BLANTERVIO103

Menggunakan Template Layout versi ESRI

Menggunakan Template Layout versi ESRI
1/12/2020


Jadi lebih cepat menggunakan Template Layout Peta versi ESRI

Menggunakan Template Layout versi ESRI
Template adalah salah satu kelengkapan ArcMap yang sangat penting untuk map publishing. Dengan menggunakan template, teman-teman dapat menghemat waktu dan tenaga dari melakukan langkah-langkah yang berulang. Secara default ArcMap sudah menyediakan template versi ESRI (bawaan).

Pada bahasan kali ini adalah menggunakan template yang disediakan oleh ESRI secara default. Perlu diperhatikan bahwa template default mungkin tidak sesuai dengan kelumrahan yang berlaku pada bidang tertentu. Meskipun demikian, template dari ESRI sangat bermanfaat untuk membuat peta selayang pandang dengan cepat. Bagi project yang sudah dibuat, dapat menggunakan template dengan langkah berikut.

1. Buka project dalam mode Layout View.
2. Pada toolbar Layout, Klik pada Change layout (icon kotak dengan panah diatas)

Menggunakan Template Layout versi ESRI
Menggunakan template layout pada project yang sudah dibuat

3. Pilih tab, misalnya, Traditional layouts
4. Pilih salah satu template, misalnya PortraitModernInset.mxd
5. Klik Next 

Menggunakan Template Layout versi ESRI
Memilih template layout yang tersedia

6. Tentukan Data frame yang bersesuaian, dalam hal ini Data frame Kota Bogor ditempatkan di No. 1, sedangkan Data frame Jabar ditempatkan di No. 2
7. Klik Finish

Menggunakan Template Layout versi ESRI
Memilih data frame yang bersesuaian

8. Layout akan berubah mengikuti format dari template yang dipilih. Beberapa elemen peta ditambahkan seperti legenda (keterangan peta), judul dan sebagainya. Teman-teman hanya perlu melakukan modifikasi terhadap elemen yang diberikan secara otomatis tersebut.

Template yang disediakan oleh ESRI hanya cocok digunakan untuk pembuatan (layout) peta non-formal yang tidak terikat pada aturan baku untuk penggambaran dan penyajian peta, seperti peta praktik, layout untuk web, dan sebagainya. Untuk penggunaan yang lebih spesifik, teman-teman harus memperhatikan aturan dalam penggambaran dan penyajian peta yang ada pada sektor terkait. 

Teman-teman dapat membuat template sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Membuat template tidak berbeda dengan membuat project biasa dengan beberapa contoh skema yang akan mimin bahan pada artikel selanjutnya.
File Latihan Menggunakan Template Layout versi ESRI

Baca Juga:
1. Variasi Pelabelan Shapefile di ArcGis
2. Daftar semua tutorial Arcgis bahasa indonesia

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Menggunakan Template Layout versi ESRI (Default). Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774