BLANTERVIO103

Data Shapefile Vegetasi (Penggunaan Lahan Eksisting) Indonesia

Data Shapefile Vegetasi (Penggunaan Lahan Eksisting) Indonesia
9/07/2019

Data Shapefile Vegetasi (Penggunaan Lahan) Eksisting Indonesia Skala 1:25.000, 1:50.000 dan 1:250.000

Data Shapefile Vegetasi (Penggunaan Lahan Eksisting) Indonesia
Seperti biasa di akhir pekan Lapak GIS berbagi data SHP lagi untuk teman-teman semua para pemburu data. Masih sama data yang akan dishare ini merupakan data yang cukup banyak di cari bagi semua kalangan terlebih lagi untuk mahasiswa yang penelitian yaitu Data Shapefile Vegetasi (Penggunaan Lahan) Eksisting.

Shapefile Vegetasi ini berbeda dari data Tutupan lahan  yang dikeluarkan oleh KLHK yang lebih update karena data ini bersumber dari Badan Informasi Geospasial (Bakorsultanal). Satu lagi ingin mimin kasih tahu pada data ini hanya vegetasi yang artinya tubuh atau badan air tidak termasuk ke dalam data ini, jadi semoga teman-teman paham dan jika nanti ditemukan tidak ada nya feature pada Data SHP Vegetasi (Penggunaan Lahan Eksisting) pada kelas-kelas tertentu, maka memang begitulah adanya karena dari sumbernya seperti itu.

Sedikit membahas tentang apa itu penutup lahan? yaitu tutupan biofisik pada permukaan bumi yang dapat kita amati dan merupakan hasil perlakuan, pengaturan, dan aktivitas manusia yang dilakukan pada jenis lahan tertentu dengan tujuan melakukan kegiatan produksi, perubahan, ataupun perawatan pada areal tersebut (sumber: SNI 7645, 2010).

Meskipun data ini tidak se-update dan se-lengkap yang di keluarkan KLHK namun bisa kita gunakan sebagai perbandingan untuk pembuatan tutupan lahan yang terbaru seperti seberapa besar degradasi perubahannya. Mengingat data ini sangat krusial jadi mimin Lapak GIS supaya gunakanlah data ini dengan sebaik mungkin.

Perlu untuk diketahui mimin juga sudah pernah membuat artikel terkait dengan Spesifikasi Data yang dikeluarkan oleh BIG. Kita juga tidak mau kan data yang kita dapatkan asal-asalan  karena tidak tahu kapan tahun pembuatannya, update terbarunya, sumber data bakunya dari mana.

Jenis data SHP Vegetasi ini terdiri dari 10 Kategori/Kelas (2 kelas penutupan hutan dan 8 non hutan) yang akan mimin urutkan seperti daftar dibawah ini mulai dari skala 1:25.000, 1:50.000 dan 1:250.000 yang bersumber dari BIG, terkait spesifikasi lengkap data bisa lihat DISINI.
  1. Perkebunan
  2. Agrikultur Ladang
  3. Sawah
  4. Non Agrikultur Lahan Basah
  5. Non Agrikultur Rumput Rawa
  6. Non Agrikultur Hutan Lahan Basah
  7. Non Agrikultur Hutan Lahan Kering
  8. Non Agrikultur Lahan Kering
  9. Non Agrikultur Alang-alang Sabana dan Padang
  10. Non Agrikultur Semak Belukar

PREVIEW DATA

Data Shapefile Vegetasi (Penggunaan Lahan Eksisting) Indonesia


Shapefile Penggunaan Lahan Eksisting Indonesia
Via Google Drive [4,5 GB]

NOTE (WAJIB DIBACA):
Free... But Not Free! Bingungkan? Bagi teman-teman yang SUDAH PERNAH melakukan point dibawah ini sebelumnya dan ingin mendapatkan password data shapefile (SHP) di website ini, silahkan share artikel yang ingin diminta passwordnya (terserah mau dimana, kalau bisa di grup ya...). Namun jika BELUM, untuk mendapatkannya teman-teman cukup dengan memberikan melakukan point di bawah ini.

1. Bantu Like Fanspage dan Follow Instagram kami;
2. Bantu beri ulasan jasa kami di Google Bisnis;
3. Bantu dukung channel tutorial kami di Youtube.

Jika point diatas sudah dilakukan, silahkan kirim bukti screenshoot melalui Contact Form/Whatsapp. Kami akan berikan passwordnya gratis alias free.

Terlalu ribet ya untuk mendapatkan data shp di Lapak GIS? alasannya supaya semakin banyak orang yang tahu akan keberadaan webiste ini dan bagi admin meluangkan waktu untuk share artikel juga tidak memerlukan waktu yang banyak dibanding harus membuat sebuah artikel, menyiapkan data dan segala macamnya...hehehe. Jadi keep spirit ya, tidak ada yang didapat secara instan.

Baca Juga:
1. Shapefile Peta Tutupan Lahan KLHK 2017 Seluruh Indonesia
2. Kumpulan Data SHP Langka Gratis dan Premium

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Data Shapefile Vegetasi (Penggunaan Lahan) Eksisting Indonesia Skala Terlengkap. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.
Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774