BLANTERVIO103

Tips Keyboard Shortcut untuk Digitasi Peta pada ArcGIS

Tips Keyboard Shortcut untuk Digitasi Peta pada ArcGIS
5/14/2022

Tips Keyboard Shortcut untuk Digitasi Peta pada ArcGIS

Shortcut adalah jalan pintas atau cara cepat untuk menjalakan suatu perintah pada suatu sistem program sehingga kita bisa melakukan pekerjaan secara cepat dan tepat tanpa membuang-buang waktu. Hal-hal ini juga berlaku dalam pekerjaan digitasi pada ArcGIS. 

Dalam melakukan digitasi sangat banyak waktu yang terbuang karena harus bolak balik menggerakkan mouse ke perintah yang akan dituju. Keyboard shorcut sudah menjadi hal yang biasa dalam suatu program apalagi bagi teman-teman yang biasa menggunakan AutoCAD. Namun hal tersebut bisa kita terapkan dalam ArcGIS dan mimin keyboard shorcutnya hanya fokus ke beberapa perintah pada kategori EDITOR. Karena kita paling banyak menggunakan perintah tersebut dalam digitasi, jika dari teman-teman ada masukan yang lain terkait keyboard shorcut dalam Digitasi, bisa share melalui video youtube dibawah ya.

  1. Edit Tool - dengan shortcut KOMA (,)
  2. Clip - dengan shortcut PETIK (')
  3. Marge - dengan shortcut TITIK (.)
  4. Reshape - dengan shortcut TITIK KOMA (;)
  5. Cut Polygon - dengan shortcut GARIS MIRING (/)
  6. Finish Skecth - dengan shortcut F2

Lokasi penempatan keyboard shorcut sudah di atur sesuai kenyamanan mimin (jika kurang nyaman dengan posisi yang mimin sarankan bisa diatur sendiri ya). Artinya tombolnya saling berdekatan dan mudah di ingat, sehingga bisa meghemat waktu dalam pekerjaan GIS. Lalu bagaimana cara membuat keyboard shorcut pada ArcGIS berikut kita bahas tahap-tahap nya.

  1. Klik menu Customize ➜ Customize Mode... ➜ Keyboard...
  2. Pada bagian "Show command containing" ketik nama tool yang ingin dibuat keyboard shorcutnya. Dalam hal ini seperti poin 1-6 diatas
  3. Silahkan isi Tombol keyboard shorcut pada bagian "Press new shorcut key"
  4. Lalu klik "Assign" untuk konfirmasinya
  5. Jika semua sudah dimasukkan Tombol keyboard shorcutnya silahkan close dan lakukan testing.
Tips Keyboard Shortcut untuk Digitasi Peta pada ArcGIS


VIDEO TUTORIAL

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Tips Keyboard Shortcut untuk Digitasi Peta pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.


Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774