BLANTERVIO103

Shapefile Peta Kesesuaian Lahan untuk Pertanian Indonesia

Shapefile Peta Kesesuaian Lahan untuk Pertanian Indonesia
9/20/2019


Data SHP Kesesuaian Lahan untuk Komoditas Pertanian Berbasis Wilayah Kabupaten Skala 1:50.000

Shapefile Peta Kesesuaian Lahan untuk Pertanian Indonesia
Seperti biasa pada akhir pekan Lapak GIS melakukan update database artikel setelah pada kesempatan sebelumnya kita sudah membahas tentang Shapefile Batas Wilayah Darat Indonesia. Untuk minggu ini Lapak GIS ingin share sebuah data SHP kategori Premium karena selama hampir 3 minggu hanya share yang free nya saja.

Data Shapefile yang akan kita sharing adalah Data SHP Kesesuaian Lahan. Data apa itu? fungsi dan manfaatnya? itu akan kita bahas dalam artikel ini. Kesesuaian lahan secara umum merupakan taraf keserasian atau kecocokan suatu bidang lahan yang digunakan untuk tujuan tertentu dalam hal ini lebih kepada komoditas Pertanian.

Lalu fungsi lebih mendalamnya seperti apa? kita tahu bahwa lahan/tanah itu mempunyai keragaman sifat-sifat sumberdaya didalamnya sehingga potensi dan kecocokan lahan (untuk pertanian) berbeda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya. Artinya jangan sampai yang harusnya wilayah A sangat cocok untuk ditamani kakao misalnya malah ditanami komoditas lain.

Dengan adanya penilaian terhadap kesesuaian lahan maka akan memunculkan komoditas pertanian unggulan masing-masing daerah. Pernah tidak teman-teman mendengar suatu wilayah sangat prokduktif untuk mengahasilan cabai saja, nah dari situ kita bisa tahu bahwa daerah tersebut hanya cocok untuk ditanami cabai tentunya setelah dilakukan analisa dan sebagai terlebih dahulu. Maka langkah awalnya adalah diperlukanlah ketersediaan peta kesesuaian lahan khusus komoditas pertanian. Mimin rasa cukup untuk uraian singkatnya sehingga data ini layak untuk teman-teman dapatkan bagi yang membutuhkan.

Sekarang kita akan membahas terkait sengan Spesifikasi SHP dimana  data ini bersumber dari Kementrian Pertanian dengan Skala 1:50.000. Data SHP ini nanti akan memperlihatkan Kelas kesesuaian lahan yang disimbolkan dengan S1, S2, S3 (S=suitable/sesuai) dan N (not sutable/tidak sesuai) untuk masing-masing komoditas nantinya. Terus bedanya ketiga S itu apa? bedanya yaitu S1=sangat sesuai, S2= cukup sesuai dan S3=sesuai marginal artinya lahan tipe ini mempunyai banyak faktor penghambat untuk produktivitas pertanian sehingga perlu modal tinggi dan bantuan dari pihak luar dalam mengelolanya (tidak cukup hanya petani saja, kalau S1 dan S2 okelah...).

Pada Lapak GIS, data Shapefile Kesesuaian Lahan pada beberapa wilayah kabupaten di indonesia terdiri dari komoditas:
  1. Padi (padi sawah irigasi, padi sawah tadah hujan, padi gogo, padi sawah rawa, padi sawah pasang surut dan padi sawah lebak)
  2. Jagung
  3. Kedelai
  4. Bawang merah
  5. Tebu
  6. Kakao
  7. Kelapa sawit
  8. Cabai merah
  9. Tanaman hijau pakan ternak.
Nantinya ke-9 komoditas pertanian strategis tersebut akan memiliki Kriteria kesesuaian lahannya masing-masing sepertinya yang sudah mimin jelaskan diatas dengan parameter karakteristiknya dilihat berdasarkan:
  1. Temperatur
  2. Ketersediaan air
  3. Retensi hara
  4. Hara tersedia
  5. Media perakaran
  6. Gambut
  7. Sodisitas
  8. Toksisitas
  9. Bahaya erosi
  10. Bahaya sulfidik
  11. Bahaya banjir/genangan pada masa tanam
  12. Penyiapan lahan

Preview data SHP

Shapefile Peta Kesesuaian Lahan untuk Pertanian Indonesia

Shapefile Peta Kesesuaian Lahan untuk Pertanian Indonesia

Shapefile Peta Kesesuaian Lahan untuk Pertanian Indonesia

Perlu untuk diketahui Lapak GIS hanya akan mengkategorikan data itu berbayar berdasarkan lisensinya. Jika data itu dipublish untuk umum maka dikategorikan gratis/free, tapi jika hanya sebatas ditampilkan berupa webgis atau bukan dalam bentuk spasial/format shapefile maka kita akan kategorikan Premium/berbayar. Sehingga data ini kita kategorikan premium.

Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp dengan KLIK DISINI. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Kumpulan SHP terlengkap gratis dan premium
2. Data SHP Shapefile RTRW Provinsi Seluruh Indonesia

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Shapefile Peta Kesesuaian Lahan untuk Pertanian Indonesia. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774