BLANTERVIO103

Shapefile Peta Curah Hujan Rata-rata Indonesia Terbaru

Shapefile Peta Curah Hujan Rata-rata Indonesia Terbaru
11/11/2020


Data Shapefile (SHP) Curah Hujan Tahunan, Bulanan, Harian Rata-rata Terbaru

Shapefile Peta Curah Hujan Rata-rata Indonesia Terbaru
Shapefile Peta Curah Hujan yang akan Lapak GIS jelaskan diartikel ini nantinya adalah SHP Curah Hujan Tahunan, Bulanan, Harian Rata-rata Terbaru. Sebelumnya kita masuk kedata Shapefilenya, mungkin kita harus mengenal beberapa istilah terkait dengan curah hujan itu sendiri.

Curah hujan atau Intensitas curah hujan (presipitasi) adalah jumlah air hujan yang turun didaerah tertentu dalam satuan waktu tertentu. Artinya curah hujan merupakan volume air yang terkumpul di suatu permukaan bidang datar dalam suatu periode tertentu yaitu harian, bulanan, atau tahunan dengan satuan tinggi milimeter (mm) di atas permukaan horizontal. Berdasarkan pengertian tersebut maka kita dapat menjabarkan lebih lanjut terkait dengan periode curah hujan masing-masingnya.

Curah hujan harian, yaitu Jumlah curah hujan dalam 1 hari. Pembagian kelas-kelas curah hujan harian diatur sebagai berikut:
  1. Intensitas Hujan 0 – 13.6 mm, maka dikategorikan Sangat rendah
  2. Intensitas Hujan 13.6 – 20.7 mm, maka dikategorikan Rendah
  3. Intensitas Hujan 20.7 – 27.7 mm, maka dikategorikan Sedang
  4. Intensitas Hujan 27.7 – 34.8 mm, maka dikategorikan Tinggi
  5. Intensitas Hujan 34.8 ke atas mm, maka dikategorikan Sangat Tinggi
Curah hujan bulanan, yaitu jumlah curah hujan dalam satu bulan. Untuk pembagian kelas mimin mengacu kepada peta curah hujan bulanan yang dikeluarkan oleh BMKG, sebagai berikut
  1. Intensitas Hujan 0 - 100 mm, maka dikategorikan Rendah
  2. Intensitas Hujan 100 – 300 mm, maka dikategorikan Sedang / Menengah
  3. Intensitas Hujan 300 – 400 mm, maka dikategorikan Tinggi
  4. Intensitas Hujan 500 ke atas, maka dikategorikan Sangat Tinggi
Curah hujan Tahunan, yaitu jumlah curah hujan dalam satu tahun atau jika terdiri dari beberapa tahun misalnya 10 tahun terakhir maka jumlah curah hujan dalam 10 tahun dibagi dengan jumlah tahun. Untuk klasifikasi sendiri mimin masih mengacu kepada data yang dikeluarkan oleh BMKG seperti curah hujan bulanan namun dengan inteval yang sedikit berbeda. Dalam curah hujan tahunan ini tidak ada pengkategorian apakah dia masuk ke kategori rendah, tinggi, sedang dan sebagainya. Hanya menampilan angka intensitas curah hujan saja perinterval tertentu misalnya per 500 mm, sehingga akan menjadi seperti:
  1. 500 - 1000 mm
  2. 1000 - 1500 mm
  3. 1500 - 2000 mm
  4. dst.
Itulah pembagian kelas curah hujan berdasarkan periode waktunya. Dalam hal penggunaan, tentu saja memiliki perbedaan contohnya ketika kita membuat peta kesesuaian lahan untuk lahan pertanian berbagai komoditas unggulan, maka data yang dibutuhkan adalah curah hujan tahunan rata-rata, berbeda ketika kita ingin membuat peta dalam penentuan hutan lindung maka curah hujan yang dipakai adalah curah hujan harian. Maka disimpulan masing-masing periode kelas curah hujan memiliki fungsinya tersendiri tergantung dari tujuan dan metode yang akan digunakan dalam analisis peta.

Baiklah, sepertinya sudah cukup untuk pengenalan curah hujan itu sendiri. Sekarang kita masuk ke ulasan Shapefile (SHP) Peta Curah Hujan yang ada pada Lapak GIS. Sumber data berasal dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan beberapa sumber lain seperti satellit cuaca dengan data terupdate (terbaru). Untuk sumber selain BMKG kita akan lakukan analisis sesuai dengan peruntukkannya. Berikut contoh preview data SHP curah hujan yang ada pada Lapak GIS.

Shapefile Peta Curah Hujan Rata-rata Indonesia Terbaru

Shapefile Peta Curah Hujan Rata-rata Indonesia Terbaru

Shapefile Peta Curah Hujan Rata-rata Indonesia Terbaru

Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas atau jasa analisis curah hujan terbaru dengan periode harian-bulanan-tahunan, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Peta Cetak Digital Indonesia Berbagai Tema

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Shapefile Curah Hujan Indonesia Terbaru. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774