BLANTERVIO103

Resample dan Rescale data Raster pada ArcGIS

Resample dan Rescale data Raster pada ArcGIS
10/25/2020


Resample data Raster dengan ArcGIS

Resample dan Rescale data Raster pada ArcGIS
Resample dan Rescale data Raster merupakan salah satu teknik analisis untuk memudahkan kita melakukan pengambilan keputusan. Resample adalah proses mengubah resolusi spasial data raster yang digunakan untuk meningkatkan ataupun menurunkan resolusi. Sebagai contoh data DEM SRTM memiliki resolusi 90m. Pada beberapa analisis yang memerlukan resolusi DEM 30 m, maka data tersebut dapat di-resample ke resolusi 30 m.

Tahapan resample dapat dilakukan dengan langkah berikut.
  1. Buka ArcMap, set data frame ke UTM dan tambahkan data dem yang akan di resample
  2. Jalankan Arctoolbox\Data Management Tools.tbx\Raster\Raster Processing\Resample
  3. Tentukan data dem sebagai input
  4. Isikan folder dan file output
  5. Tentukan resolusi file output, sebagai contoh 30 x 30m
  6. Terdapat pilihan NEAREST, BILINEAR, CUBIC.dan MAJORITY. Pilih metode CUBIC
  7. Klik OK untuk menjalankan tool

Rescale data Raster dengan ArcGIS

Terdapat sedikit perbedaan terminologi rescale di dalam ArcGIS dan perangkat-lunak lain seperti GRASS GIS. Rescale yang dimaksud pada bagian ini adalah mengubah rentang nilai raster. Sebagai contoh, data raster elevasi yang memiliki rentang nilai 0 - 215 mdpl di-rescale ke dalam rentang 0 - 1. Teknik ini biasa digunakan dalam menggabungkan data biofisik dengan pengambilan keputusan, seperti analisis risiko banjir dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan teknik rescale ini maka nilai minimal data awak akan menjadi nilai minimal datan baru, nialai maksimal data awal akan menjadi nilai maksimal data baru. Seperti ilustrasi berikut

Resample dan Rescale data Raster pada ArcGIS
Resample dan Rescale data Raster pada ArcGIS
Gambar Ilustrasi rescale untuk mengubah rentang data raster

Untuk melakukan rescale yang dimaksud seperti gambar di atas, teman-teman dapat melakukannya menggunakan Raster Calculator dengan menggunakan formula baku berikut ini.

Resample dan Rescale data Raster pada ArcGIS

dengan menggunakan formula diatas, pada contoh tutorial ini maka untuk mengubah nilai 0-215 menjadi nilai 0-1 maka akan menjadi:

("raster" - 0)*((1 - 0) / (215 - 0)) + 0

dikarenakan didalam sintak tersebut terdapat angka nol (0) dan satu (1), maka sintak tersebut dapat disederhanakan menjadi "raster" / 215 saja. Namun tentu untuk membuat sintak rescale pada kasus yang lain harus berbedoman kepada persamaan (formula) bakunya.

VIDEO TUTORIAL

Baca Juga:
1. Mengekstrak nilai raster menggunakan data point pada ArcGIS
2. Tutorial Membuat Batas DAS dan Daerah Tangkapan

Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Resample dan Rescale data Raster pada ArcGIS. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

TAMBAHKAN KOMENTAR

6210244686568305774