BLANTERVIO103

Shapefile Peta Sebaran Jalur Rel dan Stasiun Kereta Api

Shapefile Peta Sebaran Jalur Rel dan Stasiun Kereta Api
12/21/2019


Data SHP Jalur Rel dan Stasiun Kereta Api (KA) skala 1:50.000

Shapefile Peta Sebaran Jalur Rel dan Stasiun Kereta Api
Untuk pembuka artikel ini, mimin sampaikan terima kasih atas kerpecayaan dan dukungan sampai saat ini kepada Lapak GIS, sebagai website penyedia data SHP terlengkap diindonesia. Maka dari itu pada kali ini kita juga akan sharing SHP lagi tentang Jalan atau jaringan kereta api beserta stasiun atau atribute lainnya.

Data Jaringan Rel Kereta Api ini adalah peta yang menggambarkan alur atau jalur kereta api dari suatu tempat ke tempat lain. Rel umumnya berupa batangan baja, dipasang pada bantalan dan ballast, tempat sarana dengan roda, umumnya baja, bergerak.  PT Kereta Api Indonesia adalah perusahaan milik negara yang menjalankan usaha kereta api di Indonesia. Perlu teman-teman ketahui bahwa Kereta api adalah sistem transportasi darat yang aman jika dibandingkan dengan bentuk transportasi lainnya, baik untuk penumpang maupun untuk mengangkut barang.

Sumber data ini berasal dari kementrian perhubungan sehingga bisa dijamin kebenaran datanya. Pada data SHP nantinya teman-teman akan mendapatkan:
  1. Jalur Rel Kereta api Penumpang
  2. Jalur Rel Kereta api Barang, untuk barang sendiri contohnya akan mengangkut BBM, BHP, Batubara, CPO, Klinker, Petikemas, Pupuk, Semen, dan Logistik
  3. Titik lokasi Statius Kereta api
  4. Titik Terowongan
  5. Titik Jembatan
  6. Serta dimana saja lokasi yang rawan (longsor, banjir, maupun gempa) untuk dilalui Kereta api.
Sebagian besar dari rel kereta api di Indonesia terdapat di pulau Jawa. Di Jawa terdapat dua jalur utama yang terbentang sepanjang daratan jawa serta beberapa jalur kecil. Sedangkan daerah lain yang memiliki jalur kereta api adalah dua bagian di Sumatra tepatnya terletak di sekitar Medan, lampung, sumatera selatan dan sumatera barat.

Menurut pandangan mimin, alangkah lebih bagusnya infrastruktur yang dibangun adalah Rel kereta api dibanding membangun jalan TOL. Selain aman tentunya juga lebih hemat dibanding dengan membangun jalan. Dengan adanya rel kereta api yang menghubungankan antar kota di indonesia tentu akan mempercepat akomodasi baik itu penumpang maupun barang.

Kita lihat saja dinegara-negara maju, mereka justru lebih memprioritas kereta api dibandingkan yang lainnya. Contohnya Kereta api kecepatan tinggi pertama yaitu Shinkansen di Jepang yang memiliki kecepatan hingga dan di atas 300 km/jam. Pembangunan banyak jalur rel kereta api dijepang ini telah mengakibatkan okupansi penerbangan domestik dan jarak pendek menurun dan beban jalan raya semakin berkurang. Tapi inilah negeri +62 semuanya dihubungkan dengan politik sehingga yang namanya untuk atas nama kesejahteraan hanya untuk para elite. Malah curhat...hahaha.

PREVIEW DATA

Shapefile Peta Sebaran Jalur Rel dan Stasiun Kereta Api

Shapefile Peta Sebaran Jalur Rel dan Stasiun Kereta Api

Shapefile Peta Sebaran Jalur Rel dan Stasiun Kereta Api


Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp dengan KLIK DISINI. Informasi untuk teman-teman bahwa data ini mimin kategorikan premium karena jika data itu dipublish untuk umum oleh sumbernya maka dikategorikan gratis/free, tapi jika hanya sebatas ditampilkan berupa map online,webgis atau bukan dalam bentuk spasial maka kita akan kategorikan premium.

Baca Juga:
1. Kumpulan data SHP peta tematik berbagai tema
2. Data Lengkap Peta Sebaran Tempat Pariwisata Se-Indonesia

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Jalur Rel dan Stasiun Kereta Api Seluruh Indonesia. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774