BLANTERVIO103

Tahun Pembuatan dan Sumber Data pada SHP Rupa Bumi Indonesia (RBI)

Tahun Pembuatan dan Sumber Data pada SHP Rupa Bumi Indonesia (RBI)
9/04/2019


Spesifikasi Tahun Pembuatan dan Sumber Data Shapefile Rupa Bumi Indonesia (RBI) dari BIG

Tahun Pembuatan dan Sumber Data pada SHP Rupa Bumi Indonesia (RBI)
Artikel kali ini Lapak GIS ingin menjelaskan hal yang sangat penting untuk diketahui oleh teman-teman. Kenapa? Di website ini banyak sekali data SHP yang sudah mimin share mulai yang dari versi free sampai yang premium. Lapak gis selalu menekankan dan menjelaskan secara detail sumber data dan tahun pembuatan dari data shapefile yang selalu mimin bagikan.

Namun pada data SHP yang bersumber dari data RBI atau Badan Informasi Geospasial (BIG) yang mimin share beberapa waktu yang lalu seperti Data Shapefile Sungai Seluruh Indonesia Lengkap dan Data Shapefile Jalan Indonesia Terlengkap tidak menyertakan Tahun Pembuatan dan Sumber Datanya karena kita akan bahas itu secara terpisah mengingat jenis dan cakupan luas data yang banyak.

Sedikit mengulas tentang Badan Informasi Geospasial merupakan  lembaga pemerintah nonkementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang informasi geospasial (sumber: wikipedia). Lalu apa bedanya dengan Bakorsutanal, pasti dari teman-teman ada yang dengar dengan namanya kan, lah apa lagi itu...? jangan bingung, mari kita bahas satu persatu.

Bakosurtanal kependekan dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional dan mulai dikenalkan atau didirikan pada tanggal 17 Oktober 1969 dengan alasan kebutuhan data dasar perpetaan makin mendesak dalam rangka menunjang program pembangunan PELITA pada periode pemerintahan Orde Baru. Namun pada tahun 2011 Bakosurtanal diganti namanya menjadi Badan Informasi Geospasial.

Sepertinya cukup untuk penyegaran awalnya, sekarang kembali ke topik utama artikel ini. Sekarang mimin ingin menanyakan, mungkin dari teman-teman pada setiap kali melihat peta pasti menemukan sumber data peta tersebut "Peta dasar dari Rupa Bumi Indonesia", yang jadi pertanyaan mungkin datanya tahun berapa? Sumbernya memang dari BIG namun sumber data pembuatannya dari mana...? iya kan...?

Maka dari itu Lapak GIS akan jawab pertanyaan tersebut secara ter telaaah, supaya mudah dipahami. Peta RBI yang dapat diunduh atau didapatkan melalui portal.ina-sdi.or.id (situs resminya BIG) hanya pada skala 1:25.000, 1:50.000 dan 1:250.000. Jadi jika teman-teman ingin mencari data RBI dengan skala lebih kecil dari 25.000, mimin jamin tidak akan ada, kalau adapun hanya beberapa daerah saja dan itu tidak di bagikan untuk umum.

Skala 1:25.000

  1. Hanya tersedia untuk Pulau Jawa, Bali, NTT, NTB dan Mentawai.
  2. Pada skala ini pembuatan datanya tahun 1996 dan tahun 2000. Tahun seamless 2005 dan 2006. Dibeberapa wilayah data sudah ada yang diupdate sampai tahun 2014.
  3. Sumber datanya sendiri berasal dari Foto Udara skala 1:50000 tahun 1993/1994.

Skala 1:50.000

  1. Tersedia untuk semua wilayah indonesia selain dari skala 1:25.000. Mulai dari pulau sumatera, kalimantan, sulawesi, dan papua
  2. Pembuatan datanya tahun 1993, 1997, 2000 s/d 2012. Tahun seamless 2005 s/d 2012. Dibeberapa wilayah data sudah ada juga yang diupdate sampai tahun 2014.
  3. Untuk sumber data berasal dari berbagai macam seperti foto udara, citra landsat, IFSAR, Radarsat, TERRASAR dan banyak lagi. Lebih lengkapnya nanti Lapak GIS akan sertakan data shapefilenya.

Skala 1:250.000

  1. Cakupan wilayah untuk skala ini adalah seluruh indonesia
  2. Pembuatan datanya tahun 2011 dan 2012. Tahun seamless adalah 2006 dan 2010.
  3. Sumber data dari Unsur Planimetris dari citra ALOS-AVNIR dan Landsat TM5 tahun 2008-2011 dan garis kontur dari data SRTM 30m dan ASTER DEM dan Unsur Planimetris dari citra ALOS-AVNIR dan Landsat TM5 tahun 2009-2011 dan garis kontur dari data SRTM 30m dan ASTER DEM.
Perhatikan kembali pada skala 1:50.000 untuk point nomor 3 yaitu sumber data, mimin akan bagikan data shp untuk memudahkan teman-teman mengetahun Tahun Pembuatan dan Sumber Data shapefile RBI untuk wilayah yang ingin teman-teman cari, karena poitn-point diatas adalah rangkuman dari seluruh wilayah indonesia.

Lapak GIS juga akan memberikan sedikit preview dari data Shapefile Spesifikasi data RBI berupa gambar dan video di channel youtube. Berikut gambarannya.

PREVIEW DATA

Tahun Pembuatan dan Sumber Data pada SHP Rupa Bumi Indonesia (RBI)

Tahun Pembuatan dan Sumber Data pada SHP Rupa Bumi Indonesia (RBI)


Shapefile Tahun Pembuatan dan Sumber Data Peta RBI
Via Google Drive [15 MB]

NOTE (WAJIB DIBACA):
Free... But Not Free! Bingungkan? Bagi teman-teman yang SUDAH PERNAH melakukan point dibawah ini sebelumnya dan ingin mendapatkan password data shapefile (SHP) di website ini, silahkan share artikel yang ingin diminta passwordnya (terserah mau dimana, kalau bisa di grup ya...). Namun jika BELUM, untuk mendapatkannya teman-teman cukup dengan memberikan melakukan point di bawah ini.

1. Like Fanspage kami klik disini atau Follow Instagram kami dengan klik disini;
2. Bantu beri ulasan jasa kami di Google Bisnis, klik disini;
3. Bantu dukung channel Youtube kami, klik disini.

Jika point diatas sudah dilakukan, silahkan kirim bukti screenshoot ke kontak kami DISINI. Kami akan berikan passwordnya gratis alias free.

Terlalu ribet ya untuk mendapatkan data shp di Lapak GIS? alasannya supaya semakin banyak orang yang tahu akan keberadaan webiste ini dan bagi admin meluangkan waktu untuk share artikel juga tidak memerlukan waktu yang banyak dibanding harus membuat sebuah artikel, menyiapkan data dan segala macamnya...hehehe. Jadi keep spirit ya, tidak ada yang didapat secara instan.

Baca Juga:
1. Cara Membuat Peta Rencana Tata Ruang + File Tutorial
2. Data SHP (Shapefile) Peta DAS Indonesia Terbaru

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Tahun Pembuatan dan Sumber Data pada SHP Rupa Bumi Indonesia (RBI). Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774