BLANTERVIO103

Konversi Fitur Polygon ke Point (Titik Tengah) pada ArcGIS

Konversi Fitur Polygon ke Point (Titik Tengah) pada ArcGIS
9/27/2020


Cara Konversi Fitur Polygon ke Point (Titik Tengah) pada ArcGIS

Konversi Fitur Polygon ke Point (Titik Tengah) pada ArcGIS
Merubah atau konversi Fitur Polygon ke Point yang posisinya berada ditengah polygon dapat dilakukan dengan sangat cepat dan mudah. Untuk beberapa kasus fungsi ini sangat sangat diperlukan sebagai contoh kita ingin mengetahui representasi titik koordinat suatu bangunan atau bidang tanah hanya dengan diwakili oleh satu titik saja. Pada jumlah data (polygon) yang banyak tentu hal ini sangat merepotkan jika kita harus plotting satu per satu titik tengah polygonnya.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengubah fitur poligon menjadi fitur titik dengan posisi centroid (tengah):
  1. Di ArcMap, klik tombol Search , dan cari alat Add Geometry Attributes atau bisa juga dengan menelusuri di ArcToolbox → Data management tool → Feature → Add Geometry Attributes
  2. Untuk Fitur Input, pilih polygon yang akan kita konversi ke titik
  3. Untuk opsi geometri propestiesnya silahkan pilih sesusi kebutuhan. Jika ingin titik tengah makan centang CENTROID_INSIDE, namun jika ingin wilayah terluar polygon pilih EXTENT. Lalu OK.
  4. Hasilnya Informasi tentang fitur titik keluaran berdasarkan properti geometri yang sudah dipilih  akan ditambahkan dalam tabel atribut polygonnya.
  5. Selanjutnya cari toolbox Make XY Event Layer pada arctoolbox, letaknya ArcToolbox → Data management tool → Layer and Table View → Make XY Event Layer.
  6. Untuk Tabel XY , pilih layer poligon
  7. Untuk Bidang X dan Bidang Y , pilih bidang X dan Y dari keluaran Properti Geometri yang sudah  ditentukan dilangkah sebelumnya. Dalam tutorial ini adalah Inside_X dan Inside_Y
  8. Klik OK

Konversi Fitur Polygon ke Point (Titik Tengah) pada ArcGIS
Note:
Jika fitur titik tidak muncul pada tampilan peta, nonaktifkan geoprocessing latar belakang dengan menavigasi ke Geoprocessing → Geoprocessing Options . Di bagian Background Processing , hapus centang pada opsi Enable dan klik OK.

VIDEO TUTORIAL


Baca Juga:
1. Mengekstrak nilai raster menggunakan data point pada ArcGIS
2. Tutorial Membuat Batas DAS dan Daerah Tangkapan

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Konversi Fitur Polygon ke Point (Titik Tengah) pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774