BLANTERVIO103

Menyesuaikan Lokasi Referensi Data AutoCAD pada ArcGIS

Menyesuaikan Lokasi Referensi Data AutoCAD pada ArcGIS
2/27/2022

Menyesuaikan Lokasi Koordinat Data AutoCAD (Format DWG) pada ArcGIS - Spatial Adjustment

Menyesuaikan Lokasi Referensi Data AutoCAD pada ArcGIS

Menyesuaikan Referensi Data AutoCAD ke Shapefile SHP - Tutorial ini merupakan penyempurnaan atau alternatif dari Cara Konversi Format CAD ke SHP dan dioverlay dengan Basemap yang sudah mimin bahas sebelumnya. Namun ini lebih di persingkat dan simpel.

Nah, metode yang kita pakai pada tutorial ini agar file DWG AutoCAD kita mempunyai referensi lokasi (istilahnya punya kedudukan di muka bumi) sehingga bisa kita overlay dengan peta google atau basemap lainnya adalah Metode Spatial Adjustment. Dari istilah katanya saja sudah jelas ya teman-teman, kalau metode ini merupakan cara untuk menyesuaikan data spasial kita. Bisa mimin tekankan, cara ini mirip seperti Geo-referensi. Tentu cara ini bisa kita berlakukan untuk file format AutoCAD dengan beberapa tips tentunya.

Baiklah, tanpa basa-basi mimin langsung saja masuk ke langkah-langkah tutorialnya. Jika kurang mengerti dengan tulisan yang mimin buat, teman-teman bisa tonton video tutorial yang sudah mimin buatkan di Channel Lapak GIS. Jangan di Subscribe, Like dan Komen ya.

  1. Siapkan data AutoCAD yang akan di konversi lalu Save As ke format AutoCAD 2007. Kenapa 2007? karena dari pengalaman mimin untuk versi yang diatas itu, file AutoCAD nya tidak bisa tampil di ArcGIS.
  2. Setelah selesai di Konvert, kita buka ArcGIS/ArcMap. Lalu Add data DWG Autocad versi 2007 tadi. Ketika di tambahkan akan muncuk peringatan bahwa file ini tidak memiliki referensi, karena memang belum ada. Jadi OK kan saja.
  3. Setelah data Autocad terbuka, biasanya mimin hanya pakai data yang Polyline saja, jadi export saja yang polyline. Tapi ini sesuaikan dengan kebutuhan teman-teman ya, data cad mana saja yang ingin di sesuaikan georeferensinya.
  4. Sekarang kita buka toolbar Spatial Adjustment, cara nya klik kanan disembarang tempat kosong di sebelah bilah menu, lalu pilih Spatial Adjustment, sehingga akan muncul toolbar baru.
  5. Untuk memulai menggunakan metode ini, layer yang akan kita sesuaikan harus berada dalam mode sesi editing.
  6. Lalu jangan lupa untuk mengatur "Set Adjust Data..." dan pilih file yang akan di sesuaikan.
  7. Pada tahap ini kita sudah mulai melakukan penggantian titik referensi dengan menggunakan tool "New Displacement Link Tool". Caranya silahkan teman-teman tentukan Titik patok/titik referensi/tanda alam yang sekiranya bisa kita identifikasi lokasinya. Semakin banyak titik idetifikasi semakin bagus, minimal 4 titik. Akan lebih akurat lagi jika sudah punya Bench Mark (BM) atau bisa menggunakan peta drone biar lebih jelas. Untuk cara Displacement Link bisa lihat pada video atau gambar dibawah ya...
  8. Setelah semua titik dilakukan penyesuaian, pilih "Adjust" pada toolbar Spatial Adjustment, maka file tadi akan berupa posisi. Jangan lupa Save Editing sebelum keluar dari mode sesi editing ya.
  9. Sampai tahap ini ada satu langkah lagi yaitu memberikan sistem koordinat pada file Autocadnya dengan menggunakan toolbox "Define Projection".
  10. SELESAI.....
Menyesuaikan Lokasi Referensi Data AutoCAD pada ArcGIS

VIDEO TUTORIAL 

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Menyesuaikan Lokasi Referensi Data AutoCAD pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774