BLANTERVIO103

SHP Shapefile Peta RTRW Pola Ruang Provinsi Riau 2018

SHP Shapefile Peta RTRW Pola Ruang Provinsi Riau 2018
6/25/2019


DATA SHP SHAPEFILE PETA RENCANA TATA RUANG WILAYAH PROVINSI RIAU TAHUN 2018-2038 SUMBER KEMENTRIAN ATR/BPN

Sebelumnya Lapak GIS sudah berbagi artikel tentang Kumpulan Fungsi Tools ArcToolbox pada ArcGIS, maka pada kesempatan kali ini kami akan berbagi SHP Shapefile RTRW Provinsi Riau. Artikel yang pernah kami bahas terkait Rencana Tata Ruang Wilayah atau Pola Ruang adalah RTRW Kota Pekanbaru, bisa teman-teman lihat di DISINI, dan RTRW Kota Dumai, Bengkalis, dan Kampar.
SHP Shapefile Peta RTRW Pola Ruang Provinsi Riau 2018

Seperti yang sama-sama kita ketahui sejak 2001 Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Riau belum juga terselesaikan/memiliki Legalitas. Kenapa bisa demikian? Diduga akibat karena tidak sinkronnya kepentingan kabupaten/kota terhadap kepentingan provinsi maupun nasional, yang paling berpengaruh adalah adanya intervensi dari perusahaan dan kepentingan kelompok yang dekat dengan kekuasaan, ditambah dengan tidak intensifnya pembahasan terkait wacana ini.

Untuk lebih jelasnya kenapa sampai tahun 2018 RTRW Provinsi Riau juga belum disahkan, silahkan teman-teman cari artikelnya di google, sudah banyak yang membahas hal itu. Karena kali ini admin hanya akan membahas data SHP Shapefile RTRW Pola Ruang Provinsi Riau 2018.

SHP Shapefile Peta RTRW Pola Ruang Provinsi Riau 2018

Bulan Oktober 2018 lalu, Pemerintah Provinsi Riau mengeluarkan Perda No. 10 tahun 2018 tentang RTRW Prov. Riau untuk tahun 2018-2038.

Sedikit kita membahas Perda ini, tujuan penataan ruang wilayah Provinsi Riau yaitu Terwujudnya Ruang yang Produktif, Efisien, Nyaman dan Berkelanjutan sehingga menjadikan Provinsi sebagai Pusat Perekonomian beserta berkebudayaan melayu.

Wilayah perencanaan RTRW Provinsi terletak diantara 02°25’00” LU – 01°05’00” LS dan 100°00’00” - 105°05’00” BT meliputi 10 Kabupaten dan 2 Kota. Rencana struktur ruang wilayah yang digambarkan dalam peta dengan tingkat ketelitian 1:250.000.

Tanpa memperpanjang pembukaan diatas, berikut ini daftar kawasan yang ada pada data SHP Shapefile RTRW Pola Ruang Provinsi Riau 2018-2038 Sumber data Kementrian ATR/BPN.
  1. Hutan adat
  2. Hutan rakyat
  3. Infrastruktur
  4. Kawasan cagar alam
  5. Kawasan cagar budaya dan ilmu pengetahuan
  6. Kawasan hutan lindung
  7. Kawasan hutan lindung/pariwisata
  8. Kawasan hutan produksi terbatas
  9. Kawasan hutan produksi terbatas/hutan adat
  10. Kawasan hutan produksi terbatas/pariwisata
  11. Kawasan hutan produksi tetap
  12. Kawasan hutan produksi yang dapat dikonversi
  13. Kawasan hutan produksi yang dapat dikonversi/hutan adat
  14. Kawasan hutan produksi yang dapat dikonversi/pariwisata
  15. Kawasan industri
  16. Kawasan lindung bergambut
  17. Kawasan lindung resapan air
  18. Kawasan pantai berhutan bakau
  19. Kawasan pariwisata
  20. Kawasan pengelolaan limbah terpadu
  21. Kawasan permukiman
  22. Kawasan pusat latihan gajah
  23. Kawasan suaka margasatwa
  24. Kawasan taman hutan raya
  25. Kawasan taman nasional
  26. Kawasan taman wisata alam
  27. Kawasan tambang
  28. Kawasan teknopolitan
  29. Perairan
  30. Perkebunan besar
  31. Perkebunan rakyat
  32. Pertanian
  33. Ruang terbuka hijau.
Jika teman-teman ingin melihat preview dari data SHP Shapefile Peta RTRW Pola Ruang Provinsi Riau ini bisa lihat gambar dibawah.

SHP Shapefile Peta RTRW Pola Ruang Provinsi Riau 2018

SHP Shapefile Peta RTRW Pola Ruang Provinsi Riau 2018

Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp dengan KLIK DISINI. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Berikut halaman tertimoni atau kesaksian konsumen terhadap produk barang/jasa yang ada di website Lapak GIS.com, KLIK DISINI.

Lapak GIS juga menyediakan Jasa Pemetaan dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin. Seperti jasa pembuatan peta tematik untuk keperluan project/akademis, Analisis data spasial, serta juga menyediakan Citra Satelit Resolusi Tinggi (CSRT). Ingin melihat daftar Jasa apa saja yang ada di Lapak GIS, KLIK DISINI.

Sama seperti sebelumnya yang sudah admin jelaskan Lapak GIS hanya akan mengkategorikan data itu berbayar berdasarkan lisensinya. Jika data itu dipublish untuk umum oleh sumbernya maka dikategorikan gratis/free, tapi jika hanya sebatas ditampilkan berupa map online,webgis atau bukan dalam bentuk spasial/format shapefile maka kita akan kategorikan Premium/berbayar. Lapak GIS.com mempunyai daftar Peta lainnya Format SHP Shapefile, silahkan KLIK DISINI.

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Shapefile Peta RTRW Pola Ruang Provinsi Riau 2018. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774