BLANTERVIO103

Peta TORA Terbaru Lengkap Se-Indonesia

Peta TORA Terbaru Lengkap Se-Indonesia
6/24/2020


Peta Cetak Digital Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) Terbaru - Single Link

Peta TORA Terbaru Lengkap Se-Indonesia
Peta TORA atau Peta Indikatif Alokasi Kawasan Hutan untuk Penyediaan Sumber Tanah Obyek Reforma Agraria (Revisi 4) secara garis besar diperuntukan untuk mengatasi ketimpangan ekonomi yang terjadi di Indonesia salah satunya diakibatkan penguasaan lahan yang tidak merata diberbagai daerah. Selain itu tidak meratanya pembangunan karena tumpang tindihnya penguasaan dan pemanfaatan lahan.

Menentukan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) maupun lahan untuk Perhutanan Sosial ini sangat penting karena saat ini belum ada satu peta yang digunakan sebagai dasar perencanaan sehingga ditakutkan nanti dimasa depan akan menimbulkan konflik akibat tumpang tindih penguasaan dan pemanfaatan lahan.

Baiklah, mungkin sekilas itu penjelasan singkat tengtang Peta Tanah Obyek Reforma Agraria yang akan mimin share pada kesempatan ini. 

Peta TORA seluruh Indonesia

Sampai pada postingan ini dibuat Peta TORA sudah mencapai revisi 4 dan akan terus direvisi setiap 6 bulan berdasarkan SK.7434/MENLHK-PKTL/KUH/PLA.2/9/2019

Peta lndikatif Alokasi Kawasan Hutan untuk penyediaan sumber TORA berasal dari:
  1. Alokasi 20% untuk kebun masyarakat dari Pelepasan Kawasan Hutan untuk Perkebunan;
  2. Hutan Produksi yang dapat Dikonversi (HPK) tidak produktif;
  3. Program pemerintah untuk pencadangan pencetakan sawah baru;
  4. Permukiman transmigrasi beserta fasilitas sosial dan fasilitas umum yang sudah memperoleh persetujuan prinsip;
  5. Permukiman, fasilitas sosial dan fasilitas umum;
  6. Lahan garapan berupa sawah dan tambak rakyat; dan
  7. Pertanian lahan kering yang menjadi sumber mata pencaharian utama masyarakat setempat.
Peta TORA ini dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menjadi rujukan sekaligus bahan evaluasi dalam menjalankan reforma agraria dengan skala peta 1:250.000.

Peta TORA Terbaru Lengkap Se-Indonesia

Menurut mimin dengan ada petanya pasti timbul polemik antara menjaga hutan untuk konservasi yang artinya menjaga lingkungan atau menetapkan suatu kawasan (kawasan hutan) dengan reforma agraria untuk mendukung mayoritas penduduk yang bergantung hidup pada hutan. Masalah ini dari dulu memang tidak pernah kita seimbangkan antara menjaga lingkungan dan ekonomi. Tapi setidaknya dengan adanya perencanaan ini kita bisa meminimalisis dampak yang ditimbulkan karena sangat mustahil dampak dari suatu kegiatan itu zero / nol.

Bagi teman-teman yang ingin mendapatkan peta cetak digital Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dalam satu folder tanpa harus repot unduh satu persatu bisa menuju tautan dibawah ini.

Update:
Untuk Peta TORA Revisi 3 & 4 dalam format Shapefile (SHP) sudah tersedia di Lapak GIS. Jika berminat untuk keperluan pekerjaan project atau perorangan, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

Baca Juga:
1. Peta cetak Zona Kerentanan Gerakan Tanah Indonesia
2. Peta cetak Geologi Indonesia

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Peta TORA Terbaru Seluruh Indonesia. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774