BLANTERVIO103

Fungsi dan Cara Membuat COGO pada ArcGis

Fungsi dan Cara Membuat COGO pada ArcGis
1/17/2020


Fungsi dan Cara membuat COGO field secara otomatis

Fungsi dan Cara Membuat COGO pada ArcGis
COGO merupakan akronim dari Coordinate Geometry yang artinya adalah proses konversi data dimana data digital dibuat dari deskripsi tertulis yang dapat berupa panjang, arah, lokasi titik, yang relatif terhadap titik tertentu seperti titik kontrol. Dengan kata lain, COGO adalah proses mengubah data hasil survey, yang biasanya tidak dapat dengan mudah dipetakan seperti plotting koordinat XY. 

Bagi teman-teman yang sudah terbiasa melakukan survey dan sekaligus plotting hasil survey, sudah tentu paham betapa sulitnya mengonversi hasil survey lapangan menjadi sebuah data spasial. Untuk mengatasi hal tersebut, maka COGO disematkan di dalam ArcGIS Desktop.

Untuk menggunakan semua fungsi COGO, fitur line harus memiliki field COGO yang valid. Field COGO berguna untuk menyimpan data-data hasil COGO sehingga dapat digunakan untuk evaluasi atau untuk pelaporan. Field untuk COGO dapat dibuat secara manual ataupun menggunakan tool pada ArcToolbox. Mimin Lapak GIS sangat menyarankan agar field COGO dibuat secara otomatis untuk menghindari kesalahan field. Terus bagaiman cara membuatnya, mari kita lanjutkan.

Menampilkan tool Create COGO Field di AreCatalog

Tool yang digunakan untuk membuat COGO field secara otomatis dapat digunakan pada ArcCatalog. Namun tool tersebut secara default tidak tampil di dalam toolbar mana pun. Untuk menambahkan tool tersebut ke dalam salah satu toolbar dapat digunakan cara berikut. 
  1. Buka ArcCatalog
  2. Klik menu Customize → Customize Mode
  3. Pilih tab Commands
  4. Cari pada kategori Geodatabase tools
  5. Pilih tool Create COGO Field 
  6. Lakukan drag-n-drop tool tersebut ke salah satu toolbar
Fungsi dan Cara Membuat COGO pada ArcGis
Menambahkan create COGO Fields ke dalam toolbar ArcCatalog

Menambahkan COGO field secara otomatis

Untuk menambahkan field COGO pada fitur line dapat dilakukan pada ArcCatalog dengan menggunakan langkah berikut:
  1. Tampilkan tool COGO seperti dibahas pada tahap diatas.
  2. Pilih fitur line yang akan dibuatkan field COGO, baik itu berupa shapefile ataupun geodatabase. Fitur tersebut sebaiknya adalah fitur baru yang belum memiliki banyak field dan tidak sedang dibuka oleh project ArcMap.
  3. Klik pada tool Create COGO Field
  4. Sebuah pesan bahwa pembuatan COGO field telah berhasil akan tampil
  5. Field-field baru akan ditambahkan untuk keperluan COGO
Fungsi dan Cara Membuat COGO pada ArcGis
Penambahan field untuk COGO

Catatan: Field-field survey untuk COGO tentu dapat dibuat secara manual menggunakan Add Field. Tapi ada kernungkinan field yang ditambahkan tidak tepat (nama, tipe dan pengaturan lainnya), sehingga mimin sangat menyarankan untuk menggunakan tool Create COGO.

Baca Juga:
1. Cara Membuat Simbologi Peta pada Arcgis
2. Cara Cepat Memperbaiki Error Topology pada Arcgis

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Fungsi dan Cara Membuat COGO pada ArcGis. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774