BLANTERVIO103

Shapefile Zona Sistem Koordinat TM3 Indonesia

Shapefile Zona Sistem Koordinat TM3 Indonesia
3/14/2020


Data SHP Pembagian Zona Sistem Koordinat TM3 untuk Pertanahan

Shapefile Zona Sistem Koordinat TM3 Indonesia
Kembali lagi bersama lapak GIS yaitu website paling lengkap membahas seputar GIS. Pada pekan ini kita akan membahas topik yang sedikit unik dari yang biasanya yaitu terkait dengan sistem proyeksi tapi sistem ini hanya digunakan di indonesia saja, ya betul sekali apalagi kalau bukan TM3.

Untuk teman-teman yang sering melihat sertifikat tanah, coba perhatikan salah satu lembarannya yang isi "koordinat peta digitalnya". Benar sekali Sistem Koordinat TM3 biasa digunakan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk pengukuran tanah. Tidak terlalu susah untuk memahami Sistem Koordinat TM3 ini karena pada dasarnya hanya merupakan pengembangan dari Sistem Koordinat UTM (gampangnya UTM dibagi menjadi 2 maka itulah TM3).

Untuk melihat perbedaan atau persamaan 'dasar' antara TM3 dan UTM, sebagai berikut:
  1. Satu Zona UTM dibagi menjadi dua zona TM3. Contohnya zona UTM 47N itu nantinya akan menjadi TM3 Zona 47-1 dan 47-2. Sehingga secara tidak langsung terjadi penyederhanaan dengan menghilangkan notasi U dan S.
  2. Karena prinsipnya TM3 itu pembagian dari UTM maka lebar derajatnya pun dibagi 2 juga. TM3 mempunyai lebar zona 3 Derajat, sedangkan di UTM  memiliki lebar 6 Derajat setiap zonanya. Sehingga memberikan ketelitian yang lebih baik.
  3. Proyeksi TM3 dan UTM masih sama-sama menggunakan Transverse Mercator (Bukan WGS84). Jadi bisa digunakan untuk menghitung luas area.
Sebenarnya masih banyak perdaan teknis lainnya tapi menurut mimin 3 daftar diatas sudah cukup untuk mewakilinya, jika terlalu dalam malahan kita yang dibuat pusing jadinya. Perlu untuk teman-teman ingat, sistem proyeksi TM3 ini tidak dipakai secara global tapi hanya di indonesia saja yang memakainya (terkhusus penggunaannya lebih ke pertanahan), sehingga kendalanya nanti dalam memakai sistem koordinat ini seperti masih banyak perangkat yang tidak mendukungnya.

Melihat dari kendala atau kekurangan dari TM3 ini, mimin sudah coba rangkum dan membuat File Shapefile (SHP) Zonasi TM3 di Indonesia, sehingga nanti teman-teman bisa mengetahui titik lokasi yang di plotting berada pada zona TM3 berapa.

Shapefile (SHP) Zonasi TM3 Indonesia

Data shapefile ini berguna untuk teman-teman yang masih bingung TM3 berapa yang dipakai pada lokasi yang teman-teman tentukan, dengan adanya ini kita bisa mengetahui langsung.

Shapefile Zona Sistem Koordinat TM3 Indonesia

Shapefile Zona Sistem Koordinat TM3 Indonesia

Shapefile Zona Sistem Koordinat TM3 Indonesia

Cara konversi TM3 ke UTM

  1. Buka/Buat data frame kosong
  2. klik properties pada frame layer
  3. Pergi ke tab Coordinate System
  4. Lalu pilih Proyeksi TM-3 dengan menuju Projected Coordinate Systems → National Grids → Indonesia → DGN 1995 Indonesia TM-3 Zone 47-2

Shapefile Zona Sistem Koordinat TM3 Indonesia

Mungkin dari teman-teman ada juga nanti yang menanyakan, bagaimana cara plotting titik TM3 hasil pengukuran dilapangan secara massal (banyak) kedalam software GIS (Arcgis). Prinsipnya sama saja dengan menggunakan WGS84 yang dibedakan adakah waktu Add XY data pada XY Coordinaste Systemnya pilihlah koordinat TM3 seperti yang dijelaskan diatas.

Shapefile Zona Sistem Koordinat TM3
Via Google Drive

NOTE (WAJIB DIBACA):
Free... But Not Free! Bingungkan? Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan password data shapefile (SHP) di website ini, cukup dengan melakukan point di bawah ini.

1. Bantu Like Fanspage dan Follow Instagram kami;
2. Bantu beri ulasan jasa kami di Google Bisnis;
3. Bantu dukung channel tutorial kami di Youtube.

Jika point diatas sudah dilakukan, silahkan kirim bukti screenshootnya ke kontak kami DISINI. Kami akan berikan passwordnya GRATIS alias free, tidak hanya password di artikel ini saja tapi seluruh password SHP gratis di website Lapak GIS (Bundel password SHP gratis).

Terlalu ribet ya untuk mendapatkan data shp di Lapak GIS? alasannya supaya semakin banyak orang yang tahu akan keberadaan webiste ini dan bagi admin meluangkan waktu untuk share artikel juga tidak memerlukan waktu yang banyak dibanding harus membuat sebuah artikel, menyiapkan data dan segala macamnya...hehehe. Jadi keep spirit ya, tidak ada yang didapat secara instan.

Baca Juga:
1. Program Bantu Konverter Koordinat dari BAKOSURTANAL
2. Format Ekspresi Field Calculator pada ArcGIS

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Zona Sistem Koordinat TM3 Indonesia. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774