BLANTERVIO103

Shapefile Sebaran Bidang Tanah Terbaru

Shapefile Sebaran Bidang Tanah Terbaru
6/19/2020


Data SHP Peta Bidang Tanah Seluruh Indonesia

Shapefile Sebaran Bidang Tanah Terbaru
Shapefile Sebaran Bidang Tanah adalah data format spasial (vektor) berisi bagian dari permukaan bumi yang merupakan satuan bidang (tanah) yang berbatas atau  hasil pemetaan satu bidang tanah atau lebih pada skala tertentu yang batas-batasnya telah ditetapkan oleh pejabat yang berwenang dan digunakan untuk pengumuman data fisik. Tanah merupakan kebutuhan yang sangat strategis saat sekarang dan dimasa yang akan datang.

Tentu kita semua tahu bahwa semakin banyak penduduk maka akan semakin beragam penggunaan dan pemanfaatan tanahnya, karena tanah mempunyai jumlah yang tetap, maka pengendalian penggunaan dan pemanfaatan tanahnya pun perlu dilakukan.

Timbul pertanyaan, untuk apa sih kegunaan data Shapefile Bidang tanah ini? dengan adanya data SHP ini maka kita bisa tahu berapa luas tanah pada suatu area of insterest (AOI) dan bagaimana persebaran penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatannya.

Shapefile Persil Tanah

Persil tanah adalah sebidang tanah dengan ukuran tertentu (untuk perkebunan atau perumahan) atau suatu letak tanah dalam pembagiannya atau disebut juga (Blok). Sedangkan Pemilik Persil adalah orang atau Badan Hukum pemegang hak milik atas sebidang tanah yang dibuktikan dengan Akte. Tanah/Surat Ukur.

Shapefile Penguasaan, Pemilikan dan pemanfaatan Bidang Tanah

Shapefile Bidang Tanah merupakan perwujudan tertib pertanahan yang meliputi penguasaan, penggunaan dan pemanfaatan tanah termasuk didalamnya pemeliharaan tanah serta pengendaliannya  bagi berbagai kebutuhan kegiatan pembangunan yang sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah nantinya.

Pengendalian persebaran bidang tanah dalam perencanaan tata ruang wilayah dapat terlaksana jika informasi lengkap tentang keadaan persediaan tanah dan peruntukan tanah dalam penggunaan dan pemanfaatannya tersedia dengan baik. Untuk memenuhi tertib penggunaan tanah, harus terselenggara proses penggunaan tanah secara berencana sehingga setiap bidang tanah dapat memberikan manfaat yang optimal dan lestari serta diusahakan secara efisien dan seimbang dengan tetap menghormati hak-hak masyarakat.

Metadata Shapefile Bidang Tanah

Data shapefile peta sebaran bidang tanah beserta Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah ini bersumber dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dengan data tahun yang terus diperharui.

Untuk Informasi attribut yang terdapat pada data SHP adalah sebagi berikut:
  1. Tipe atau Bertuk Hak; Hak Milik, Hak Guna Usaha (HGU), Hak Guna Bangunan (HGB), Hak Pakai, Hak Pengelolaan, Hak Wakaf, Tanah Adat, Belum terdaftar
  2. Bentuk Pemanfaatannya;
  3. Nilai Tanahnya;
  4. Luas tanah dan;
  5. Nomor Induk Bidang.

Shapefile Sebaran Bidang Tanah Terbaru

Shapefile Sebaran Bidang Tanah Terbaru

Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Informasi untuk teman-teman bahwa data ini mimin kategorikan premium karena jika data itu dipublish untuk umum oleh sumbernya maka dikategorikan gratis/free, tapi jika hanya sebatas ditampilkan berupa map online,webgis atau bukan dalam bentuk spasial maka kita akan kategorikan premium.

Baca Juga:
1. Shapefile Desa Indonesia Terbaru 2020
2. Peta Cetak Digital berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Shapefile Sebaran Bidang Tanah Seluruh Indonesia. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774