BLANTERVIO103

Cara Ekspor Peta ke format PDF yang Support Layer

Cara Ekspor Peta ke format PDF yang Support Layer
10/24/2019


Bagaimana Cara Ekspor Peta Hasil Layout ke format PDF yang Support Layer

Cara Ekspor Peta ke format PDF yang Support Layer
Siang menjelas istirahat teman-teman Lapak GIS? disela-sela santai mimin sempatkan untuk menulis artikel singkat ini, karena baru saja kemaren kita membahas georeferensi part 2 kan? Nah, pada share kali ini topik kita yang ringan-ringan saja.

Baiklah, studi kasusnya kali ini jika teman-teman pernah mendapatkan file peta berformat PDF lalu didalamnya terdapat layer-layer yang bisa di on/off persis seperti sebelum diekspor, pertanyaannya bagaimana cara membuat hal yang demikian? tentu keren bukan hasil peta kita yang dalam format pdf terasa seperti aplikasi sendiri karena ada layer yang bisa dihidup/dimatikan.

Untuk bisa melakukan seperti hal yang dimaksud maka hal yang harus dipenuhi tentu peta layout yang sudah jadi atau dibuat. Layout yang sudah dibuat bisa diekspor ke format lainnya seperti image (JPG,TIF, dsb) atau format lain yang support data vektor seperti SVG dan PDF.

Melakukan ekspor layout sangat penting baik itu sebagai overview dari project maupun sebagai backup. Perlu diingat bahwa project pembuatan peta pada Arcgis/ArcMap memiliki banyak sekali file yang dirujuk sehingga besar sekali kemungkinan file yang dirujuk oleh project corrupt atau tidak tersedia sehingga keseluruhan project tidak bisa dibuka seperti saat dibuat. Pada kondisi tersebut
diperlukan project yang sudah dalam bentuk image maupun PDF. Untuk mengekspor layout ke PDF pada ArcMap dapat dilakukan sebagaimana berikut.
  1. Klik pada menu File > Export Map
  2. Tentukan folder atau lokasi file
  3. Beri nama file output
  4. Pilih format, sebagai contoh pilih PDF
  5. Klik Save untuk menjalankan perintah ekspor
  6. Berikut contoh hasil ekspor ke format PDF yang support layer.

Cara Ekspor Peta ke format PDF yang Support Layer
Contoh hasil ekspor layout ArcMap ke format PDF

Baca Juga:
1. Data Shapefile Jalan Indonesia Terlengkap Gratis
2. Data SHP (Shapefile) Sungai Seluruh Indonesia Lengkap

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Ekspor Peta ke format PDF yang Support Layer. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774