BLANTERVIO103

Menghapus Sekaligus Beberapa Karakter di Attribut Tabel pada Arcgis

Menghapus Sekaligus Beberapa Karakter di Attribut Tabel pada Arcgis
4/22/2020


Cara menghapus/mengambil karakter awal-tengah-akhir dengan Field Calculator

Menghapus Sekaligus Beberapa Karakter di Attribut Tabel pada Arcgis
Jika teman-teman terkendala ketika ingin menghapus atau ingin mengambil beberapa huruf/angka saja pada attribute tabel tapi tidak ingin menghabiskan waktu yang terlalu banyak untuk masalah ini saja, maka sangat tepat jika menemukan artikel ini. Bayangkan jika harus di edit satu persatu (perbaris) bisa rontok itu jari.

Terkadang cara atau tips seperti ini sangat diperlukan untuk dipelajari, memang terdengar sangat sederhana tapi manfaatnya sangat luar biasa ketika kita harus memerlukan beberapa karakter saja didalam attribute tabel dengan jumlah data yang begitu banyak. Baiklah untuk tidak memperpanjang pembukaan ini, berikut langkah-langkah menghapus maupun mengambil karakter baik itu huruf maupun angka yang posisinya berada di awal, tengah dan akhir kalimat.

1. Buka attribut tabel
2. Klik pada judul Field, lalu pilih Field Calculator...
3. Pada Jenis Parser ganti mode VB Script menjadi mode Python
4. Pada type ganti ke mode String
5. Pada fields klik 2x nama field yang ingin kita ambil/hapus karakternya.
6. Klik 2 kali juga pada Fuction dengan kode [:]

Keterangan:
Jika ingin menghapus karakter di awal, maka isikan jumlah karakter sebelum tanda titik dua. Contoh [5:], maka yang akan dihapus adalah lima karakter awal dari field yang sudah kita pilih.

Jika ingin menghapus karakter di akhir, maka isikan jumlah karakter setelah tanda titik dua dengan menambahkan kode minus (-). Contoh [:-6], maka yang akan dihapus adalah enam karakter dari akhir teks pada field yang sudah kita pilih.

Sedangkan Jika ingin menghapus karakter di awal dan akhir artinya kita ingin mengambil kalimat yang posisinya berada ditengah-tengah, maka isikan jumlah karakter sebelum dan setelah tanda titik dua dengan menambahkan kode minus (-) pada angka setelah titik dua. Contoh [5:-6], maka otomatis menghilangkan karakter awal dan akhir secara bersamaan.

7. Silahkan dihitung berapa buah karakter yang nantinya akan di hilangkan ya.
8. Lalu klik OK. Hasilnya akan langsung kelihatan.
Menghapus Sekaligus Beberapa Karakter di Attribut Tabel pada Arcgis

Sangat disaran untuk membuat field baru sebagai backup jika ingin memakai cara ini. Sangat simpel sekali dan bermanfaat untuk menghemat waktu karena scriptnya pun tidak terlalu susah. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa melihat video tutorial dibawah ini.

VIDEO TUTORIAL

Baca Juga:
1. Format Ekspresi Field Calculator pada ArcGIS
2. Jenis Field pada Atribut Tabel ArcGIS

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang menghapus/mengambil karakter di attribute tabel sekaligus pada Arcgis. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774