BLANTERVIO103

Membuat Peta Pola Arah Aliran Permukaan dengan Data DEM

Membuat Peta Pola Arah Aliran Permukaan dengan Data DEM
11/07/2020


Cara Membuat Peta Arah Aliran dengan mengunakan data DEM pada ArcGIS

Membuat Peta Pola Arah Aliran Permukaan dengan Data DEM
Membuat peta pola arah aliran berdasarkan data Digital elevation model (DEM) dapat dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan model aliran delapan arah (D8). Pada tutorial ini mimin menggunakan Data DEM ASTER resolusi 30 m, jadi silahkan sesuaikan untuk teman-teman yang ingin mencoba ya. Satu hal yang selalu mimin tekankan setiap kali memahami tutorial yaitu pelajari prinsipnya bukan langkah2nya, dengan memahami prinsip maka ketika bertemu dengan kendala kita bisa dengan mudah memecahkannya.

Baiklah kembai ke pembahasan utama, secara umum tahap untuk mengetahui arah aliran dari setiap sel pada data DEM tidaklah terlalu sulit, karena kita sudah punya panduan dan metode yang sudah ditetapkan. Berikut tahapan pembuatan arah aliran permukaan dengan menggunakan ArcGIS.

Hal pertama yg dilakukan adalah sediakan data  DEM  yg sudah memiliki sistem planar UTM (utk memudahkan resample data nantinya)

  1. Jalankan tools Fill pada arctoolbox untuk menghilangkan Sink pada data DEM.
  2. Selanjutnya, jalankan tools Flow direction untuk menentukan arah aliran dari setiap sel dalam raster (DEM). Hasilnya, Ada delapan arah keluaran valid yang berkaitan dengan delapan sel yang berdekatan yang dapat dilalui aliran.
  3. Selanjutnya kita lakukan resample data. lakukan resample dengan jarak antar sel yang mewakili (representatif) dengan arah aliran,
  4. Jalankan tools raster to point, sehingga menghasilkan data point dengan nilai arah aliran.
  5. Selanjutnya kita membuat field baru pada attribute tabel data point tsb, yaitu field yang menunjukkan arah aliran. Untuk menentukan arah aliran dari setiap titik bisa berpedoman pada gambar dibawah ini. 

Cara Membuat Peta Arah Aliran menggunakan ArcGIS

Pengkodean arah aliran. Sumber referensi

Untuk memudahkan teman-teman memahami langkah-langkah diatas, maka mimin sudah siapkan tutorialnya berupa video singkat. Silahkan ditonton dan dipahami dengan baik dalam tempo yang selama-lamanya ya...hehehe.

VIDEO TUTORIAL


Baca Juga:
1. Tutorial Membuat Batas DAS dan Daerah Tangkapan
2. Mengekstrak nilai raster menggunakan data point pada ArcGIS

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Membuat Peta Arah Aliran menggunakan ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774