BLANTERVIO103

Cara Memetakan Hasil Pengukuran Survei dengan ArcGis

Cara Memetakan Hasil Pengukuran Survei dengan ArcGis
1/18/2020


Cara Memetakan jalur kontrol survey dengan COGO pada Arcgis

Cara Memetakan Hasil Pengukuran Survei dengan ArcGis
Jalur kontrol survey (traverse) adalah jalur utama pengukuran dilakukan, yaitu serangkaian titik-titik pengukuran yang membentuk garis utama. Selanjutnya obyek-obyek lain diukur secara relatif dari salah satu titik pada traverse. Sebagai contoh pada pemetaan pohon di dalam hutan, traverse dibuat dalam suatu garis lurus, posisi setiap pohon diukur secara relatif terhadap titik-titik di dalam traverse.

Memetakan traverse yang sudah dibuat di lapangan akan sangat berbeda tergantung kasus dan tipe pemetaan yang dilakukan. Untuk memetakan pengukuran seperti pada gambar atau contoh ilustrasi pada gambar dibawah ini, maka dapat dilakukan menggunakan COGO. Berikut adalah contoh traverse sederhana dengan beberapa informasi sebagai berikut.

Cara Memetakan Hasil Pengukuran Survei dengan ArcGis
Gambar 1. Contoh ilustrasi hasil pengukuran

Memetakan titik start dengan construct 2-points line

Titik start (mulai) dari jalur kontrol survey adalah titik A. Titik tersebut tidak memiliki informasi koordinat, melainkan diikat dengan titik S sebagai titik ikat yang dapat berupa titik triangulasi ataupun fitur alam yang dipilih. Memetakan titik start (A) dari titik S pada Gambar 1. contoh ilustrasi diatas dapat dilakukan menggunakan Construct 2-points line sebagai berikut.
  1. Siapkan fitur polyline dalam sebuah project ArcMap
  2. Fitur polyline tersebut sebaiknya sudah memiliki field COGO seperti sudah dibahas pada artikel sebelumnya yaitu Fungsi dan Cara Membuat COGO pada ArcGis.
  3. Aktifkan sesi editing
  4. Klik pada tool Construct 2-point line pada toolbar COGO
  5. Pilih template, yaitu layer line yang sedang diedit
  6. Pilih tipe konstruksi, dalam hal ini adalah Direction-Distance karena berdasarkan Gambar 1.  contoh ilustrasi diatas, data yang tersedia adalah jarak dan azimuth.
  7. Isikan koordinat titik kontrol, yaitu koordinat titik S (lihat Gambar 1. contoh ilustrasi)
  8. Isikan arah dalam derajat, yaitu 40 derajat
  9. Isikan jarak dalam meter, yaitu 123 meter
  10. Klik pada Create
  11. Sebuah fitur baru akan terbentuk
  12. Jendela 2-point line dapat ditutup

Cara Memetakan Hasil Pengukuran Survei dengan ArcGis
Gambar 2. Memetakan titik start dengan construct 2-points line

Jalur kontrol survey (traverse) pada Gambar contoh ilustrasi adalah jalur yang terbentuk dari A-B-C-D-A. Titik A sudah dibuat, yaitu berupa end dari garis yang terbentuk pada Gambar 2. Untuk memetakan jalur kontrol dapat dilakukan dengan langkah berikut:
  1. Perhatikan situasi pada Gambar 1. contoh ilustrasi sebagai referensi
  2. Lalu Lakukan langkah seperti pada Gambar 2 untuk mendapatkan referensi Titik A. Jika sudah dibuat lanjut ke langkah selanjutnya.
  3. Aktifkan sesi editing
  4. Klik pada tool Tranverse pada toolbar COGO
  5. Pilih template, yaitu layer yang sedang diedit
  6. Tentukan Start, yaitu End dari garis S-A. Klik pada tanda pointer, selanjutnya Klik pada End dari garis S-A dengan bantuan snapping. Koordinat Titik A akan otomatis tampil pada Start.
  7. Untuk segmen A-B gunakan konstruksi Direction-Distance, isikan 26 pada direction, dan 230 pada distance. Klik Add untuk menambahkan data pengukuran A-B.
  8. Untuk segmen B-C, isikan 114 pada direction, dan 143 pada distance. Klik Add untuk menambahkan data pengukuran B-C.
  9. Untuk segmen C-D, ubah konstruksi menjadi Tangent Curve (karena ada lengkungan) dengan Chord 74.8, Radius 81.8 dan turn Right. Klik Add untuk menambahkan data segmen C-D
  10. Untuk segmen D-E, ubah konstruksi kembali menjadi Direction-Distance. Isikan 224 pada direction, dan 136 pada distance. Klik Add untuk menambahkan data pengukuran D-E.
  11. Untuk segmen E-A, isikan 281 pada direction, dan 189 pada distance. Klik Add untuk menambahkan data pengukuran E-A.

    Cara Memetakan Hasil Pengukuran Survei dengan ArcGis
    Gambar 3. Jendela traverse

  12. Hasil dari plotting jalur kontrol survey (langkah 7 — 11) dengan data seperti pada gambar 1. di atas adalah sebagai berikut.

    Cara Memetakan Hasil Pengukuran Survei dengan ArcGis
    Gambar 4. Hasil plotting traverse

  13. Tampak pada Gambar 4. bahwa traverse A-B-C-D-E-A tidak tertutup sempurna atau dalam istilah kehutanan tidak `tenzu gelang'. Untuk membuat traverse tersebut tertutup, maka Klik pada Closed Loop (seperti pada Gambar 3)
  14. Klik pada Adjust (pada Gambar 3)
  15. Langkah tersebut akan secara otomatis menawarkan koreksi agar polygon menjadi tertutup. Sebuah dialog Adjust Traverse akan tampil dengan preview dari perubahan traverse. Jika penyesuaian tersebut diterima, maka Klik Accept

    Cara Memetakan Hasil Pengukuran Survei dengan ArcGis
    Gambar 5. Melakukan adjustment pada traverse

Catatan: Penggunaan COGO tentu tidak hanya sebatas memetakan jalur kontrol survey dan obyek-obyek di sekitarnya. Sebagaimana dapat dilihat bahwa terdapat banyak tool yang terdapat di dalam toolbar COGO yang dapat digunakan.




Baca Juga:

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Memetakan Hasil Pengukuran Survei dengan ArcGis. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774