BLANTERVIO103

SHP Peta Sebaran Pelabuhan dan Alur Pelayaran Indonesia

SHP Peta Sebaran Pelabuhan dan Alur Pelayaran Indonesia
12/31/2019


Data Shapefile Sebaran Pelabuhan, Terminal Khusus dan Alur Pelayaran Kapal

SHP Peta Sebaran Pelabuhan dan Alur Pelayaran Indonesia
Dipenghujung tahun 2019 masehi ini mimin lapak GIS masih menyempatkan diri untuk update artikel, meski orang-orang pada liburan mimin masih saja nulis artikel...sedihnya. Tapi tidak masalah selagi bisa bermanfaat dan memberikan informasi bagi banyak orang itu semua tebayarkan. Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Data Shapefile Jalur (Rute) Penerbangan Indonesia. Sehingga untuk hari ini akan pindah ke moda lain yaitu KAPAL. Temanya hampir sama cuma transportasinya saja yang berbeda.

Terkait dengan Kapal merupakan kendaraan pengangkut penumpang dan barang di atas air permukaan (sungai, danau, maupun laut), tapi disini kita lebih menekankan di laut maka dari itu yang kita bahas adalah Kapal bukan perahu. Karena pada dasarnya dua hal itu berbeda, kapal bisa dipastikan membawa perahu (sekoci) tapi belum tentu sebaliknya. Mungkin bagi yang sudah sering travelling dengan kapal sudah pasti bisa membedakannya. Mimin sendiri sering menggunakan kapal dalam perjalanan project, contohnya ke Pulau bengkalis.

Dikutip dari wikipedia, Alur Pelayaran merupakan perairan yang dari segi kedalaman, lebar, dan bebas hambatan pelayaran lainnya dianggap aman dan selamat untuk dilayari oleh kapal di laut, sungai atau danau. Satu hal lagi yang mimin tekankan bahwa nantinya akan ada namanya jalan pelayaran dan jalan penyebrangan. Kedua istilah itu yang membedakanya adalah jaraknya. Biasanya untuk jalan pelayaran jaraknya lebih jauh dibanding penyebrangan (ya pastilah....hehehe).

Baiklah, untuk informasi spasial yang akan didapatkan nanti dalam data Pelabuhan dan Alur Pelayaran Kapal ini nantinya adalah sebagai berikut:
  1. Jalan Pelayaran
  2. Jalan Penyebrangan
  3. Nama Pelabuhan (beserta kode)
  4. Sarana bantu navigasi pelayaran (SBNP)
  5. Vessel Traffic System (VTS)
  6. Stasiun Radio Pantai (SROP)
  7. Terminal Khusus (Tersus)
  8. Daerah Lingkungan Kepentingan (DLKp)
  9. Daerah Lingkungan Kerja (DLKr)

PREVIEW DATA

SHP Peta Sebaran Pelabuhan dan Alur Pelayaran Indonesia

Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp dengan KLIK DISINI. Informasi untuk teman-teman bahwa data ini mimin kategorikan premium karena jika data itu dipublish untuk umum oleh sumbernya maka dikategorikan gratis/free, tapi jika hanya sebatas ditampilkan berupa map online,webgis atau bukan dalam bentuk spasial maka kita akan kategorikan premium.

Baca Juga:
1. Shapefile Peta Sebaran Jalur Rel dan Stasiun Kereta Api
2. Shapefile Peta Perkebunan Pohon Indonesia

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Pelabuhan, Terminal Khusus dan Alur Pelayaran Kapal Seluruh Indonesia. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774