BLANTERVIO103

Tips Cara Menghilangkan Credit Basemap pada ArcGIS

Tips Cara Menghilangkan Credit Basemap pada ArcGIS
3/19/2022

Cara Menghilangkan Credit Peta Dasar (Basemap) ESRI pada ArcGIS - ArcMap

Tips Cara Menghilangkan Credit Basemap pada ArcGIS

Bagaimana cara memindahkan credits peta dasar Esri? Bagaimana cara memodifikasi service layer credits pada basemap Esri? Pertanyaan tersebut mungkin pernah terlintas pada pikiran kita pada saat melakukan layout peta, dimana sebagai basemapnya kita memakai layanan dari Esri Imagery. Seperti yang kita ketahui bersama ketika kita menggunakan basemap default Esri maka akan muncul credits dibagian kanan bawah layout kita. Penempatan default seringkali kurang optimal dan modifikasi akan mengurangi sebagian besar masalah.

Namun pada suatu kasus mungkin kita ingin menghilangkan credits dengan alasan menutupi peta sehingga informasi dari peta yang dibuat tidak tersampaikan dengan baik. Maka dari itu kita perlu memodifikasi tulisan credits tersebut baik itu mengedit, memindahkan, mengubah ukuran, menghapus.

Sebenarnya banyak caranya untuk memodifikasi credits basemap pada ArcGIS, seperti tutorial yang sudah mimin buat sebelumnya Menambahkan Custom Web Tile (Basemap) pada ArcMap, namun setelah mimin telaah lebih jauh ternyata resolusi dari basemap Tile Layer Web tidak setinggi yang bawaan default. Untuk lebih jelas perbedaan antara basemap yang dari Default vs Tile Layer Web bisa teman-teman lihat pada video dibawah ya.

Alasan paling kuat ingin sharing tentang topik ini adalah ketika kita membuat inset peta atau zoom frame layout peta dengan basemap default arcgis maka tulisan credit Basemap hampir menutupi semua bagian framenya dan hal ini perlu untuk diperbaiki. Berikut cara singkat atau tips cara memodifikasi Service Layer Credits pada ArcGIS.

  1. Masuk ke mode atau view layout
  2. Lalu menuju menu Insert ➜ Dynamic Text ➜ Service Layer Credits
  3. Kemudian kita dapat memindahkan kredit ke mana pun yang diinginkan namun kita tidak dapat menghapusnya. Jika melakukannya, creditnya akan kembali. Jadi, teman-teman hanya perlu memindahkannya dari panel pratinjau. Solusi lainnya bisa dengan mengubah warna teks menjafi "no fill".
Tips Cara Menghilangkan Credit Basemap pada ArcGIS

VIDEO TUTORIAL 

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Cara Menghilangkan Credit Basemap pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774