BLANTERVIO103

Shapefile Titik Ketinggian (Spot Height) Seluruh Indonesia

Shapefile Titik Ketinggian (Spot Height) Seluruh Indonesia
9/21/2019


Data Shapefile Titik Ketinggian (Spot Height) Seluruh Indonesia Skala 1:50.000 s/d 1:250.000 - Gratis

Shapefile Titik Ketinggian (Spot Height) Seluruh Indonesia
Seperti janji Lapak GIS beberapa hari yang lalu pada kesempatan kali ini kita akan berbagi SHP gratis yaitu  SHP Titik Ketinggian (Spot Height). Sedikit informasi kepada teman-teman pada artikel sebelumnya kita sudah membahas terkait dengan Shapefile Peta Kesesuaian Lahan untuk Pertanian di Indonesia, dimana data tersebut digunakan untuk mencari tahu daerah mana saja yang cocok untuk ditanami komoditas yang potensial.

Baiklah, masuk kita ke inti utama artikel ini yaitu apa itu Spot Height? kalau di artikan tentu kita sudah tahu kegunaan data ini...yups benar! data ini merupakan data titik ketinggian dari suatu permukaan bumi.

Didalam data SHP Titik Ketinggian (Spot Height) ini terdapat informasi spasial berupa angka elevasi yang bisa kita analisis lebih lanjut. Kasarnya ini merupakan data mentah untuk kita dalam membuat peta Topografi atau DEM serta bisa juga nanti digunakan untuk kemiringan lereng.

Banyak cara untuk bisa membuat data topografi atau kemiringan diantaranya bisa menggunakan data spot height ini selain menggunakan data DEM nasional/SRTM. Data ini bersumber dari BIG dengan skala 1:50.000 s/d 1:250.000, untuk lebih lengkapnya terkait sumber data yang berasal dari BIG/Bakorsutanal, KLIK DISINI.

SHP titik ketinggian ini tersedia untuk seluruh wilayah indonesia. Jumlah spot height yang terdapat pada skala 1:50.000 sebanyak 3.832.212 titik, sedangkan pada skala 1:250.000 sebanyak 79.865. Hasil analisis yang dihasilkan nantinya pasti akan berbeda juga dari perbedaan jumlah titik tersebut. Semakin banyak titiknya semakin akurat hasil analisis yang akan didapatkan nantinya.

PREVIEW DATA



Shapefile Titik Ketinggian (Spot Height) Seluruh Indonesia

Shapefile Titik Ketinggian (Spot Height) Seluruh Indonesia

Shapefile Spot Height Seluruh Indonesia
Via Google Drive [Hasil Extract 1,89 GB]

Video Petunjuk Menuju Link File Lapak GIS


NOTE (WAJIB DIBACA):
Pada data ini TIDAK ada password untuk mengextrack SHP dari zipnya seperti yang biasa mimin lakukan, karena lagi baik hati...hehehehe. Mungkin dari teman-teman mengira mimin ingin mempersulit untuk mendapatkan data di website ini, tapi coba kita berpikir dari sudut pandang yang lebih luas.

Lapak GIS sengaja memberikan password pada beberapa data yang mimin share, kenapa? hanya satu kata "pencurian kontent", di zaman sekarang sangat banyak hal itu terjadi. Semua artikel yang ada di web ini mimin ketik manual sehingga untuk menjaga setiap halnya maka salah satu caranya memberikan password karena itu hal yang paling krusial. Meskipun sedikit kuno tapi karenanya kita bisa berkomunikasi lebih jauhkan....?

Jangan lupa terus dukung website ini ya... kedepanya pasti akan banyak data SHP langka yang akan mimin share. Kenapa harus di share? supaya semakin banyak orang yang tahu akan keberadaan webiste ini dan bagi admin meluangkan waktu untuk share artikel juga tidak memerlukan waktu yang banyak dibanding harus membuat sebuah artikel, menyiapkan data dan segala macamnya...hehehe.

Baca Juga:
1. Jenis Field pada Atribut Tabel ArcGIS
2. Variasi Pelabelan Shapefile di ArcGis

Itulah sharing kita kali ini tentang Data Shapefile Titik Ketinggian (Spot Height) Seluruh Indonesia - GRATIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774