BLANTERVIO103

Shapefile (SHP) Peta Tapak Proyek Amdalnet

Shapefile (SHP) Peta Tapak Proyek Amdalnet
11/21/2022

Pembuatan SHP (Shapefile) Peta Tapak Proyek Amdalnet

Shapefile (SHP) Peta Tapak Proyek Amdalnet

Upload SHP Amdalnet - Dalam rangka percepatan pelayanan proses persetujuan lingkungan, saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah menerapkan Penapisan Otomatis di dalam Sistem Informasi Dokumen Lingkungan Hidup Amdalnet untuk rencana kegiatan usaha dan/atau kegiatan baru (Amdal/UKL-UPL baru). 

Berdasarkan Surat Dirjen PKTL No. S.1365/PKTL/PDLUK/PLA.4/10/2022, penapisan otomatis ini berlaku terhadap usaha dan/atau kegiatan baru baik itu untuk Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) atau Upaya Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL) atau Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL).

Penapisan otomatis melalui Amdalnet, merupakan Penapisan Mandiri yang dilakukan oleh Pemrakarsa berdasarkan isian data-data dari Pemrakarsa dengan hasil penapisan berupa jenis dokumen lingkungan dan kewenangan penilaian/pemeriksaan dokumen lingkungan yang dikeluarkan secara otomatis oleh Sistem Informasi Dokumen Lingkungan Hidup Amdalnet.

Wacana diatas merupakan implementasi dari undang-undang ciptakerja yang disahkan pada tahun 2021, yang salah satu tujuannya adalah untuk mempermudah dan memangkas proses perizinan, dari yang sebelumnya berbelit dan tumpang tindih kini terintegrasi secara elektronik kedalam satu sistem.


SHP Peta Tapak Proyek

Tahap Penapisan Otomatis melalui Amdalnet dimulai dengan melengkapi isian data Tapak Proyek:

  1. Nama Rencana Usaha/Kegiatan
  2. Deskripsi Kegiatan
  3. Deskripsi Lokasi
  4. Apakah Lokasi Rencana Usaha dan/atau Kegiatan Anda Masuk dalam Kawasan Peta Indikatif Penghentian Pemberian Izin Baru(PIPPIB)?
  5. Apakah Lokasi Rencana Usaha dan/atau Kegiatan Anda Masuk dalam Kawasan Lindung?
  6. Upload dokumen kesesuaian tata ruang
  7. Upload peta pdf
  8. Upload SHP Peta Tapak Proyek

Dalam menjalankan sistem Amdalnet, ada beberapa tahap yang kadang menjadi kendala bagi masyarakat dalam pengajuan izin. Salah satunya adalah Peta Shp (shapefile) Polygon yang harus disubmit, dimana data shp saat ini masih kurang familiar bagi masyarakat umum sehingga banyak yang terkendala pada bagian ini.

Shapefile (SHP) Peta Tapak Proyek merupakan data vektor yang berekstensi (.shp). Data ini mempunyai koordinat informasi goegrafis yang dibutukan oleh sistem Amdalnet untuk mengetahui dimana lokasi izin usaha yang akan diajukan. Selain untuk kebutuhan Penapisan Otomatis melalui Amdalnet pada tahap penambahan Rencana Usaha Kegiatan, data shp ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan pekerjaan lain seperti OSS RBA atau lebih dikenal dengan OSS berbasis Resiko, Lokasi Kegiatan/ Wilayah Studi, Tata Ruang, dll.

Penyiapan peta digital berupa SHP untuk kebutuhan Persetujuan lingkungan yang akan diunggah melalui Sistem Informasi Dokumen Lingkungan Hidup Amdalnet, harus memenuhi kriteria teknis yang sudah di tetapkan oleh KLHK. Untuk melakukan upload Shapefile (SHP) Peta Tapak Proyek, perlu dilakukan penyesuaian format atribut data yang dapat diterima Amdalnet.

Preview SHP Peta Tapak Proyek

Shapefile (SHP) Peta Tapak Proyek Amdalnet

Shapefile (SHP) Peta Tapak Proyek Amdalnet

Shapefile (SHP) Peta Tapak Proyek Amdalnet

Shapefile (SHP) Peta Tapak Proyek Amdalnet


Jika berminat untuk mendapatkan data format SHP Shapefile diatas, silahkan hubungi admin melalui Contact Form/Whatsapp. Jika tidak ada halangan dan kesibukan lainnya, admin akan langsung merespon pesan yang teman-teman kirimkan.

 
Baiklah sekian dulu untuk sharing kali ini tentang Shapefile (SHP) Peta Tapak Proyek Amdalnet. Jika ada saran, tanggapan, pertanyaan, link mati serta request silakan gunakan kotak komentar, halaman kontak atau sosial media yang ada di website Lapak GIS. Terima Kasih.

Share This Article :
Lapak GIS

Lapak GIS adalah Tempat Berbagi Pengetahuan tentang Geographic Information System (GIS) dan Remote Sensing (Pengindraan Jauh).

6210244686568305774