BLANTERVIO103

Shapefile (SHP) Peta Zonasi Gempa Seluruh Indonesia

Shapefile (SHP) Peta Zonasi Gempa Seluruh Indonesia
11/23/2019


Data SHP Peta Zonasi Gempa Seluruh Indonesia sumber Pusat Studi Gempa Nasional (PuSGeN) PUPR

Shapefile (SHP) Peta Zonasi Gempa Seluruh Indonesia
Tepat tanggal 19 November 2019, web Lapak GIS mengalami bencanan yang dasyat yang ada peringatan ataupun surat pemberitahuan Server google drive mimin di blok oleh google. Tidak tahu pasti apa penyebabnya, tapi yang jelas mimin sangat terpukul. Mengingat waktu yang digunakan untuk mengupload data-data tersebut sangat lama.

Walaupun begitu mimin tetap semangat karena jika ini berhenti akan sangat banyak orang yang akan menanyakan ini baik di halaman fb, IG, dll. Hari berikutnya pelan-pelan mulai di masukkan lagi ke server walau sebenarnya lagi sibuk dengan diklat pekerjaan utama, tapi mau bagaimana lagi "kepikiran terus sama web ini". Sampai saat artikel ini di rilis sudah 90% servernya sudah pulih. Jadi mohon bantuan dari teman-teman jika masih ada artikel yang linknya rusak.

Baik, kembali ke topik utama, sebenarnya mimin agak malas untuk nulis hari ini tapi mimin paksakan dari pada tidak ada kegiatan. Mungkin kita awali dulu dengand data SHP premium dulu ya, baru nanti dilanjutkan data SHP versi free pada postingan berikutnya.

SHP Peta Zonasi Gempa

Gempa adalah salah satu fenomena alam yang tidak dapat dicegah maupun kita hindari. Munculnya gempa sangatlah sulit untuk diprediksi secara akurat sehingga menempatkan gempa sebagai salah satu bencana terbesar di Indonesia karena risiko yang dapat ditimbulkannya sangat besar. Risiko bahaya yang ditimbulkan sungguh luar biasa, baik berdasarkan korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur dan terganggunya lingkungan hidup.

Menyadari begitu besarnya dampak yang ditimbulkan oleh gempa maka pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat dituntut untuk selalu waspada dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan. Melalui “kesiapsiagaan” berbagai dampak atau risiko yang mungkin timbul dapat diminimalkan. 

Untuk itu, semua informasi sumber gempa, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk penanganan pencegahan, penelitian dan penyiapan standar pedoman manual mitigasi bencana harus disebarkan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Preview Data SHP

Data Shapefile (SHP) kegempaan yang ada pada artikel ini dapat menjadi acuan dasar yang lengkap dan akurat, khususnya dalam menyusun pemutakhiran peta bahaya gempa. Sumber data SHP ini berasal dari Pusat Studi Gempa Nasional (PuSGeN) Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Data SHP ini dikumpulkan dari berbagai sumber untuk mempercepat penyebaran informasi secara efisien. Dengan spesifikasi Peta Gempa dengan Redaman 5% dibatuan dasar (sb). Berikut preview data SHP nya.

Shapefile (SHP) Peta Zonasi Gempa Seluruh Indonesia

Shapefile (SHP) Peta Zonasi Gempa Seluruh Indonesia

Lapak GIS hanya akan mengkategorikan data itu premium berdasarkan lisensinya. Jika data itu dipublish untuk umum oleh sumbernya maka dikategorikan free, tapi jika hanya sebatas ditampilkan berupa map online/webgis/bukan dalam bentuk spasial maka kita akan kategorikan Premium/berbayar.

Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp dengan KLIK DISINI. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan. Berikut halaman tertimoni atau kesaksian konsumen terhadap produk barang atau jasa yang ada di website LapakGIS.com, KLIK DISINI.

Baca Juga:
1. Daftar Kumpulan SHP Tematik langka versi premium dan gratis
2. DEM SRTM 90m Versi 4 dan DEM ASTER 30m Versi 3 Seluruh Indonesia

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Peta Zonasi Gempa - Pusat Studi Gempa Nasional (PuSGeN). Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774