BLANTERVIO103

Cara Menambahkan Koordinat DMS pada Attribute Tabel Arcgis

Cara Menambahkan Koordinat DMS pada Attribute Tabel Arcgis
1/02/2020


Cara Menambahkan Nilai Koordinat Derajat Menit Detik (DMS) pada Attribute Tabel secara Otomatis pada ArcGIS

Cara Menambahkan Koordinat DMS pada Attribute Tabel Arcgis
Apa kabar teman-teman semua, semoga liburannya menyenangkan ya...! Diawal tahun 2020 ini semoga yang menjadi target teman-teman bisa berjalan dengan lancar. Berbicara tentang pergantian tahun, baru kepikiran kalau Lapak GIS sebenarnya baru aktif berjalan dengan serius mengurus website ini sekitar bulan Maret 2019 yang artinya belum setahun aktif walaupun berdirinya pada bulan agustus 2018.

Baiklah pada artikel baru pada awal tahun ini dimulai dengan tema "Tutorial". Bagaimana caranya kita akan menambahkan nilai koordinat suatu titik (point) pada attribute tabel di arcgis. Cara simpelnya bisa dengan menggunakan Add XY Coordinates pada ArcToolbox. Namun perlu diketahui bahwa nilai koordinat yang di hasilkan dari fitur tersebut hanya bisa dalam format Decimal Degree (DD) bukan dalam derajat menit detik (DMS) seperti yang umum kita pakai dilapangan.

Pada cara yang mimin Lapak GIS bagikan ini kita bisa memakai semua format koordinat, DD, DMS ataupun UTM (Meter). Semua bisa dilakukan secara otomatis tanpa perlu capek mengetikkan ulang. Secara tidak langsung cara ini juga bisa berguna seandainya jika kita ingin meng konversi koordinat ke format lain dengan data yang sangat banyak dengan sangat cepat.

Tanpa perlu panjang lebar lagi mari kita langsung ke langkah caranya (Kalau bingung lihat video tutorial ya):
  1. Pastikan sudah mempunyai contoh titik koordinat (CGS kalau bisa UTM ya)
  2. Klik kanan pada fitur later lalu pilih open attribute tabel.
  3. Pada Table Option pilih Add Field
  4. Buatlah sebuah field dengan nama X dan tipe fieldnya "TEXT" (wajib)
  5. lalu klik OK
  6. Lalu buat field baru lagi untuk Y dengan langkah yang sama seperti no 3 dan 4
  7. Setelah selesai membuat field X dan Y dengan tipe Text, selajutnya klik kanan judul di salah satu field misalnya X lalu pilih Calculate Geometry
  8. Lalu, pada tabs property pilih "X coordinate of point" jika ingin menambahkan nilai Longitude nya atau pilih "Y coordinate of point" jika ingin menambahkan nilai Latitude.
  9. Pada coodinate system biarkan default
  10. Nah, pada UNITS pilih "Degrees Minutes Seconds (DDD MM' SS.sss" [W|E])
  11. Lalu klik OK.
  12. Nilai Koordinatnya akan langsung terbuat secara otomatis.

Cara Menambahkan Koordinat DMS pada Attribute Tabel Arcgis

Dari tahap-tahap diatas intinya hanya ada 1 yaitu pada tipe FIELD yang akan kita buat yaitu tipe TEXT. Karena jika jikta menggunakan tipe lain tidak akan support karena format DMS terdapat huruf. Untuk pelajaran juga Lapak GIS sudah pernah membahas tentang tipe-tipe atau Jenis Field pada Atribut Tabel ArcGIS, KLIK DISINI.


Baca Juga:
1. Kumpulan Data SHP Lengkap Seluruh Indonesia Free
2. Cara Ekspor Peta ke format PDF yang Support Layer

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Tutorial Menambahkan Koordinat DMS pada Attribute Tabel Arcgis. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774