BLANTERVIO103

Shapefile (SHP) Peta RZWP3K Lengkap Seluruh Indonesia

Shapefile (SHP) Peta RZWP3K Lengkap Seluruh Indonesia
10/13/2019


Data Shapefile Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) Sumber data Kementrian Kelautan dan Perikanan

Shapefile (SHP) Peta RZWP3K Lengkap Seluruh Indonesia
Berdasarkan buku pedoman teknik dari KKP, Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) adalah rencana yang menentukan arah penggunaan sumber daya tiap-tiap satuan perencanaan disertai dengan penetapan struktur dan pola ruang pada kawasan perencanaan yang berisi kegiatan yang boleh atau tidak boleh dilakukan. Boleh dilakukan kegiatan diwilayah zonasi setelah memperoleh izin.

Fungsi SHP RZWP3K secara universal adalah:
  1. Sebagai bahan pertimbangan untuk penyusunan rencana pembangunan
  2. Untuk memberikan rekomendasi dalam pemberian perizinan
  3. Memberikan kekuatan hukum terhadap alokasi ruang
  4. Sebagai instrumen penataan ruang
  5. Sebagai acuan dalam pemanfaatan ruang
  6. Sebagai acuan dalam rujukan konflik
  7. Sebagai acuan untuk mewujudkan keseimbangan pembangunan
Dengan adanya fungsi seperti yang disebutkan diatas maka tentu akan mengasilkan Manfaat di perairan laut wilayah pesisir, dan pulau-pulau kecil antara lain yaitu:
  1. Mengidentifikasi daerah-daerah yang sesuai untuk dimanfaatkan
  2. Memfasilitasi akselerasi pertumbuhan ekonomi
  3. Mendorong pemanfaatan ruang dan sumberdaya
  4. Mengidentifikasi daerah-daerah yang penting secara ekologi
  5. Menjamin dan memastikan alokasi ruang untuk keanekaragaman hayati dan konservasi alam
  6. Mendorong kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan
  7. Mengurangi kemungkinan dampak negatif dari pemanfaatan sumberdaya
  8. Melindungi ruang yang secara turun-temurun dimanfaatkan untuk kepentingan sosial budaya masyarakat seperti untuk upacara adat, wilayah ulayat, wilayah suci laut
  9. Mengurangi konflik pemanfaatan ruang baik antara pemanfaatan yang tidak kompatibel maupun konflik antara pemanfaatan manusia dan kelestarian lingkungan alam
Shapefile (SHP) Peta RZWP3K Lengkap Seluruh Indonesia
Kegiatan & Ancaman Bencana yang akan terjadi di Wilayah Pesisir

Sepertinya sudah cukup ya pengenalan tentang data ini, intinya data ini fungsinya dengan RTRW. Supaya teman-teman tidak gagal paham, silahkan lihat gambar hirarki dibawah ini supaya lebih gampang melihat posisi Peta RZWP3K ini.


Data SHP Peta RZWP3K mempunyai skala Skala 1:50.000 yang bersumber dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Alokasi Ruang atau informasi spasial yang akan didapatkan nanti dari data SHP ini secara menyeluruh adalah:
  1. KAWASAN STRATEGIS NASIONAL TERTENTU
  2. KAWASAN PEMANFAATAN UMUM, terdiri dari sub zona Pertambangan, Perikanan Budidaya, Pariwisata, Pelabuhan, Hutan, Perikanan tangkap, Pemukiman, Pertanian, Industri, Fasilitas Umum, Pemanfaatan Air Selain Energi Pemanfaatan lainnya sesuai dengan biogeo lingkungan.
  3. KAWASAN KONSERVASI
  4. ALUR LAUT, terdiri dari sub zona alur pelayaran, pipa/kabel bawah laut, migrasi biota laut 

Preview Data Shapefile (SHP) 

Shapefile (SHP) Peta RZWP3K Lengkap Seluruh Indonesia

Shapefile (SHP) Peta RZWP3K Lengkap Seluruh Indonesia

Shapefile (SHP) Peta RZWP3K Lengkap Seluruh Indonesia

Shapefile (SHP) Peta RZWP3K Lengkap Seluruh Indonesia

Shapefile (SHP) Peta RZWP3K Lengkap Seluruh Indonesia

Kesimpulan

  1. Penataan Ruang  secara garis besar mempunyai lingkup perencanaan tata ruang, pemanfaatan ruang, dan pengendalian pemanfaatan ruang baik itu ruang darat, ruang laut , maupun ruang udara. Sehingga RZWP3K hanya mengatur hal-hal detil atau teknis terkait pengelolaan wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (WP3K).
  2. Seluruh hirarki RTRW seperti pada gambar diatas (RTRWN, RTRWP, RTRWK/K  seharusnya meliputi ruang darat dan ruang laut.  Sehingga rencana zonasi umum berdasarkan UU No. 27/2007 (RZWP3K Provinsi dan RZWP3K Kabupaten/Kota) harus  diserasikan dan diselaraskan dengan RTRWP maupun RTRWK/K.
  3. RZWP3K  Prov. dan Kab/Kota adalah rencana rinci dari  RTRW Provinsi dan RTRW Kab/Kota. RZWP3K dapat berbentuk RDTR atau RTR Kawasan Strategis Provinsi maupun RTR Kawasan Strategis Kabupaten.
Baca Juga:
1. Data SHP Shapefile RTRW Provinsi Seluruh Indonesia
2. Kumpulan Data SHP Peta Tematik maupun Dasar Gratis - Premium

Sama seperti sebelumnya yang sudah admin jelaskan Lapak GIS hanya akan mengkategorikan data itu berbayar berdasarkan lisensinya. Jika data itu dipublish untuk umum oleh sumbernya maka dikategorikan gratis/free, tapi jika hanya sebatas ditampilkan berupa map online,webgis atau bukan dalam bentuk spasial/format shapefile maka kita akan kategorikan Premium.

Jika berminat untuk mendapatkan data format Shapefile (SHP) diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp dengan KLIK DISINI. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan. Yuk lihat tertimoni atau kesaksian konsumen terhadap produk barang atau jasa LapakGIS.com, KLIK DISINI.

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Peta RZWP3K Lengkap Seluruh Indonesia. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774