BLANTERVIO103

Review Link Table Hasil Georeferensi pada Arcgis

Review Link Table Hasil Georeferensi pada Arcgis
10/25/2019


Ulasan atau Review Link Table Hasil dari Georeferensi Peta

Review Link Table Hasil Georeferensi pada Arcgis
Sudah mulai bisa update artikel setiap hari mimin, mudah-mudahan ini terus berlanjut. Mohon doanya ya teman-teman supaya website ini terus berkembang dan diketahui banyak orang. Baiklah dipembahasan kita terakhir terkait dengan topik Georeferensi sudah sampai pada 2 cara berarti sisa 1 cara lagi yang belum mimin jelaskan.

Mimin skip dulu sebelum masuk cara yang ke-3,  karena ada konsep penting yang harus teman-teman ketahui yaitu apakah hasil dari georeferensi yang kita buat sudah tepat atau belum? itu merupakan pertanyaan krusial yang mesti kita jawab bersama-sama. Oleh karena itu mimin akan jelaskan pada artikel ini secara singkat padat tepat.

Supaya mudah untuk memahami konsep artikel ini maka mungkin kita sebut saja "Review Link Table". suatu praktik yang baik jika teman-teman Lapak GIS tidak begitu saja menerima semua titik kontrol atau ground control points (GCP) yang telah dibuat. Meskipun yakin bahwa semua GCP valid dan konsisten dengan gambar peta, tetapi melakukan review sebelum menjalankan georeferensi adalah suatu tindakan yang bijak.

Review pembuatan titik kontrol dilakukan dengan melakukan review terhadap link table untuk melihat titik mana saja yang memiliki error jauh melebihi titik kontrol yang lain dan dapat menjadi tersangka sebagai titik kontrol yang keliru. Selanjutnya terhadap titik kontrol tersebut dapat dilakukan tindakan penyesuaian atau bahkan penghapusan.

Review link table dapat teman-teman lakukan seperti pada langkah-langkah berikut.
  1. Klik pada View Link Table (icon kotak dengan isi seperti tanda plus warna hijau merah 2 baris) yang terdapat pada toolbar Georeferencing
  2. Cek pada kolom residual (error). Pertama, apakah residual pada setiap titik berada di bawah nilai yang diperkenankan? Jika ukuran sel data raster adalah 30 m, dan residual yang dianggap layak adalah separuh piksel, maka nilai residual di bawah 15 m dapat dianggap layak untuk digunakan. Jika terdapat nilai residual lebih besar dari 15 m, maka titik tersebut dapat dihapus atau diatur ulang. Pengaturan ulang nilai transformasi dapat langsung diisikan pada Link Table.
  3. Pilih tipe transformasi yang diinginkan. Transformasi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk peta scan pada bagian ini, cukup dipilih 1st Order Polynomial (Affine)
Review Link Table Hasil Georeferensi pada Arcgis
Review pada Link Table

Jika link table sudah OK sesuai dengan kaidah-kaidah diatas, maka georeferensi bisa teman-teman jalankan. Untuk tipe transformasi sederhana, cukup Klik pada menu Georeferencing → Update Georeferencing. Sebaliknya jika teman-teman melakukan georeferensi peta ortho dengan memperhatikan lengkungan topography (artinya menganggap pada jarak tertentu ada perubahan), maka sebaiknya jalankan perintah Klik pada menu Georeferencing → Rectify.

Baca Juga:
1. Georeferensi Peta Digital dengan Sistem Grid pada Arcgis
2. Tutorial Georeferensi Citra Satelit ke Titik GPS

Sekian artikel singkat Lapak GIS tentang Konsep Geospasial dengan topik Ulasan Link Table Hasil dari Georeferensi Peta. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh). Khususnya membahas seputar tutorial, tips bermanfaat, download data spasial (Shapefile/Raster).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774