BLANTERVIO103

Cara Menggabungkan Tabel Pada ArcGis

Cara Menggabungkan Tabel Pada ArcGis
3/21/2020


Cara Menggabungkan Tabel Pada ArcGis (Join-Related)

Cara Menggabungkan Tabel Pada ArcGis
Menggabungkan dua table sering dilakukan oleh dengan menggunakan ArcGIS ataupun software GIS lainnya. Sebagai contoh teman-teman memiliki data spasial dengan attribute hanya berupa kode pada Data 1. Sedangkan Pada Data 2 teman-teman memiliki penjelasan mengenai kode yang terdapat pada data 1 spasial tersebut. Informasi dari Data 2 dapat digabungkan ke Data l sehingga database pada Data l dapat dibaca sesuai dengan konteks relasi yang dibangun. Untuk menggabungkan informasi pada kedua table dapat dilakukan join atau relate, seperti yang diilustrasikan seperti pada gambar berikut.

Cara Menggabungkan Tabel Pada ArcGis

Gambar 1. Ilustrasi join dan relate

Teman-teman pasti seringkali merasa kesulitan untuk memahami kapan menggunakan join dan kapan menggunakan relate. Relate berbeda dengan join dalam beberapa hal. Pertama relate menggunakan relasi one-to-many atau many to-many sedangkan join menggunakan relasi one-to-one. Kedua, relate tidak menambahkan (append) tabel tambahan ke layer target.
  1. Dapatkan File Latihannya dulu DISINI, lalu buka pada arcmap file datanya.
  2. Pada TOC ubah mode tampil ke list by source sehingga terlihat juga dua table, yaitu kel_kdde.txt dan kec_penduduk.txt
  3. Sehingga terdapat tiga buah tabel yaitu administrasi2, kelkode.txt dan kec_penduduk.txt
Cara Menggabungkan Tabel Pada ArcGis

Gambar 2. Data yang digunakan untuk simulasi join dan relate

Cara melalukan join pada attribut tabel Arcgis

Join tabel adalah menggabungkan dua table yang terpisah berdasarkan satu Field kunci (Ingat ya Pakai FIELD Kunci). Join digunakan untuk menggabungkan dua table dengan relasi one-to-one, yaitu satu baris (entri) di table l memiliki relasi dengan satu baris ditabel 2.

Untuk kasus seperti pada Gambar 1. maka join diterapkan untuk menggabungkan data administrasi2 dengan kel_kode.txt menggunakan langkah 
langkah berikut:
  1. Pada jendela table, Klik pada table option (menu)
  2. Pilih Join and Relates
  3. Pilih Join
  4. Piiih Joint attributes from a table
  5. Tentukan Field Kunci pada layer administrasi2, yaitu KEL_ID
  6. Pilih tabel kedua yang akan digabungkan ke administrasi2, yaitu kel_kode.txt
  7. Pilih Field kunci pada kel_kode.txt, yaitu KEL ID
  8. Klik OK untuk menjalankan join
  9. Pada table administrasi2 akan tampil Fields baru yang berasal dari table kelkode.txt (Artinya join menambahkan field pada layer targetnya)
Cara Menggabungkan Tabel Pada ArcGis

Gambar 3. Melakukan join dua tabel dengan ArcMap

Cara melalukan relate pada attribut tabel Arcgis

Relate table adalah menggabungkan dua table yang terpisah secara sementara (tidak permanen). Relate tidak menambahkan field dari tabel kedua kepada tabel pertama. Namun dalam operasi yang berhubungan dengan tabel atribut, relate dapat menampilkan atribut dari tabel kedua. Untuk membuat relate tabel, dapat dilakukan seperti pada langkah berikut.
  1. Masih dengan file data dan project yang sama seperti contoh join diatas.
  2. Klik pada table options
  3. Pilih Joins and Relates > Relate

    Cara Menggabungkan Tabel Pada ArcGis
    Gambar 4. Melakukan relate pada ArcMap

  4. Pilih field kunci pada layer administrasi2 (tabel l), yaitu field KEC ID
  5. Pilih tabel yang dijadikan sumber (tabel 2), yaitu kec_penduduk.txt
  6. Pilih field kunci pada tabel 2 yang berkorelasi dengan field kunci pada tabel l, yaitu field KEC
  7. Beri nama relasi yang dilakukan, contohnya 'Penduduk'
  8. Klik OK
Cara Menggabungkan Tabel Pada ArcGis
Gambar 5. Melakukan relate pada ArcMap

Relate berguna untuk beberapa operasi yang berkaitan dengan atribut. Sebagai contoh pada operasi identify, saat melakukan Klik pada fitur tertentu, maka atribut yang berhubungan dengan fitur tersebut pada tabel kedua akan tampil pada jendela identify.

Cara Menggabungkan Tabel Pada ArcGis
Gambar 6. Atribut yang telah di-relate akan tampil pada jendela Identify

Cara Membuat field hasil join menjadi permanen

Join yang dilakukan pada shapefile seperti contoh diatas dapat menambahkan field dari table sumber ke table target. Namun join pada shapefile tersebut hanya disimpan pada map (project), bukan pada data spasial. Maka dari itu untuk menyimpan atribut join secara permanen, teman-teman dapat melakukan salah satu langkah berikut:

Buat Field baru pada tabel administrasi2 sesuai dengan field yang akan dipindah dari kelkode.txt ke administrasi2. Selanjutnya salin keseluruhan atribut dari field hasil join ke field yang baru dibuat. Ekspor shapefile ke shapefile baru, maka secara otomatis field dari layer kelkode.txt akan menjadi bagian dari layer administrasi2 yang baru secara permanen.


Baca Juga:
1. Format Ekspresi Field Calculator pada ArcGIS
2. Cara Membuat Grid LU/LS atau BT pada ArcGIS

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Menggabungkan Tabel Pada ArcGis (Join dan Relate). Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774