BLANTERVIO103

Basic Legend Patch Styles untuk ArcGIS

Basic Legend Patch Styles untuk ArcGIS
12/06/2022

Download Patch Style Legenda pada ArcGIS

Basic Legend Patch Styles untuk ArcGIS

Legend Patch Styles untuk ArcGIS merupakan satu set tambalan legenda dasar untuk  digunakan dalam tata letak legenda. Bentuk tambalan legenda adalah bentuk geometris garis atau poligon yang digunakan untuk mewakili jenis fitur tertentu dalam legenda.

Kita dapat memilih untuk menggunakan salah satu dari berbagai bentuk tambalan legenda yang telah disediakan secara default pada ArcGIS - ArcMap. Namun jika teman-teman ingin membuat Patch Shape Custom untuk kebutuhan spesifik bisa ikuti tutorial yang pernah mimin ulas sebelumnya pada Membuat Simbol Legenda Sesuai Bentuk Layer ArcGIS.

Pada sharing ini mimin akan membagikan Patch Style Legenda (Custom) yang sudah mimin buat untuk kebutuhan dasar, dalam hal ini dikategorikan seperti berikut:

  1. Bangunan
  2. Pesisir
  3. Kontur (Topografi)
  4. Delta
  5. Irigasi
  6. Alur berliku-liku
  7. Natural
  8. Sungai
  9. Jalan

Patch Shape untuk kategori diatas sudah mimin buat atau siap pakai, jadi teman-teman tidak perlu membuatnya dari awal lagi. Yang perlu teman-teman pelajari adalah bagaimana cara memasukkan Patch Style Legenda tersebut kedalam ArcGIS - ArcMap sehingga bisa digunakan. Berikut cara membuat dan menambahkan Legend Patch Styles untuk ArcGIS.

  1. Silahkan diunduh dulu "Basic Legend Patch Styles for ArcGIS".
  2. Buka project baru dan pilih menu Customize pada tab menu
  3. Pilih Style Manager...
  4. Pilih  Style...
  5. Add Style to List, lalu OK
  6. Maka folder baru akan muncul dan pilih pada folder Area Patches (untuk tipe poligon) dan Line Patches (untuk tipe garis) untuk melihat hasilnya.
Basic Legend Patch Styles untuk ArcGIS

Ketika Patch Style Legenda tersebut sudah ditambahkan, baru bisa kita gunakan untuk pembuatan legenda sehingga lebih menarik secara visual. Bagi teman-teman yang bingung dengan tutorial diatas, mimin sudah siapkan juga videonya mulai dari awal sampai penggunaan ke legendanya.

VIDEO TUTORIAL

Download Legend Patch Styles

 

Baca Juga:
1. Daftar kumpulan data shapefile (SHP) berbagai tema.
2. Kumpulan Tutorial GIS dan Remote Sensing

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Legend Patch Styles untuk ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774