BLANTERVIO103

Shapefile Batas Wilayah Darat Indonesia Lengkap

Shapefile Batas Wilayah Darat Indonesia Lengkap
9/14/2019


Data Shapefile (SHP) Batas Administrasi Kecamatan, Kabupaten, Provinsi dan Nasional Seluruh Indonesia - Polyline

Shapefile Batas Wilayah Darat Indonesia Lengkap
Masih disempatkan untuk berbagi data SHP lagi dengan teman-teman minggu ini setelah pada pekan lalu Lapak GIS telah berbagi Data Shapefile Vegetasi (Penggunaan Lahan Eksisting) Indonesia. Disela kesibukan yang padat di dunia nyata, mimin berusaha untuk selalu update minimal sekali dalam satu minggu, walaupun hal yang dibagikan hanya sesuatu yang sangat dasar sekali, karena mimin juga masih pemula.

Baiklah kembali ke pembahasan topik sharing kita kali ini yaitu tentang Batas Wilayah atau Administrasi. Secara umum batas wilayah merupakan garis indikatif (khayalan) yang memisahkan dua atau lebih wilayah politik seperti batas wilayah kecamatan, kabupaten, provinsi, dan negara.

Batas Administrasi/wilayah biasanya ditandai dengan tapal batas yaitu berupa batu atau tugu berukuran besar. Penentuan tentang batas ini sangatlah penting, kenapa...? karena hal itu berkaitan langsung dengan keamanan, pertahanan, ekonomi, serta kelangsungan dan kelestarian kehidupan suatu negara. Bisa bahaya kan kalau batas-batasnya tidak jelas, seperti pencurian pulau, hasil sumber daya alam, dll.

Dalam peta dasar batas wilayah merupakan salah satu fundamental dataset. Maka dari itu mimin kira sangat penting jika SHP ini dibagikan kepada teman-teman dalam rangka membantu dalam penyediaan database peta dasar.

Perlu mimin tekankan disini dan juga untuk diketahui, data Shapefile Batas Wilayah Darat Indonesia ini bersumber dari BIG (Badan Informasi Geospasial) yang tentunya pasti ditemukan batas tidak sesuai dengan daerah teman-teman, apakah itu kelebihan atau kekurangan. Tapi yang pasti SHP ini bisa teman-teman pakai untuk panduan/melengkapi atribute dalam peta yang dibuat.

Secara resmi untuk batas wilayah diatur oleh Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia melalui peraturan menteri untuk masing-masing daerah dengan begitu batas wilayah tersebut sudah kuat/tegas secara hukum dan tidak tumpang tindih dengan wilayah yang berada disekitarnya.

Harap dipahami baik-baik ya uraian diatas supaya tidak timbul pertanyaan. Baik, langsung kita masuk ke deksripsi dari SHP Batas Administrasi ini berupa Polyline buka polygon yang terdiri dari:
  1. Batas Wilayah Administrasi Kecamatan
  2. Batas Wilayah Administrasi Kabupaten
  3. Batas Wilayah Administrasi Provinsi
  4. Batas Darat RI - Papua Nugini
  5. Batas Darat RI - Timor Leste
  6. Batas Darat RI - Malaysia
  7. Pilar Batas Administrasi

PREVIEW DATA

Shapefile Batas Wilayah Darat Indonesia Lengkap


Shapefile Batas Wilayah Administrasi Darat Indonesia
Via Google Drive [125 MB]

NOTE (WAJIB DIBACA):
Free... But Not Free! Bingungkan? Bagi teman-teman yang SUDAH PERNAH melakukan point dibawah ini sebelumnya dan ingin mendapatkan password data shapefile (SHP) ini, silahkan share artikel yang ingin diminta passwordnya (terserah mau dimana, kalau bisa di grup ya...). Mimin perjelas lagi karena masih banyak juga yang gagal paham, jika teman-teman sudah melakukan point 1-3 pada waktu yang lalu (sebelumnya) artinya sudah pernah mendapatkan data SHP di web ini, maka cukup bagikan saja artikel ini.

Namun jika BELUM, artinya ini yang perdana maka untuk mendapatkannya teman-teman cukup dengan memberikan melakukan point di bawah ini.

1. Like Fanspage kami klik disini atau Follow Instagram kami dengan klik disini;
2. Bantu beri ulasan jasa kami di Google Bisnis, klik disini;
3. Bantu dukung channel Youtube kami, klik disini.

Jika point diatas sudah dilakukan, silahkan kirim bukti screenshoot ke kontak kami DISINI. Kami akan berikan passwordnya gratis alias free.

Terlalu ribet ya untuk mendapatkan data shp di Lapak GIS? alasannya supaya semakin banyak orang yang tahu akan keberadaan webiste ini dan bagi admin meluangkan waktu untuk share artikel juga tidak memerlukan waktu yang banyak dibanding harus membuat sebuah artikel, menyiapkan data dan segala macamnya...hehehe. Jadi keep spirit ya, tidak ada yang didapat secara instan.

Baca Juga:
1. Cara Mengetahui Koordinat Zona Lokasi UTM Kita - Indonesia
2. Mengenal Bagian-Bagian ArcMap + Navigasinya

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang SHP Batas Wilayah Darat Indonesia. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774