BLANTERVIO103

Data SHP Peta Lokasi Stasiun-UPT BMKG Indonesia

Data SHP Peta Lokasi Stasiun-UPT BMKG Indonesia
4/24/2020

Data Shapefile Titik Lokasi Stasiun Cuaca BMKG Seluruh Indonesia

Data SHP Peta Lokasi Stasiun-UPT BMKG Indonesia
Kembali berjumpa lagi dengan mimin Lapak GIS yaitu website portal penyedia data spasial paling lengkap di indonesia (survei mimin sendiri he he he...). Baiklah tidak peduli juga siapa yang paling lengkap setidaknya apa yang orang lain inginkan kita siap untuk sediakan. Pada artikel yang lalu kita sangat banyak membahasa tema tutorial mungkin kita selingi sedikit sengan data Shapefile ya. Data shapefile yang akan mimin share pada kesempatan ini adalah titik atau point lokasi stasiun-UPT BMGK atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dalam format data SHP.

Sedikit mengulas tentang apa itu BMGK yaitu Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika dilansir dari Wikipedia. Tugasnya tentu sudah jelas bagi orang awam seperti mimin yang tahu cuma memantau cuaca harian, fungsi lainnya masih banyak sebenarnya secara garis besar pengkajian, penyusunan kebijakan, koordinasi kegiatan fungsional, memfasilitasi, dan pembinaan yang berkaita dengan meteorologi, klimatologi, kualitas udara, dan geofisika.

Tidak banyak yang mimin jelas tentang lembaga ini karena kita akan fokus ke data Shapefile Peta Lokasi Stasiun-UPT BMKG nya. Pada data ini nanti akan memberikan informasi Profil lokasi stasiun berupa :
  1. Nomor (ID) stasiun
  2. Nama stasiun
  3. Jenis Stasiun
  4. Region / Balai Besar (Balai Besar Wilayah I-V)
  5. Provinsi - Kabupaten lokasi
  6. Koordinat stasiun BMKG (lintang-bujur)
  7. Ketinggian / elevasi stasiun (DPL)

Data Shapefile (SHP) Jaringan Pengamatan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG)

Data SHP Peta Lokasi Stasiun-UPT BMKG Indonesia

Data SHP Peta Lokasi Stasiun-UPT BMKG Indonesia


UPDATE
Sudah tersedia di Lapak GIS data shapefile terkait dengan Jaringan Pengamatan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG). Berikut daftar datanya:
  1. AWS (Automatic Weather Station)
  2. ARG (Automatic Rain Gauge)
  3. AAWS (Automatic Agroclimate and Weather Station)
  4. Jaringan Pengamatan MKG
  5. Jaringan Radar
  6. Jaringan Digitalisasi
  7. ASRS dan ARWS
AWS (Automatic Weather Station) adalah serangkaian sensor-sensor meteorologi yang disusun secara terpadu dan secara otomatis mencatat data–data meteorologi  (suhu, tekanan, kelembaban, penyinaran matahari, curah hujan, arah dan kecepatan angina, radiasi surya dan sebagainya) yang dimaksudkan untuk mengetahui kondisi udara dan untuk menilai kesesuaian kondisi lingkungan hidup sekitar untuk berbagai tujuan praktis.

ARC (Automatic Rain Gauge) adalah peralatan yang digunakan untuk menghitung jumlah curah hujan dalam satuan waktu tertentu secara otomatis dengan bantuan baterai sebagai sumber tenaganya.

AAWS (Automatic Agroclimate and Weather Station) atau Pos Pemantau Otomatis Agroklimat dan Cuaca adalah alat yang dipasang BMKG untuk mengamati unsur-unsur cuaca dan iklim secara otomatis untuk pemanfaatannya diarahkan ke sektor pertanian.


Jaringan Pengamatan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG)
Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui halaman Contact/Whatsapp. Informasi untuk teman-teman bahwa data ini mimin kategorikan premium karena jika data itu dipublish untuk umum oleh sumbernya maka dikategorikan gratis/free, tapi jika hanya sebatas ditampilkan berupa map online,webgis atau bukan dalam bentuk spasial maka kita akan kategorikan premium.

Baca Juga:
1. Kumpulan data peta tematik format shapefile
2. Shapefile Titik Ketinggian (Spot Height) Seluruh Indonesia Gratis

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Shapefile Titik Lokasi Stasiun BMKG Seluruh Indonesia. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774