titik dasar awal. Nanti akan di hadapkan pada 2 opsi scale pilih yang "Reference" artinya kita akan lakuan scale berdasarkan referensi yang sudah ada (nilainya sudah pasti).
  7. Setelah di pilih referensi tadi tentukan titik dari mana kemana yang sudah di ketahui jaraknya/dimensinya, misalnya titik A ke titik B jaraknya 20 meter, maka isikan nilainya 20.
  8. Proses scale sudah selesai jika sudah sampai ke point 7, artinya kita sudah menyesuaikan dimensi gambar ke satuan yang diperlukan yaitu dalam Meter.
  9. Selanjutnya kita akan pindahkan gambar yang sudah discale tadi ke koordinat yang sesuai lokasi nya di peta citra, jadi pastikan teman-teman punya referensi koordinatnya ya (wajib dalam UTM).
  10. Cara memindahkannya silahkan buat point di autocad dengan koordinat referensi lalu pindahkan gambar ke titik tersebut (lihat video ya biar tidak bingung...hehehe)
  11. Setelah dipindahkan maka selesai kerjaan kita di autocad, sisa tinggal di save as saja ke format autocad 2007 (wajib 2007) karena versi autocad versi yang terbaru tidak support, admin sudah coba sendiri.

PADA ARCGIS

  1. Silahkan add data file autocad versi 2007 yang sudah di scale tadi. Seharusnya file tersebut sudah langsung muncul, kalau belum maka versinya bukan yang 2007.
  2. Biasanya setelah di add data, gambar file autocadnya tidak langsung berada di lokasi yang kita inginkan karena koordinatnya masih belum diketahui (terkait zona). Maka langkahnya kita harus export dulu file autocadnya ke shp supaya bisa diproyeksi kedalam sistem koordinat UTM.
  3. Cara export dari autocad ke shp, cukup klik kanan pada layer file autocadnya lalu pilih data → export data → lalu simpan ke format shp
  4. Setelah berhasil merubah ke format shp barulah kita proyeksikan sesuai zona utm nya. Caranya pilih arctoolbox → data management tools → projections and transformations → pilih project.
  5. Setelah di proyeksikan biasanya akan langsung berada dilokasi yang sesuai dengan yang teman inginkan.
  6. Sampai disini prosesnya sudah selesai tinggal di rapikan saja sesuai keadaan dilokasi (digeser-geser, diputar, dll).

Hasil Tutorial (Video Turtorial dibawah lagi)

Cara Konversi Format CAD ke SHP dan dioverlay dengan Basemap

Cara Konversi Format CAD ke SHP dan dioverlay dengan Basemap

Cara Konversi Format CAD ke SHP dan dioverlay dengan Basemap

Video Tutorial



Baca Juga:
1. Cara Menggabungkan Banyak Data Raster Menjadi 1 Raster Baru
2. Cara Membuat Peta Rencana Tata Ruang + File Tutorial

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Konversi Format CAD ke SHP dan dioverlay dengan Basemap. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774