BLANTERVIO103

Data SHP Peta Bentang Alam Konservasi Harimau

Data SHP Peta Bentang Alam Konservasi Harimau
12/14/2019


Data Shapefile Peta Bentang Alam Konservasi Harimau - Gratis

Data SHP Peta Bentang Alam Konservasi Harimau
Sudah lama Lapak GIS tidak bagi-bagi data Shapefile gratis, mungkin untuk tutorial kita pending dulu... karena beberapa minggu kedepan akan banyak data SHP yang akan mimin bagikan, jadi silahkan stay di media sosial Lapak.

Alasan mimin mengangkat topik ini karena belakangan ini di media berita sangat sering terdengar harimau masuk permukiman bahkan sampai ada korban jiwa akibat kucing besar orange ini. Patut untuk sama-sama kita waspadai akan hal ini, mengingat semakin lama memang habitat mereka tergusur oleh para elit kepentingan yang hanya tahu bisnis mereka lancar. Bahkan ada juga yang sengaja mengincar harimau ini untuk di ambil kulitnya untuk dijual kembali, kalau terus begini bisa-bisa harimau khusus sumatera akan punah. Tentu kita tidak ingin hal ini terjadi.

Sedikit kita membahas sejarah harimau yang ada di indonesia. Harimau Sumatera adalah satu satunya Sub spesies harimau di dunia yang hanya ada di Indonesia sedangkan dua sub spesies lainnya telah dinyatakan punah yaitu harimau Jawa (punah tahun 1940-an) dan harimau Bali (punah Tahun 1980-an), sedih karena mimin belum tahu bentuk aslinya seperti apa.

Berdasarkan kutipan yang mimin kutip dari Walestra, bahwa konflik manusia dan Harimau Sumatera di Tahun 2019 akan terus terjadi. Contohnya saja didaerah jambi sepanjang Tahun 2018 intensitas pejumpaan sudah sebanyak 9 kali Harimau Sumatera keluar dari Habitat alaminya dan dijumpai di kebun masyarakat,bahkan 2 kali konflik dengan manusia yang berujung korban luka serius pada manusia.Jika tidak dimitigasi secepatnya, tentu akan terus menambah daftar yang tersedia.

Maka dari penjelasan diatas mimin ikut memberikan informasi data spasial (SHP) Bentang Alam Konservasi Harimau Indonesia, sehingga kita tahu area-area persebaran harimau tersebut. Merujuk pada data dari Global Forest Watch, ada 12 kawasan dipulau sumatera (untuk sementara baru itu yang didapat) diantaranya:
  1. Gunug Leuser
  2. Sibologa
  3. Rimbo Panti-Batang Gadis West
  4. Bukit Barisan South
  5. Kualar Kampar-Kerumutan
  6. Bukit Rimbang Baling
  7. Tesso Nilo Landscape
  8. Bukit Barisan Selatan South
  9. Bukit Tigapuluh Landscape
  10. Kerinci Seblat
  11. Berbak
  12. Bukit Balai Rejang - Selatan

PREVIEW DATA

Data SHP Peta Bentang Alam Konservasi Harimau


Peta Bentang Alam Konservasi Harimau Sumatera
Via Google Drive

NOTE (WAJIB DIBACA):
Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan password data shapefile (SHP) di website ini, cukup dengan melakukan point di bawah ini.

1. Like Fanspage kami klik disini atau Follow Instagram kami dengan klik disini;
2. Bantu beri ulasan jasa kami di Google Bisnis, klik disini;
3. Bantu dukung channel Youtube kami, klik disini.

Jika point diatas sudah dilakukan, silahkan kirim bukti screenshootnya ke kontak kami DISINI. Kami akan berikan passwordnya GRATIS alias free, tidak hanya password di artikel ini saja tapi seluruh password SHP gratis di website Lapak GIS (Bundel password SHP gratis).

Video Petunjuk Menuju Link File Lapak GIS

Baca Juga:
1. Kumpulan data SHP gratis seluruh Indonesia
2. Shapefile (SHP) Peta Zonasi Gempa Seluruh Indonesia

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Bentang Alam Konservasi Harimau. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774