BLANTERVIO103

SHP Kelembapan Relatif (RH) Terbaru

SHP Kelembapan Relatif (RH) Terbaru
5/09/2022

Data Shapefile Kelembapan Relatif (RH)  Rata - rata Terbaru

SHP Kelembapan Relatif (RH) Terbaru

Kelembapan berasal dari lembab yang artinya mengandung air sehingga dapat diartikan sebagai sifat lembap atau keadaan (hawa) yang lembap. Data SHP Kelembapan ini merupakan data banyaknya uap air yang dikandung oleh udara.

Apa itu kelembapan? Kelembaban adalah tingkat kebasahan udara (jumlah air yang terkandung di udara) yang dinyatakan dengan persentase nisbi/relatif terhadap titik jenuhnya.

Lalu apa satuan Kelembapan? Satuan kelembaban yang umum digunakan adalah RH, yaitu Relative Humidity atau kelembaban relatif. RH adalah satuan pengukuran yang merepresentasikan jumlah titik-titik air di udara pada suhu tertentu yang dibandingkan dengan jumlah maksimum titik-titik air yang dapat dikandung di udara pada suhu tersebut. RH dinyatakan dalam nilai presentase (%).

Udara panas dapat menyimpan titik-titik air lebih banyak daripada udara dingin. Semakin tinggi nilai RH maka semakin tinggi terjadinya pengembunan. 100% RH berarti bahwa penambahan titik-titik air di udara akan langsung mengembun. 50% RH menunjukkan bahwa udara terisi setengah dari kapasitas maksimum air yang bisa ditampung di udara.

Para ahli kesehatan merekomendasikan tingkat kelembaban udara (atau yang disebut dengan Relative Humidity – RH) pada kisaran 45% - 65%, sebagai tingkat yang ideal. 

Udara berkualitas bukan sekedar bersih dan bersuhu nyaman. Tingkat kelembaban udara yang tepat juga penting bagi kenyamanan dan kesehatan kita. Tanpa terlihat secara kasat mata, uap air ada di sekitar kita. Banyaknya uap air mempengaruhi tingkat kelembaban di udara. Di negara-negara tropis seperti di Indonesia, tingkat kelembaban pada umumnya relatif tinggi, dengan suhu yang relatif konstan, tingkat kelembaban tidak banyak mengalami perubahan sepanjang tahun. Perubahan drastis biasanya terjadi pada saat memasuki musim hujan dan musim kemarau.

Berikut preview data SHP Kelembapan Relatif (RH) yang tersedia di Lapak GIS.

SHP Kelembapan Relatif (RH) Terbaru


Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

 

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Kelembapan Relatif (RH) Terbaru. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774